Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengatasi Gugup Saat Presentasi Dijamin Ampuh

Cara Mengatasi Gugup Saat Presentasi Dijamin Ampuh


omiska.com - Tidak sedikit orang yang merasa gugup saat berbicara dihadapan orang banyak, apalagi orang tersebut adalah Introvert. Masih banyak orang yang merasa gugup saat menyampaikan pendapatnya didalam ruang rapat, atau bahkan saat melakukan presentasi. 

Biasanya rasa gugup ini muncul dikarenakan adanya kegelisahan atau kekhawatiran dalam pikiran, seperti takut ada yang menertawakan atau melakukan kesalahan saat presentasi. 

Bagaimana Cara Mengatasi Gugup Saat Prtesentasi? 


1. Persiapan Yang Matang

Hal yang pertama yang harus anda lakukan adalah, menyiapkan segala sesuatu dengan matan sebelum hari H. Persiapan yang dimaksud seperti menguasai materi yang akan di presentasikan, busana yang rapi, dan pastikan semua peralatan masih berfungsi dengan normal seperti laptop dan laptop, microphone, air minum dan perisapan-persiapan yang lainnya. 

Namun yang terpenting adalah anda harus dapat menguasai materi semaksimal mungkin, dengan begitu ini akan membuat anda lebih percaya diri, karena dapat menguasai materi dengan baik anda akan lebih mudoah menyampaikan dan juga dapat menjawab pertanyaan dari pendengar dengan jawaban yang tepat. 


2. Bersikap Tenang

Bersikap tenang merupakan salah satu kunci mengatasi rasa gugup saat presentasi berlangsung. Anda dapat memulai sikap tenang dengan mengatur pernafasan, cobalah untuk menarik nafas dalam-dalam dari hidung kemudian keluarkan secara perlahan. Lakukan hal ini beberapa kali hingga anda merasa tenang. 

Saat pertama kali anda presentasi, sebaiknya tersenyumlah kepada para audiens selama beberapa detik setelah itu baru melangsungkan presentasi. Usahakan  dapat mengatur nafas dengan tenang untuk membantu oksigen masuk ke otak agar lebih lancar. Ini akan membuat anda lebih tenang dan dapat berfikir dengan jernih. 


3. Memanfaatkan Bahasa Tubuh

Percaya atau tidak, ternyata bahasa tubuh mampu mereduksi gugup pada saat presentasi berlangsung. Selain materi yang anda bawakan, audiens juga melihat bahasa tubuh anda saat melkukan presentasi. Dengan menggunakan  bahasa tubuh pun, penyampaian anda terlihat lebih menarik dan audiens pun lebih mudah memahami apa yang anda sampaikan. 

Pada saat merasa gugup, anda dapat berpindah posisi beberapa langkah yang akan membuat anda lebih rilex dan nyaman. Manfaatkan gerakan tubuh untuk membuat anda lebih rilex, gunakan gerakan tangan saat melakukan presentasi yang membuat anda tidak terlihat kaku. 


4. Tetap Fokus

Saat presentasi mungkin saja anda akan mengalami kejadian tak terduga, misalnya ada kesalalahan-kesalahan teknis atau hal-hal yang tidak diinginkan lainnya. 

Saat melakukan presentasi, anda harus tetap fokus dengan materi yang anda sampaikan. Anda juga dapat membuat kertas kecil yang berisi contekan, yang didalamnya ada poin-poin penting untuk membuat penyampaian anda lebih terarah. 

Ketika konsentrasi anda mulai buyar karena kesalahan-kesalahan teknis atau semacamnya, anda dapat melihat contekan tersebut dan presentasi anda tetap berjalan sesuai dengan alur yang anda rencanakan. 


5. Menikmati Presentasi

Cara efektif mengurangi rasa gugup saat presentasi adalah, dengan menikmati presentasi yang sedang berjalan. Tak perlu khawatir ketika anda mulai berbicara agak terbata-bata, karena sebagian besar audiens pasti memahami keadaan yang anda alami sekarang. 

Disini anda harus memastikan bahwa audiens dapat memahami materi yang anda sampaikan. Jadi gak perlu takut untuk gugup, dan nikmati saja apa yang terjadi saat presentasi berlangusung. Namun dalam catatan, anda harus dapat menyampaikan poin-poin penting presentasi untuk audiens sehingga audiens pulang dalam keadaan mendapatkan pengalaman dan ilmu baru yang anda sampaikan.



Akhir kata, itulah beberapa cara mengatasi gugup saat presentasi dengan cara sederhana namun ampuh. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda, dan semoga presentasi anda sukses dan audiens akan mendapatkan ilmu atau memahami apa yang anda sampaikan.