Iklan Atas Artikel

Investor Pemula Wajib Tau : Tips Jitu Memilih Broker Saham Terbaik

Tips Jitu Memilih Broker Saham Terbaik


omiska.com - Saat anda berencana untuk memulai investasi saham, tentu ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, salah satunya adalah perantara atau disebut dengan Broker Saham ataupun perusahaan sekuritas. Sebelum memulai investasi saham, ada baiknya anda memilih broker yang terpercaya. Untuk mengetahui bagaimana cara memilih broker saham terbai, coba simak penjelasan berikut ini. 


1. Pastikan Broker Saham Telah Memiliki Izin

Langkah pertama yang perlu anda perhatikan adalah, memastikan broker saham telah menggandeng perizinan yang lengkap. Di negara kita Indonesia, broker saham atau perusahaan sekuritas yang dapat dipercaya adalah yang telah masuk dalam list atau jaringan yang memiliki izin dari OJK, dan sudah mempunyai keanggotaan di BEI. 


2. Mengetahui Ketentuan Pada Website Resmi

Broker saham atau perusahaan sekuritas akan menawarkan ketentuan yang berbeda-beda dalam hal investasi saham. Maka dari itu disini anda harus dapat mempertimbangkan dengan matang untuk dapat memilih broker sesuai dengan keuangan anda. Di website resmi, anda dapat melihat minimal biaya modal (setoran awal) yang diperlukan, transaksi, bahkan ketentuan-ketentuan lainnya. 


3. Memerhatikan Fasilitas Margin

Fasilitas margin dapat membantu keberhasilan strategi trading, ini hal yang penting untuk menjadi bahan pertimbangan. Anda dapat memastikan broker yang ingin anda pilih menerapkan bunga margim yang lebih rendah, namun dalam catatan memberikan limit trading yang besar. Ini akan membantu anda mendapatkan keuntungan dari investasi yang anda laksanakan.


4. Memastikan Broker Saham Memiliki Fasilitas Online Untuk Bertransaksi

Pada umumnya para investor akan melakukan transaksi untuk investasi saham secara konvensional dikantor broker saham. Disini para investor akan memesan dengan mendatangi kantor broker atau dapat menghungi mereka melalui sambungan telepon. Namun karena sekarang banyak broker saham yang menyediakan fasilitas bertransaksi secara online, maka sebaiknya carilah broker yang mengikuti tren yang telah menyediakan fasilitas online untuk memudahkan bertransaksi yang lebih praktis. 


5. Ketersediaan Informasi

Investor membutuhkan informasi ter-update yang berkaitan denagn investasi yang dilakukan, seperti rekomendasi saham yang diambil dari analisis broker saham. Biasanya broker yang profesional akan memberikan informasi dan rekomendasi yang akurat dan bertanggung jawab. Informasi ini didapatkan berdasarkan analisis dengan melakukan berbagai pertimbangan yang tepat dan rasional. 


Akhir kata, itulah penjelasan singkat mengenai tips jitu memilih broker saham terbaik. Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan yang lebih untuk anda, khususnya dalam memahami bagaimana cara memilih broker saham atau perusahaan terbaik untuk berinvestasi. 
Iska Maulana A Content Creator, Designer CAD 3D & Mechanical Engineering. I like technology!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel