Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Etika Dalam Bisnis Yang Harus Dipahami Oleh Pengusaha

 

Etika Dalam Bisnis Yang Harus Dipahami Oleh Pengusaha


omiska.com - Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak akan lepas dengan namanya aturan yang diuwajibkan untuk dipatuhi. Aturan yang dimaksud baik itu secara tertulis maupun tidak tertulis, dan jika seseorang melanggarnya pasti akan mendapatkan sanksi yang berlaku. 

Ini sama hal nya dengan etika bisnis, etika bisnis meupakan aturan yang tidak tertulis. Dalam dunia bisnis, etika bisnis adalah hal yang penting dan krusial yang harus diterapkan. Mengingat manusia adalah makhluk sosial, tentunya kita tidak dapat hidup sendiri yang artinya kita masih membutuhkan satu sama lain. 

Untuk itu, etika dalam bisnis sangat diperlukan untuk menjalin hubungan dengan masyarakat lebih baik lagi. Etika yang baik akan membantu pengusaha dalam mengembangkan bisnisnya lebih mudah. 


Berikut adalah beberapa etika bisnis yang  harus diterapkan oleh para pengusaha : 


1. Memiliki Sikap Dewasa

Dalam menjalankan bisnis, seseorang harus bersikap dewasa dan menjauhkan sikap kekanak-kanakan yang selalu mengikuti ego sendiri tanpa harus memikirkan bagaimana lingkungan sekitar. Pengusaha harus dapat berfikir dengan matang atas segala keputusan supaya bisnis dapat berjalan jangka panjang. 


2. Sikap Jujur

Jujur merupakan salah satu sikap fundamental yang harus dimiliki oleh pengusaha dalam menjalankan bisnisnya. Jangan sesekali bermain curang atau melakukan sesuatu yang melanggar yang merugikan lingkungan atau konsumen secara tertutup, karena jika ketahuan maka pengusaha akan kehilangan bisnisnya dengan spontan dalam waktu yang sebentar. Apalagi untuk membangun kepercayaan kembali itu sangat sulit terlebih lagi jika ingin terus mengembangkan bisnis dilingkungan yang sama dengan brand yang sama. 


3. Memiliki Sikap Sopan

Kesopanan adalah salah satu sikap yang harus dimiliki, karena sikap sopan akan meberikan kesan yang baik untuk rekan bisnis atau klien. Jika anda memiliki sikap yang kurang baik dan tidak sopan, maka ini akan membuat siapapun tidak respek kepada anda dan ini juga akan berdampak pada bisnis yang anda jalankan sekarang. 


4. Menyebut Nama

Pengusaha seharusnya menyebutkan nama lengkapnya saat bertemu atau berkenalan dengan orang baru. Walaupun sederhana, hal ini sangat penting dilakukan agar anda dinilai memiliki etika. Namun jika anda memiliki nama yang cukup panjang, anda dapat menyingkat nama atau memberikan nama panggilan anda untuk memberikan kesan lebih akrab. 


5. Berkenalan Dalam Posisi Berdiri

Saat memperkenalkan diri juga punya etikanya, anda seharusnya memperkenalkan diri dalam posisi berdiri yang akan mempertegas kehadiran anda. 


6. Mengucapkan Terima kasih

Jangan ragu untuk mengucapkan terimakasih sebagai bentuk apresiasi terhadap orang lain. Misalnya anda telah mengundang tamu dalam rangka pertemuan bisnis, anda dapat mengucapkan kata terimakasih saat sesi penutupan. Namun dalam rangka pertemuan bisnis jangan mengucapkan kata terima kasih secara berlebihan, ini akan membuat para hadirin mulai tidak nyaman.  


7. Berbicara Menggunakan Bahasa Yang Baik

Dalam sebuah pertemuan atau dalam event-event dalam perusahaan, anda seorang memilik bisnis akan dipersilahkan untuk berdiri diatas podium atau panggung untuk berbicara didepan hadirin. Untuk berbicara ini pun anda harus memilih kata-kata yang sopan, hindari bahasa yang mengandung sara dan tidak sopan atau bahasa yang kurang etis jika diucapkan oleh pemilik bisnis. Misalkan dalam agenda meeting, jangan coba-coba untuk bercanda dengan orang yang baru anda kenal, karena anda belum mengetahui pasti bagaiman karakter orang tersebut. 


8. Jangan Pelit Saat Menjadi "Tuan Rumah"

Ketika anda sedang bertemu diluar dalam rangka menyelenggarakan makan-makan bersama dan anda sebagai tuan rumahnya, maka anda memiliki tanggung jawab untuk membayar segala makanan atau minuman para hadirin. Ini merupakan salah satu etika bisnis, hal sekecil ini akan membuat anda tampak berwibawa sekaligus akan mejalin hubungan lebih akrab dengan rekan bisnis. 


Akhir kata, itulah beberapa etika bisnis yang harus diterapkan oleh seorang pengusaha atau pemilik bisnis. Semoga artikel ini bermanfaat, dan memberikan pemahaman mengenai