Wawancara Kerja : Mengapa Tertarik Bekerja Disini?

Mengapa Tertarik Bekerja Pada Posisi Ini


omiska.com - Seperti yang kita ketahui, saat sedang wawancara kerja pasti pelamar akan di hujani dengan banyak pertanyaan. Bagi yang pernah wawancara kerja, pasti telah menyiapkan beberagai jawaban yang jitu, termasuk jawaban untuk pertanyaan mengapa tertarik bekerja disini. 

Walaupun pertanyaannya sederhana, namun tidak sedikit orang yang bingung untuk menjawab pertanyaan yang satu ini apalagi bagi orang yang belum pernah ikut tes seleksi wawancara. Ini adalah salah satu pertanyaan yang krusial, dan perusahaan harus tau apa yang membuatmu tertarik pada perusahaan, dengan begitu mereka juga dapat mengetahui bagaimana tujuan, motivasi dan sikapmu saat diterima nantinya. 

Nah, bagi teman-teman yang kebingungan bagaimana menjawab pertanyaan tersebut, coba baca terus artikel mengenai cara menjawab pertanyaan wawancara kerja : mengapa anda tertarik bekerja disini. 


1. Mengetahui Informasi Seputar Perusahaan

Sebelum mengikuti tes seleksi wawancara kerja, ada baiknya kamu telah menguasai dan memiliki pengetahuan mengenai informasi perusahaan dari berbagai sumber. 

Dengan mengetahui informasi seputar perusahaan, maka sangat memungkinkan kamu akan mudah menjawab seperti posisi kerja, perusahaan tersebut begerak dibidang apa, dan memungkinkan akan muncul pertanyaan-pertanyaan yang dapat kamu tanyakan kepada pewawancara saat mereka memberikan kesempatanmu untuk bertanya. 

Untuk mendapat informasi seputar perusahaan, kamu dapat mengunjungi website resmi perusahaan, artikel-artikel yang membahas perusahaan tersebut, ataupun mendapatkan informasi dari kerabat yang telah/pernah bekerja pada perusahaan tersebut. 

Dengan mengetahui banyak informasi seputar perusahaan, maka ini akan membuatmu terlihat memiliki antuasias yang kuat untuk ikut berkontribusi dalam mengembangkan perusahaan. 


2. Menunjukan Antusiasme Untuk Posisi Yang Dilamar

Dalam hal ini kamu harus memberikan antusiasme kepada perusahaan mengenai posisi yang ingin kamu lamar. Disini kamu harus menggali terlebih dahulu mengenai posisi yang ingin kamu lamar, dengan begitu kamu dapat lebih mudah untuk memberikan pertanyaan seputar posisi, seperti tugas pokok, tanggung jawab, produk, dan bagaimana kebijakan perusahaan untuk memfasilitasi pekerjaan pada posisi tersebut. 

Selain memberikan pertanyaan, kamu juga dapat memberitahukan bagaimana cara kamu bekerja lebih efektif pada posisi tersebut. Ini akan membuat kamu terlihat lebih profesional, dan perusahaan akan menganggap kamu cocok untuk menempati posisi tersebut. 


Baca juga : 8 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Melamar Kerja


3. Memberikan Jawaban Yang Spesifik

Pada saat pewawancara memberikan pertanyaan mengapa kamu tertarik bekerja disini, sebenarnya perusahaan telah memberikan kesempatan kamu bagaimana kamu cara menjual kemampuan kamu pada perusahaan. 

Dengan begitu, hindarilah jawaban yang sangat umum yang berkesan dapat diterapkan untuk semua posisi. 


Selain itu, kamu juga harus bersikap seolah posisi yang kamu inginkan bukan karena ingin membangun karir yang lebih cemerlang. Intinya jangan memberikan jawaban yang berkesan lebih mengedepankan untuk berkepentingan pribadi dibandingkan dengan kepentingan perusahaan. Bagaimanapun ceritanya kamu harus tetap dapat mengutamakan kepentingan perusahaan dengan mengikuti dan mewujudkan visi misi perusahaan. 

Dlam menjawab pertanyaan wawancara, jangan memberikan jawaban yang tidak berbobot. Misalnya saat pewawancara bertanya alasan mengapa kamu tertarik diperushaaan ini, kamu malah menjawab "karena saya suka", "karena saya nyaman" dan pertanyaan tidak berbobot lainnya. Usahakan saat menjawab semua pertanyaan tidak gugup, untuk mengatasi hal ini kamu dapat melakukan latihan dihari sebelum wawancara dimulai.


Akhir kata, itulah cara menjawab pertanyaan mentapa tertarik bekerja disini saat melakukan wawancara kerja. Semoga artikel ini bermanfaat, dan dapat menjadi acuan dan mengetahui apa yang harus kamu kuasai atau persiapkan sebelum melakukan wawancara kerja khusunya saat menjawab pertanyaan mengapa anda tertarik bekerja disini.