Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

Tips Mengatasi Kecanduan Pada Gadget Pada Anak


omiska.com - Hidup didalam era teknologi yang terus berkembang memiliki dampak positif dan negatif bagi kehidupan manusia. Dampak positif misalnya seperti pengembangan telepon gengam yang sekarang dikenal dengan smartphone. 

Tak hanya smartphone, teknologi merambah ke berbagai sektor yang akan memudahkan kehidupan manusia. Seperti berbagai gadget termasuk smartphone yang dapat digunakan diberbagai keperluan, misalnya untuk belajar, hiburan, bermain game, dan berkomunikasi melalui media sosial. 

Teknologi juga memiliki dampak negatif pada penggunanya, misalnya kecanduan gadget yang akan membuat orang banyak menghabiskan waktu dengan gadget khususnya anak-anak. 

Anak-anak sekolah akan malas belajr karena kecanduan bermain gadget. Hal ini akan membuat orang tua khawatir dengan kebiasaan anak yang terus-terusan bermain gadget dan enggan untuk belajar. 

Bagi anda yang merupakan orang tua mencari tau cara mengatasi kecanduan gadget pada anak, coba simak terus artikel berikut ini.


1. Memberikan Jadwal

Hal pertama yang anda lakukan untuk mengatasi anak anda yang kecanduan bermain gadget adalah, dengan membatasi penggunaan gadget dengan cara memberikan jadwal. Anda dapat membuat jadwal yang sesuai, misalnya pagi sekolah, siang istirahat dan anda dapat meminta anak anda untuk mengerjakan PR pada sore hari. 

Kemudian anda dapat memberikan jadwal bermian gadget pada malam hari maksimal dua jam. Secara otomatis, ini akan membuat anak anda termotivasi untuk mengerjakan tugas sekolah atau PR lebih cepat, supaya dapat bermain gadget pada malam hari tanpa memikirkan tugas lagi. 


2. Memberitahu Mengenai Bahaya Bermain Gadget

Walaupun anak anda masih sangat kecil dan susah memahami apa yang anda katakan. Jangan berhenti untuk memberitahu anak anda mengenai bahaya bermain gadget secara terus menerus. Anda dapat memberitahukan kebanyakan bermain gadget akan cepat merusak mata, dan adannya kejahatan dari internet.


3. Menyediakan Game Yang Ramah Selain Gadget

Anak-anak biasanya menggunakan gadget hanya untuk bermain game offline maupun online. Seusia mereka memang waktunya suka bermain-main dan mencoba dengan hal yang baru. Anda dapat menyediakan sebuah game atau mainan yang menarik dan disukai oleh anak anda. Misalnya seperti Puzzle, lempar bola dan game atau mainan yang ramah lainnya. 


4. Mengajak Anak Melakukan Kegiatan Yang Lain

Karena keasikan bermain gadget, anak-anak biasanya akan susah diajak bicara apalagi bermain dengan teman seusianya. Disini anda sebagai orangtua harus mampu melakukan sesuatu yang dapat mengalihkan anak anda. Misalnya mengajak menanam bunga, mengajarkan bagaimana hidup bersih dirumah, dan kegiatan-kegiatan diluar ruangan yang juga melibatkan anda. 


5. Tegas Dan Konsisten

Diusia anak-anak, orang tua harus mampu memberikan aturan yang tegas dan konsisten. Sampai seterusnya anda harus dapat menjaga anak dari kecanduan gadget dengan memberikan jadwal bermain, dan mengajak anak anda untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang lain. Anda harus konsisten dalam upaya mencegah atau mengatasi anak dari kecanduan gadget. Usahakan jangan pernah berikan gadget diluar jadwal yang telah anda sepakati dengan anak.

Baca juga : Tips Menjaga Kesehatan di Musim Pancaroba Biar Gak Gampang Sakit

Akhir kata, itulah beberapa tips mengatasi kecanduan gadget pada anak yang mudah dilakukan dan efektif. Sebagai orangtua seharusnya dapat melindungi anak dari bahaya, termasuk bahaya bermain gadget yang akan cepat merusak mata anak hingga malas untuk belajar.