Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Keahlian Yang Harus Dimiliki Oleh Akuntan Profesional

Keahlian Yang Harus Dimiliki Oleh Akuntan Profesional


omiska.com - Akuntan merupakan jabatan atau profesi dimana seseorang akan ditugaskan untuk berurusan dengan urusan keuangan. Seorang akuntan akan memiliki tugas dalam mengelola masuk maupun keluarnya uang dalam sebuah perusahaan. 

Untuk menjadi seorang akuntan tidaklah semudah apa yang dibayangkan oleh kebanyakan orang, karena seorang akuntan harus memiliki beberapa keahlian atau skill sebagai berikut ini : 


1. Dapat Fokus

Setiap pekerjaan memang mengahruskan pekerja dapat konsentrasi dan fokus dalam menjalankan tugasnya. Namun, seorang akuntan dituntut harus dapat fokus dan memiliki konsentrasi yang tinggi apalagi akuntan selalu berurusan dengan masalah keuangan. Jika tidak dapat berkonsentrasi dan fokus maka akan menyebabkan kekeliruan pada data yang berakibat fatal karena meresiko merugikan perusahaan. 


2. Keahlian Berhitung

Keahlian berikutnya yang harus dimiliki oleh seorang akuntan adalah keahlian dalam berhitung. Berhitung susah menjadi makanan sehari-hari bagi seorang akuntan, maka akuntan dituntut harus memiliki keahlian berhitung denagan segala metode untuk dapat memudahkan menyelesaikan pekerjaan atau tugasnya. 


3. Analisis

Keahlian berikutnya yang harus dimiliki oleh seorang akuntan adalah memiliki keahlian dalam mengalalisis data. Akuntan juga bertugas untuk menyiapkan laporan keuangan perusahaan dalam bentuk data. Atas dasar itulah mengapa seorang akuntan harus memiliki kemampuan analisis yang tinggi agar data yang disajikan tidak ada kekeliruan. 


4. Kemampuan Komunikasi

Karena sering menyampaikan data dan akan berurusan dengan banyak orang, baik itu atasan maupun karyawan kerja lainnya. Karyawan seharusnya memiliki kemampuan komunikasi dengan baik agar dapat mengutarakan apa yang harus disampaikan kepada karyawan maupun petinggi perusahaan. 

Apalagi akuntan selalu dimintai hadir untuk kegiatan meeting, baik itu dengan karyawan maupun klien. Saat sedang meeting seorang akuntan dimintai untuk menjelaskan sejelas mungkin kepada para hadirin. Selain itu, akuntan juga dimintai untuk memperesentasikan mengenai data apa yang telah dikerjakan.

Mengingat segala kegiatan-kegiatan tersebut maka akuntan harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk mempermudahkan menyampaikan laporan. 


5. Ilmu Komputer

Komputer merupakan alat kerja yang akan digunakan oleh akuntan setiap harinya, bahkan tak hanya akuntan saja hampir semua pekerjaan melibatkan komputer. Untuk itu, seorang akuntan dituntun untuk dapat memahami dan dapat mengoperasikan komputer dengan benar dan dapat menggunakan program-program atau software untuk mengolah data keuangan. 


6. Teliti

Selain fokus dan kemampuan analisis, seorang akuntan juga dituntut untuk dapat teliti dan dalam melakukan pekerjaannya. Dengan ketelitian seorang akuntan dapat menyajikan data dengan dengan detail dan akurat. 


7. Sikap Keterbukaan

Seorang akuntan harus dapat mengelola keuangan perusahaan dengan transparan, artinya jujur dan terbuka dengan segala pekerjaan yang sedang dikerjakan. Setiap laporan yang telah dibuat dituntut untuk transparan kepada perusahaan tanpa adanya kegiatan manipulasi yang merupakan tindakan kejahatan. 

Banyak akuntan yang bekerja dalam tim, maka dari itu kepercayaan adalah menjadi sesuatu yang diutamakan. Kepercayaan dapat diraih jika adanya transparansi atau keterbukaan diantara hubungan akuntan dan karyawan. 


Akhir kata, itulah beberapa keahlian yang harus dimiliki oleh seorang akuntan profesional. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan anda bayangan bagaimana pekerjaan seorang akuntan dalam perusahaan, dan dapat mengetahui keahlian apa saja yang harus dimiliki dan didalami. 

close