Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengapa Harus Bayar Pajak? Begini Penjelasan Dan Fungsi Pajak

Mengapa Harus Bayar Pajak? Begini Penjelasan Dan Fungsi Pajak


omiska.com - Sebagai warga negara yang bijak, pasti membayar pajak. Ini salah satu bukti bahwa anda adalah seorang yang mematuhi aturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Seperti yang kita ketahui, untuk mengurus sebuah negara pastinya membutuhkan dana yang besar. Maka dari itu, undang-undang di Indonesia ini mengharuskan masyarakat untuk membayar pajak. 

Namun, apakah anda pernah berfikir kenapa kenapa kita harus membayar pajak? 

Sebenarnya pajak adalah pungutan yang wajib dibayar oleh masyarakat yang diperuntukan untuk membantu mengelola negara, dari kepentingan pemerintah hingga manfaatnya akan dirasakan oleh masyarakat umum. 

Masyarakat yang membayar pajak tidak akan merasakan keuntungan pribadi, karena dana pajak yang dikelola pemerintah digunakan untuk kepentingan umum, misalnya membangun jembatan, bendungan, taman, jalan dan infrastruktur lainnya. 

Pajak memiliki peranan yang krusial bagi negara, berikut adalah beberapa fungsi pajak yang dilansir dari pajakku.com sebagai berikut :


1. Fungsi Anggaran

Pajak menjadi alat untuk memasukan dana yang dioptimalkan ke kas negara dengan mengikuti undang-undang yang berlaku. Dengan begitu artinya pajak berguna untuk membiayai segala keperluan atau pengeluaran yang berkaitan dengan pemerintahan negara. 

Pajak kemudian digunakan untuk membiayai belanja pegawai, belanja barang, pemeliharaan, pembangunan dan  lain sebagainya. 


2. Fungsi Mengatur

Pajak digunakan pemerintah sebagai alat untuk membantu mencapai tujuan dan pelengkap fungsi anggaran. Dengan pajak pemerintah dapat mengelola atau mengatur pertumbuhan ekonomi yang sesuai dengan kebijakan pajak. 

Misalnya, dalam hal penanamam modal didalam maupun luar negeri maka diberikan berbagai macam fasilitas yang dapat meringankan pajak. Untuk melindungi produksi dalam negeri, pemerintah telah menetapkan bea masuk yang tinggi khusus untuk segala produk dari luar negeri. 


3. Fungsi Strabilitas

Pajak membuat pemerintah negara memiliki dana dalam menjalankan kebijakan yang berhubungan dengan satabilitas harga, ini dapat mengendalikan inflasi. Hal ini dilakukan dengan cara mengatur peredaran uang di masyarakat umum, pemungutan pajak, dan penggunaan pajak yang efesien dan efektif. 


4. Fungsi Retribusi Pendapatan

Pajak dapat digunakan untuk membiayai segala kepentingan umum, seperti membiayai pembangunan sehingga dapat membuka peluang kerja dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. 


Jadi kesimpulannya adalah, pajak merupakan sumber utama penerimaan negara. Jika tanpa pajak, maka pemerintahan akan kesulitan saat melakukan kegiatan atau pengelolaan negara. Uang pajak yang dibayarkan oleh masyarakat berguna untuk belanja pegawai dan untuk segala kegiatan pembangunan dan sarana umum yang akan dirasakan maysarakat, serta pembiayaan untuk memberikan rasa aman bagi seluruh masyarakat. 

close