Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips dan Cara Meminjam Uang Di Bank Beserta Syaratnya

Cara Meminjam Uang Di Bank Beserta SyaratnyaCara Meminjam Uang Di Bank Beserta Syaratnya
Photo by Cory Woodward on Unsplash

omiska.com - Bagi yang sedang membutuhkan dana, baik itu untuk membangun sebuah usaha, membeli kendaraan atau keperluan lainnya, meminjam uang di bank adalah salah satu opsi terbaik yang sering dipilih oleh banyak orang. 

Peminjam hanya menyiapkan segala dokumen yang diminta dan memenuhi segala persyaratan yang lainnya. Kemudian menentukan tenor berapa tahun yang diinginkan kemudian pihak bank akan memproses data peminjam kemudian dana pun akan cair. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan cara meminjam uang di bank beserta syaratnya yang harus anda ketahui. 


1. Melengkapi Segala Persyaratan Yang Diminta Pihak Bank

Setiap bank memiliki persyaratan atau ketentuan sendiri yang berbeda-beda dengan bank lain. Beberapa bank mengharuskan nasabah memiliki kartu kredit sebagai persyaratan utama untuk mengajukan pinjaman dana. Ada pula bank yang tidak menggunakan peryaratan ini dan memiliki ketentuan dan syarat yang lain. 

Syarat untuk melakukan pengajuan pinjaman dana secara umum adalah : 

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Usia Minimal 21 Tahun
  • Fotocopy KTP
  • Fotocopy KK
  • Fotocopy Slip Gaji
  • Fotocopy NPWP
  • Akta Nikah
  • Surat Keterangan Domisili
  • Fotocopy Buku Tabungan
  • Dokumen anggunan (sertifikat tanah atau BPKB mobil)


2. Menentukan Tenor Pinjaman

Setelah meyiapkan syarat-syarat yang diminta oleh pihak bank, maka anda akan berhadapan dengan pihak bank untuk memproses dan mengisi formulir dan menandatangani surat pinjaman dana. Disini anda juga diminta untuk menentukan tenor pinjaman yang dapat anda pilih sesuai kemampuan anda. 

Anda dapat menyesuaikan tenor sesuai kemampuan dan kebutuhan anda, jika anda mampu dan ingin segera melunasi anda dapat memilih tenor yang lebih cepat namun jumlah angsuran lebih tinggi. Jika anda kurang mampu dan ingin angsuran rendah, anda dapat memilih tenor yang lebih lama. Semakin lama tenor yang dipilih maka semakin rendah angsuran yang harus dibayar tiap bulannya namun semakin tinggi bunga yang harus dibayar. 


3. Mengajukan Pinjaman Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan 

Persyaratan pada point 1 sangat berguna bagi bank untuk mengetahui bagaimana kemampuan anda dalam membayar pinjaman jika pihak bank menyetujui pengajuan pinjman dana anda. Untuk itu supaya lebih aman dan tidak memberatkan, ajukan pinjaman dengan jumlah yang cukup dan pastikan anda mampu membayarnya. 


4. Merencanakan Keuangan

Ketika anda berencana meminjam dana di bank, maka anda juga harus memastikan jika anda mampu membayar angsuran tiap bulannya. Supaya anda lebih mudah dan tidak terjadinya hambatan atau keterlambatan dalam membayar angsuran, anda harus merencakankan keuangan dan memprioritaskan angsuran pinjaman bank tiap bulannya. 

Karena jika anda melakukan pinjaman atau berhutang ke bank, maka anda wajib melunasinya. Jika anda mampu merencanakan keuangan dengan baik, maka ini akan membuat anda dapat melunasi angsuran yang telah ditentukan tepat waktu. 


Akhir kata, itulah cara meminjam uang di bank beserta syaratnya. Supaya anda tidak kewalahan dalam melunasi angsuran dengan jumlah yang ditentukan tiap bulannya, ada baiknya anda meminjam dana dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan. 

Setelah meminjam uang di bank, tentunya anda wajib membayarnya tiap bulan.Karena itu anda juga harus pintar-pintar merencanakan keuangan untuk mencegah hambatan atau keterlambatan saat melunasi angsuran setiap bulannya. 

close