Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Bisnis Afiliasi, Cara Kerja dan Keuntungannya

Pengertian Bisnis Afiliasi Cara Kerja dan Keuntungannya


omiska.com - Tak terasa teknologi semakin maju dan berkembang sudah sejauh ini. Hal ini juga merambat ke sektor bisnis, yang dapat dilakukan semakin mudah secara online. Banyak orang mulai menyadari hal ini, maka tak heran masyarakat yang "melek" berlomba-lomba untuk berbisnis secara online dari berbagai latar belakang yang berbeda dan dari semua kalangan. 

Selain berjualan online, salah satu bisnis yang cukup diminati oleh masyarakat adalahj bisnis Afiliasi. Sekarang telah banyak situs afiliasi yang memberikan kesempatan dan peluang untuk masyarakat yang ingin melakukan peruntungan melalui bisnis Afiliasi online. 


Pengertian Bisnis Afiliasi

Afiliasi adlaah sebuah sistem bisnis yang melibatkan pihak ketiga untuk promosi menggunakan internet. Pihak ketiga bertugas untuk melakukan promosi di internet melalui website ataupun platform media sosial. 

Jadi sederhananya pelaku bisnis Afiliasi adalah pihak ketiga yang memperomosikan produk yang disediakan oleh website Afiliasi tersebut. 


Cara Kerja Bisnis Afiliasi

Pelaku bisnis Afiliasi tidak perlu menyiapkan sebuah produk nyata maupun digital, karena tugasnya adalah mempromosikan atau mengiklankan produk dari website. Hal yang perlu dibagikan ke publik dapat berupa iklan yang diperuntukan untuk blog/website, atau link yang dapat disebar di berbagai platform media sosial maupun forum online. 

Ketika ada pengguna yang klik iklan atau link, kemudian melakukan kegiatan seperti mendaftar, pembelian / transaksi maka kamu akan mendapatikan komisi yang sesuai dengan ketentuan website Afiliasi tersebut. 


Keuntungan Bisnis Afiliasi

Bisnis ini sangat cocok untuk dilakukan oleh pemula, berikut adalah keuntungan bisnis Afiliasi yang harus kamu ketahui. 


1. Tidak Memerlukan Modal Yang Besar

Ketika berbicara soal bisnis, pasti sering ada didalam benak banyak orang adalah modal yang besar untuk memulainya. Bisnis Afiliasi tidak membutuhkan modal yang banyak, untuk menjalankan bisnis ini kamu cukup mengandalkan smartphone, laptop / PC yang terhubung ke jaringan internet. Bahkan biasanya untuk mendaftar di program bisnis afiliasi ini gratis. 


2. Komisi Yang Besar

Banyak orang yang tergiur dengan bisnis Afiliasi karena akan mendapakan komisi yang besar. Bisanya ketika kamu berhasil menarik satu orang untuk melakukan transaksi, kamu akan diberikan komisi sebesar 30% hingga 50%. Setiap website Afiliasi memiliki ketentuan sendiri mengenai jumlah komisi yang akan diberikan untuk pebisnis afiliasi.


3. Waktu Fleksibel

Bisnis Afiliasi tidak mengekang waktu dan sangat fleksibel dlaam menjalankannya. Bahkan setiap situs Afiliasi memberikan fitur bahkan tutorial singkat yang mudah dipahami oleh siapapun. Bahkan bisnis ini dapat dijadikan sebagai bisnis sampingan yang dapat kamu lakukan kapan saja dimana saja saat waktu senggang. Menarik bukan? 


4. Dapat Dilakukan Sendiri

Binsis Afiliasi tidak menuntut kamu untuk mencarik karyawan, karena bisnis ini dapat kamu lakukan sendirian sepenuhnya. Jadi, kamu tak diberatkan untuk menggaji karyawan, karena kamu akna mendapatkan keuntungan secara keseluruhan. 


5. Dapat Menjangkau Pasar Lebih Luas

Karena melakukan promosi lewat internet, maka kamu dapat menjangkau pasar lebih luas keseluruh dunia. Jadi tak hanya menargetkan dalam negeri, bahkan kamu juga dapat menjaring pengguna inetrnet dari seluruh negara. 


6. Keutungan Dapat Berjangka Panjang

Dikatakan keuntungan dapat berjangka panjang karena  iklan yang kamu pasang pada blog/website, atau menyebar link di media sosial akan mendapat klik secara berulang dari pengguna internet kapan saja. Jadi siapapun yang mengklik iklan atau link kemudian melakukan mpendaftaran atua transaksi maka kamu akan terus medapatkan komisi. 


Akhir kata, itulah pengertian bisnis Afiliasi, cara kerja dan keuntungannya yang harus kamu ketahui. Semoga artikel mengenai bisnis Afiliasi ini mudah dipahami, dan bermanfaat khususnya bagi para pemula yang ingin memulai bisnis dengan sistem afiliasi.