Iklan Atas Artikel

Pengertian Investasi Leher Ke Atas Beserta Contohnya


Pengertian Investasi Leher Ke Atas Beserta Contohnya


omiska.com - Pernahkan anda mendengar dengan istilah Investasi Leher Ke Atas? Bagi anda yang belum tau, pengertian Investasi Leher Ke atas adalah investasi yang di istilahkan memperbanyak ilmu dan pengetahuan. Jadi intinya investasi leher ke atas merupakan investasi yang bukan bersifat material, melainkan memperkaya wawasan dan ilmu yang akan berguna dimasa depan. 

Investasi leher ke atas atau juga disebut dengan investasi pengetahuan, selain memiliki manfaat dalam memperkaya pengetahuan, juga dapat menambah pengalaman dan meningkatkan skill yang ada. 

Contoh Investasi Leher Ke atas, yaitu : 

  • Belajar disekolah / kampus
  • Mempelajari hal-hal baru
  • Membaca buku yang terkait dengan pengetahuan teknologi
  • Ikut training dan seminar
  • Mengikuti kursus bahasa asing, dsb.

Seperti yang kita bahas diatas investasi leher ke atas merupakan investasi yang bukan bersifat material. Jadi untuk invvestasi leher ke atas ini anda hanya melakukan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan menambah ilmu pengetahuan. 

Mungkin diantara anda akan bertanya : 

Katanya investasi yang bukan bersifat material, kan ikut pelatihan memerlukan biaya juga!

Benar, jika mengikuti pelatihan atau kursus ada yang berbayar maupun gratis yang diselenggarakan oleh pemerintah, seperti BLK. Peserta BLK akan mendapatkan sertifikat keahlian yang resmi dari KEMNAKER. Dengan mengikuti BLK tentu akan berguna untuk menunjang kemampuan saat mulai memasuki dunia kerja.


Mengapa investasi leher ke atas dikenal dengan investasi yang bukan bersifat material? 


Jika mendengar kata Investasi pasti kebanyakan orang akan membayangkan properti, tabungan, emas, surat-surat berharga dan saham. Tentu investasi tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit, dan tentu akan  mendapatkan keuntungan yang besar dikemudian hari walaupun tidak selamanya untung. 

Namun Investasi Leher Ke Atas ini, anda hanya perlu melakukan kegiatan untuk menggali dan memperbanyak pengetahuan, secara autodidak maupun mengikuti kurus dan seminar-seminar yang diselenggarakan untuk meningkatkan kualitas diri. 

Mengapa investasi leher ke atas ini penting? 

Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan itu penting supaya kita mampu beradaptasi dengan perubahan zaman yang selalu berubah. Karena memiliki banyak pengetahuan, kemampuan dan pengalaman, tentu akan mempermudah kita untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan diri. 


Anda dapat melakukan investasi leher ke atas dengan cara-cara yang sederhana, seperti membaca buku atau E-Book setiap hari pada saat waktu kosong atau menonton video yang menambah pengetahuan sesuai bidang anda. Saya menemukan kutipan menarik dari Henry Ford, yaitu : 

Anyone who stops learning is old, whether at twenty or eighty. Anyone who keeps learning stays young, The greates thing in life is to keep your mind young. 

Artinya, siapa pun yang berhenti belajar sudah tua, baik di usia dua puluh atau delapan puluh tahun. Siapapun yang terus belajar tetap awet muda, hal yang paling penting dalam hidup adalah menjaga pikiran Anda tetap muda.


Akhir kata, semoga artikel mengenai investasi leher ke atas ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda. Jangan berhenti belajar, terus mengasah skill, dan perbanyak pengetahuan dengan hal-hal yang baru yang akan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas diri anda. 

Iska Maulana A Content Creator, Designer CAD 3D & Mechanical Engineering. I like technology!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel