Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Cara Mengetahui Mobil Bekas Banjir Dengan Mudah

Cara Mengetahui Mobil Bekas Banjir Dengan Mudah


omiska.com - Saat hendak membeli mobil bekas / seken, maka lebih baik untuk tidak tertarik dengan harga yang jauhh lebih murah dibandigkan harga pasarannya. Karena bisa jadi mobil tersebut memiliki kerusakan atau masalah yang nantinya akan membuatmu rugi, dan mengeluarkan banyak uang untuk memperbaikinya. 

Harga mobil bekas anjlok saat banjir yang melanda kota, akibat banjir banyak mobil yang mengalami kerusakan pada berbagai komponen. Maka secara otomatis, pembelinya harus bersiap-siap mengeluarkan uang yang relatif banyak untuk memperbaiki mobilnya. 

Disaat mobil bekas dijual dan ditawarkan untuk anda, pasti anda tidak akan melihat tanda-tanda kerusakan pada mobil karena banjir. Namun jika anda teliti, pasti akan menemukan tanda-tandanya. Namun tanda mobil bekas banjir sangat mudah dilihat pada bagian interior mobil, ini disebabkan bahan yang digunakan pada interior mobil biasanya memiliki daya serap lebih tinggi terhadap air. 

Untuk informasi lebih lanjut dalam mengetahui cara mengetahui mobil bekas banjir, yuk simak terus artikel berikut ini.. 


1. Alat Elekrtonik

Pastikan seluruh alat elektronik pada mobil dapat bekerja dengan baik, seperti audio, AC, wiper, lampu, lampu indikator Electric Power Steering dan alat elektronik lainnya. Seperti yang kita ketahui, alat elektronik rentan rusak jika terkena air, apalagi terendam banjir. Maka dari itu hal pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan memeriksa semua alat elektonik pada mobil. 


2. Oli Mesin

Cara kedua yang memungkinkan anda dapat mendeteksi apakah mobil yang akan anda beli pernah terendam banjir, cobalah mengecek oli pada mobil tersebut. Pastikan warna oli menujukna warna oli yang normal, jika menunjukan warna coklat keputihan bisa jadi mobil tersebut bekas banjir dan air sempat masuk kedalam mesin. 


3. Suara Mobil

Pastikan suara mobil terdengar normal, jika suaranya lebih kasar maka bisa jadi mobil tersebut pernah terendam banjir. 


4. Cek Karat

Cara mengetahui mobil bekas banjir berikutnya adalah dengan mengecek karat padam mobil. Anda dapat memastikan baut yang terletak pada rem tangan tidak berkarat, karena jika berkarat sudah pasti mobil tersebut bekas banjir. Mungkin sekilas tidak tampak, anda harus melihatnya lebih jeli dan gunakan senter untuk penerangan.


5. Memastikan Tidak Ada Endapan Kotoran

Ciri mobil bekas banjir yang sangat mudah dilihat adalah, adanya endapan kotoran pada sela-sela atau sudut interior mobil, seperti lubang kisi-kisi AC, kabel belakang dashboard, sudut panel, penutup speaker dan pada sudut-sudut yang lain. Jika ada kotoran atau bekas lumpur yang terdapat didalam interior mobil, maka dapat dipastikan mobil tersebut pernah terendam banjir. 


Akhir kata, itulah beberapa cara mengetahui mobil bekas banjir dengan mudah. Untuk memeriksa tanda-tandanya membutuhkan kejelian mata, dan pengetahuan mengenai tanda-tanda mobil pernah terendam banjir. Semoga saja artikel ini dapat bermanfaat, dan memberikan pengetahuan kepada anda dan dapat membantu anda dalam mendeteksi mobil bekas banjir dengan lebih mudah. 

close