Wawancara Kerja : Coba Ceritakan Tentang Diri Anda (Fresh Graduate)

Cara Menceritakan Diri Saat Wawancara Kerja Agar Menarik


omiska.com - Dijaman sekarang mendapatkan pekerjaan sangatlah susah, apalagi saat pandemi hingga melanda seperti ini membuat banyak karyawan di PHK yang menyebabkan meningkatkan pengangguran khususnya di negara tercinta kita. 

Namun bukan tidak mungkin kita tidak dapat mendapatkan pekerjaan, walaupun kesulitan mendapatkan pekerjaan jika serius dan gigih untuk mencari kerja, tentu kamu akan mendapatkan pekerjaan. Seperti kata pepatah, "Usaha tidak mengkhianati hasil".

Pada saat melamar pekerjaan, pastinya kandidat akan dihadapkan dengan tahap interview atau wawancara kerja. Dalam tahap ini, kandidat akan diberikan sedikit atau banyak pertanyaan yang mencerminkan bagaimana sikap kandidat tersebut jika diterima bekerja dalam perusahaan nantinya.

Biasannya, pertanyaan pertama itu adalah " Coba ceritakan tentang diri anda ". Mungkin bagi kandidat yang belum pernah wawancara kerja pasti akan kebingungan dan akan memberikan jawbaan yang tidak bermutu. 

Nah, bagi anda yang ingin melamar kerja dan akan melakukan tahap wawancara, ada baiknye ketahui dulu cara menjawab pertanyaan wawancara khususnya pada saat pewawancara memberikan kesempatan anda untuk menceritakan diri anda. 


1. Menggunakan Bahasa Yang Sopan

Dalam hal ini anda sedang melakukan tahap wawancara untuk penerimaan karyawan baru disebuah perusahaan, maka sebaiknya hati-hati dalam berbicara dan gunakan bahasa yang sopan. Jika kamu menggunakan bahasa yang kurang baik atau tidak sopan, maka kemungkinan besar kamu akan gugur pada saat tahap wawancara, ini juga dapat menjadi penilaian dan perusahaan akan melihat attitude anda ketika diterima bekerja dalam perusahaan. 


2. Memulai Dengan Kata Pengantar

Pada saat pewawancara memberikan kesempatan untuk menceritakan diri, jangan lupa untuk memberikan kata pengantar, misalnya memperkenalkan diri, lulusan darimana beserta program studi yang diambil, dan jelaskan apa saja yang dipelajari selama kuliah. 


3. Mengungkapkan Keungulan / Kualitas Anda

Berikan beberapa hal yang menarik atau keunggulan anda yang menyangkut dengan posisi kerja yang diambil. Namun jangan memberikan informasi yang belebihan, anda cukup memberitahu kelebihan anda saja. Misalnya seperti memiliki keahlian dibidang statistika, dapat mengoprasikan program tertentu, dapat mengoprasikan mesin produksi, mengerti permasalahan dalam jaringan dan lain sebagainya. 


4. Jelaskan Tujuan Melamar

Terakhir, berikan alasan anda mengapa berminat di perusahaan tersebut, berikan jawaban yang spesifik berkaitan dengan posisi pekerjaan yang anda inginkan. Anda dapat menjelaskan mengenai kemampuan anda, dan dapat anda tawarkan dalam melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan posisi yang anda inginkan. 


Namun perlu diingat, saat menceritakan tentang diri anda jangan sama persis seperti apa yang tertera dengan CV. Karena CV hanya memberikan gambaran saja untuk mendeskripsikan diri anda, dan saat wawancara tugas anda adalah menjelaskan lebih jauh bagaimana diri anda lebih spesifik, yang berkaitan dengan posisi kerja yang anda inginkan. 

Akhir kata, itulah cara menceritakan tentang diri anda saat tahap seleksi wawancara kerja. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memberikan gambaran mengenai seputar pertanyaan-pertanyaan saat wawancara kerja khususnya saat pewawancara memberikan kesempatan bagi pelamar untuk menceritakan diri.