Berencana Invetasi Emas? Simak Dulu Kelebihan Dan Kekurangan-nya

Keuntungan Dan Kerugian Investasi Emas


omiska.com - Emas adalah suatu benda berharga berupa logam mulia yang sangat diminati oleh banyak orang. Emas dapat dijadikan berbagai bentuk, baik itu bentuk batangan maupun berbentuk perhiasan seperti cincin, gelang, dan kalung. 

Perhiasan emas dapat memikat perhatian banyak orang, karena akan menunjukan status sosial pemakainya. Apalagi perhiasan emas juga dikenal ornag merupakan perhiasan atau barang investasi yang tentunya akan memberikan keuntungan bagi pemiliknya. 

Seperti yang kita ketahui, investasi emas sangat menguntungkan karena harganya yang selalu naik. Hal inilah yang membuat banyak orang berbondong-bondong berinvestasi emas, sejak jaman dulu hingga sekarang. 

Namun setiap hal pasti ada kelebihan dan kekurangannya, tak terkecuali investasi emas. Maka dari itu omiska.com akan mengulas mengenai kelebihan dan kekurangan investasi emas yang harus kamu ketahui. 


Keuntungan Investasi Emas


1. Bebas Pajak

Emas merupakan barang investasi yang bebas pajak, ini berbeda dengan investasi saham pada perusahaan tertentu. 


2. Mudah Dicairkan

Berbeda dengan investasi saham, investasi emas akan memberikan keleluasaan para pemiliknya untuk menukar emas dalam bentuk uang tunai dengan bebas. Untuk menukarnya dapat dilakukan pada toko-toko emas terdekat yang telah menjamur diberbagai sudut kota. 

Selain menukar emas dengan uang tunai, jika pemiliknya masih menginginkan memiliki emas tersebut maka pemilik emas dapat menggadai emas dan mengikuti ketentuan yang berlaku. 


3. Dapat Dijadikan Dana Darurat

Karena emas mudah dicairkan / ditukarkan, maka ini sangat memungkinkan jika emas dapat dijadikan sebagai dana daruat dikala pemiliknya membutuhkan uang secara mendadak. Apalagi proses pencairannya sangat mudah, dan dapat dilakukan di toko emas mana saja atau dapat pula penggadai emas yang dimiliki


4. Lebih Aman

Emas mampu terhindar dari Inflasi dan suku bunga yang relatif tinggi, investasi emas daoat dikatakan lebih investasi yang lebih aman dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya. 


5. Lebih Menguntungkan

Investasi emas lebih menguntungkan dan tidak memiliki resiko yang relatif besar seperti saham maupun mata uang kripto. Emas memiliki nilai atau harga yang cenderung stabil dari zaman ke zaman. 



Kekurangan Investasi Emas


1. Resiko Kehilangan Yang Tinggi

Mengingat emas merupakan barang yang berupa fisik, maka salah satu kekuranganya yaitu resiko kehilangan emas yang cukup tinggi. Kehilangan emas dapat disebabkan kemalingan, atau lupa menaruh emas dimana hingga akhirnya menganggapnya emas itu telah hilang, walaupun sewaktu-waktu emas tersebut dapat dietmukan dikemudian hari walaupun kemungkinannya yang relatif kecil.


2. Harga Melambat

Walaupun harga emas centderung stabil dari tahun ke tahun dan dianggap investasi paling aman, namun perlu diketahui emas tdiak memberikan keuntungan yang besar jika diinvestasikan dalam jangka pendek. Maka dari itu, investasi emas ini sangat cocok dilakukan untuk jangka panjang saja. 


3. Harga Fluktuatif

Walaupuun harga emas cenderung meningkat, namun peningkatan harga berlangsung dalam jangka waktu yang relatif lama. Ini diperlukan waktu selama bertahun-tahun hingga masanya emas memiliki kenaikan harga yang akan menguntungkan. Walaupun bergitu hatga emas juga tidak menutup kemungkinan mengalami penurunan, namun ketika dalam kondisi seperti ini disarankan untuk tidak menjual emas dulu untuk mencegah kerugian. 




Akhir kata, sekian penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan investasi emas yang wajib diketahui oleh para investor atau pemilik emas. Dengan begitu, tentu anda dapat mempertimbangkan apakah investasi emas adalah opsi yang terbaik, atau lebih baik berinvestasi saham atau mata uang kripto. 

Namun seperti yang telah kita bahas sebelumnya, investasi emas dianjurkan dilakukan dalam jangka panjang. Jika anda ingin berinvestasi dalam jangka pendek, investasi emas bukanlah jawaban yang tepat.