Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pramuniaga : Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab

 

Pramuniaga : Pengertian, Tugas, dan Tanggung Jawab


omiska.com - Ketika masuk dalam pusat perbelanjaan baik toko maupun mall, pastinya kita akan menemukan seseorang yang selalu menyambut dan melayani konsumen untuk memenuhi kebutuhan atau dikenal sebagai Pramuniaga. 

Pramuniaga adalah karyawan perusahaan dagang yang memiliki tugas pekerjaan untuk melayani konsumen, jadi dapat dikatakan Pramuniaga adalah pelayan di toko maupun mall. Selain membantu konsumen dalam berbelanja seperti memberikan informasi barang yang dicari dan sebagainya, biasanya Pramuniaga menyusun atau membereskan barang-barang di rak hingga barang dagang tetap tersusun rapi. 

Untuk lebih lengkapnya, simak terus tugas dan tanggung jawab Pramuniaga berikut ini.


Tugas dan Tanggung Jawab Pramuniaga


1. Mendata Barang / Produk

Barang-barang di toko, supermarket maupun mall biasanya tersusun rapi didalam rak. Jadi tugas Pramuniaga adalah untuk memantau dan memeriksa ketersediaan barang, apabila ada barang yang kosong maka Pramuniaga akan melaporkan ke staf gudang. 


2. Menata Barang / Produk 

Pramuniaga juga memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menata barang atau produk di rak. Jadi disini Pramuniaga seharusnya dapat bekerja dengan teliti, rapi dan cekatan dalam menata barang. 


3. Menjaga Kebersihan Produk

Selain menata barang, tugas dan tanggung jawab Pramuniaga lainnya adalah dapat menjaga kebersihan produk dan rak. Disini peramuniaga harus memastika produk dan rak bebas dari debu atau jenis kotoran lainnya.


4. Mempromosikan Barang / Produk

Pramuniaga juga harus mampu mempromosikan suatu produk, maka dari itu Pramuniaga harus memiliki percaya diri dan komunikatif supaya pernyampaiannya menarik dan dapat menarik minat konsumen. 


5. Memahami Informasi Mengenai Promosi Terbaru

Biasanya para pengunjung akan mencari tahu informasi mengenai promosi pada event-event tertentu, dan para pelanggan akan bertanya kepada Pramuniaga. Disini Pramuniaga harus dapat menginformasikan mengenai promosi yang sedang diadakan saat itu. Jangan sampai tidak dapat menjawab, karena ini akan berdampak pada citra toko atau supermarket. 


6. Mengemas Barang

Saat kita pergi ke pusat perbelanjaan, kita sering melihat produk yang telah dikemas dengan hadiah. Hadiah itu ditempel oleh Pramuniaga karena permintaan perusahan dalam melakukan strategi promosi. Oleh sebab itu Pramuniaga harus dapat mengemas produk sebaik dan semenarik mungkin. 


7. Dapat Melayani Konsumen Dengan Sebaik Mungkin

Karena Pramuniaga tugas pokoknya adalah melayani konsumen, maka Pramuniaga harus bersikap ramah dan memberikan pelayanan apapun yang dibutuhkan oleh konsumen, seperti mencari barang, mengarahkan konsumen ke suatu tempat yang ingin dituju, membantu mengambil barang yang sulit dijangkau. Karena karakter setiap konsumen berbeda-beda, Pramuniaga harus dapat bersikap tenang dan sabar demi menjaga citra perusahaan, toko atau supermarket ditempat ia bekerja. 


Akhir kata, itulah perngertian, tugas dan tanggung jawab Pramuniaga. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan menambah wawasan khususnya mengetahui bagaimana peran Pramuniaga dalam dunia kerja khususnya pada pusat perbelanjaan. 

close