Iklan Atas Artikel

Mengenal Peran Sistem Analis Dalam Perusahaan, Begini Pekerjaannya

 

Peran System Analisys Dalam Perusahaan


omiska.com - Sistem Analis merupakan salah satu pekerjaan di bidang IT yang kabarnya sedang populer. Biasanya posisi Sistem Sistem Analis di isi oleh orang-orang yang memiliki latarbelakang mahir di dunia IT abik itu developer atau programmer. 

Mengapa posisi Sistem Analis sedang populer khususnya menjadi incaran bagi orang-orang yang berlatar belakang IT? 

Ternyata alasannya karena Sistem Analis memiliki peran penting dalam urusan teknologi dan bisnis. Tak heran, banyak perusahaan memburu para calon kandidat dan menetapkan kandidat yang memiliki potensi yang besar untuk mengisi posisi Sistem Analis didalam perusahaan dan biasanya mereka mendapatkan gaji yang besar. 


Apa pekerjaan Sistem Analis dalam satu perusahaan?

Sistem Analis merupakan salah satu pekerjaan Engineering, yang melakukan analisa sistem, merancang dan menerapkan suatu sistem. Seorang Sistem Analis memiliki tanggung jawab yang besar didalam perusahaan di bidang IT. 

seorang Sistem Analis juga memiliki peran untuk meneliti sistem yang baru, dan memastikan sistem yang digunakan akan berdampak baik pada peningkatan efesiensi didalam perusahaan. 


Tugas dan Tanggung Jawab Sistem Analis

  • Melakukan maintenance dan mengatasi data warehouse maupun sistem penyimpanan data di perusahaan
  • Riset teknologi / sistem terbaru
  • Mengetahui kebutuhan organisasi dari sistem IT
  • Menguji sistem terbaru
  • Membuat ataupun merancang sebuah sistem dan kemudian mengimplementasikan 
  • Meningkatkan kinerja maupun fungsional sistem beserta jaringan komputer
  • Menganalisa dan mempersiapkan laporan cost dan benefit 
  • Berinteraksi dengan pelanggan untuk memahami kebutuhan sistem 
  • Berinteraksi dengan desainer dalam mengemukakan antarmuka yang ingin diterapkan dalam satu perangkat lunak (software)


Fungsi Sistem Analis

  • Dapat mengetahui beragam persoalan atau masalah yang dialami pengguna
  • Dapat memastikan apa yang diperlukan pengguna dalam perangkat IT
  • Dapat memberikan berbagai cara untuk menyelesaikan masalah-masalah pada sistem
  • Merencanakan atau menyusun konsep penjadwalan sistem dan menyesuaikan apa yang diperlukan oleh penggunanya


Tahapan Analisis Sistem


1. Identifikasi

Tahap pertama yang dilakukan oleh seorang sistem analis adalah, melakukan identifikasi pada suatu masalah yang terdapat dalam sistem. Sistem analis seharusnya dapat mengetahui penyebab kesalahan, dan kemudian memberikan keputusan yang akan diambil dalam melakukan perbaikan. 

2. Analisis

Tahap berikutnya yag dilakukan oleh sistem analis adalah, menganalisa suatu sustm yang telah diidentifikasi. Biasanya, ada 2 macam yang dianalisis yakni mengetahui kelemahan sistem dan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna. 

3. Penerapan

Ini merupakan tahapan untuk menerapkan atau menjalankan sistem yang sesuai dengan hasil analisis yang dibuat sebelumnya. Sistem yang dijalankan harus sesuai dengan hasil identifikasi dan analisis yang telah dilakukan sebelumnya, dan secara otomatis akan menghasilkan sistem yang ramah dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. 

4. Laporan

Setelah selesai menyelesaikan suatu masalah, tahap selanjutnya yang dilakukan oleh sistem analis adalah membuat laporan tentang hasil identifikasi dan analisis yang telah dilakukan, serta hasil akhirnya. 



Akhir kata, itulah peran sistem analis didalam suatu perusahaan. Menjadi sistem analis tidak semudah yang dibayangkan, ini dikarenakan mereka harus benar-benar memahami dan dapat menyelesaikan masalah dari kesalahan-kesalahan sistem tanpa mengurangi efesiensi. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan para pembaca, khususnya dalam memahami bagaimana peran seorang sistem analis dalam perusahaan beserta fungsi dan tugas-tugasnya. 


Iska Maulana A Content Creator, Designer CAD 3D & Mechanical Engineering. I like technology!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel