Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengisi Formulir Pajak Google AdSense Terbaru Potongan Pajak Lebih Murah

Cara Mengisi Formulir Pajak Google AdSense Terbaru


omiska.com - Baru-baru ini para Creator Youtube heboh dengan kebijakan terbaru Google AdSense, yang akan memberlakukan potongan pajak sesuai dengan kebijakan dari Amerika Serikat. Tak sedikit Creator yang kehilangan semangatnya karena kebijakan potongan pajak yang mulai berlaku pada bulan awal bulan juni mendatang. 

Aturan ini berlaku berdasarkan Chapter 3 dari U.S. Internal Revvenue Code, dengan ini Google bertanggung jawab dalam mengumpulkan informasi pajak dari seluruh Creator yang berada diluar Amerika Serikat, yang melakukan monetisasi dan akan memungut pajak jika penghasilan yang didapat oleh Creator berasal dari penonton Amerika Serikat. 

Karena Youtube berasal dari Amerika Serikat, tentu harus mentaati aturan yang berlaku di negaranya. Kita sebagai Creator pun wajib mengikuti aturan, dan disini Google AdSense telah menyediakan formulir yang wajib diisi oleh Creator. 


Mengapa formulir pajak wajib diisi? 

Menurut keterangan atau informasi yang dikirim oleh The Youtube Team melalui email : 

Jika Creator mengirimkan informasi pajak, maka pajak Amerika Serikat hanya dapat diberlakukan terhadap penghasilan dari penonton Amerika Serikat, ini meliputi tampilan iklan, YouTube Premium, Super Chat, Super Stickers bahkan Langganan Channel. 

Jika Creator tidak mengirimkan informasi pajak, maka tarif pajak dapat ditetapkan pada tarif potongan lebih tinggi sebesar 24% dari total penghasilan AdSense yang dieproleh dari seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. 


Bagaimana cara mengisi formulir pajak yang benar? 

Untuk mendapatkan potongan pajak yang lebih rendah, maka ada baiknya Creator telah memiliki NPWP. Tutorial ini diperuntukkan untuk yang memiliki NPWP saja, tentu ada sedikit perbedaan daripada mengisi formulir yang tidak mencantumkan NPWP. 


1. Buka dashboard Google AdSense, dan klik Kelola Info Pajak

Cara Mengisi Formulir Pajak Google AdSense




2. Kemudian klik Tambahkan Info Pajak

Cara Mengisi Formulir Pajak Google AdSense




3. Ikuti langkah-langkah dalam memilih seperti gambar diabwah ini, setelah memilih klik MULAI FORMULIR W-8BEN

Cara Mengisi Formulir Pajak Google AdSense




4. Ikuti pengisian Identitas Pajak seperti gambar dibawah ini

Cara Mengisi Formulir Pajak Google AdSense




5. Isi alamat yang sesuai

Cara Mengisi Formulir Pajak Google AdSense



6. Isi perjanjian pajak dengan memilih "YA", kemudian ikuti langkah-langkah lainnya seperti gambar dibawah lalu klik Berikutnya. 

Cara Mengisi Formulir Pajak Google AdSense



7. Disini kamu cukup mencentang saja, kemudian klik berikutnya

Cara Mengisi Formulir Pajak Google AdSense


8. Kemudian pada laman Sertfikasi. pilih "Ya, saya adalah orang yang tercantum di bagian tanda tangan, dan saya mengisi formulir ini atas nama saya sendiri" kemudian klik Berikutnya. 

Cara Mengisi Formulir Pajak Google AdSense



9. Ikuti petunjuk seperti pada ganbar diabwah ini, setelah itu klik Kirim untuk mengakhiri pengisian formulir pajak Google AdSense

Cara Mengisi Formulir Pajak Google AdSense

Maka akan muncul pemberitahuan bahwa kamu telah menyelesaikan pengisian formulir pajak Google AdSense, beserta keterangan potongan pajak yang berlaku seperti pada gambar dibawah ini.



Menurut informasi yang saya dapatkan dari grup Facebook, yang tidak menggunakan NPWP akan dikenakan pajak yang masing-masingnya sebesar 30% seperti pada gambar dibawah ini :


Cara Mengisi Formulir Pajak Google AdSense


Itulah cara mengisi formulir pajak Google AdSense terbaru, dengan potongan pajak lebih rendah. Sekali lagi kami katakan ini adalah tutorial khusus bagi anda yang memiliki NPWP saja, yang agak berbeda dengan yang tidak menggunakan NPWP. 

Google memberikan waktu yang cukup lama yakni hingga 31 Mei 2021 mendatang, itu artinya Google tidak terburu-buru meminta formulir pajak ini diisi oleh Creator. Maka dari itu, kamu masih memiliki banyak waktu untuk membuat NPWP di kantor pajak setempat.