Iklan Atas Artikel

10 Skill Yang Harus Dimiliki Untuk Menjadi Manager Yang Sukses

 

Skill Yang Harus Dimiliki Untuk Menjadi Manager Yang Sukses

omiska.com - Seorang manager selalu digambarkan dengan seornag pemimpin yang sering dikaitkan dengan manajemen dan memiliki skill atau keterampilan terkait dengan bidang kerja. Namun ternyata, selain keterampilan dalam bekerja seorang manager juga harus memiliki beberapa softskill penting. 

Menurut beberapa sumber, kualitas seorang pemimpin adalah terletak pada saat ia menguasai beberapa atau banyak softskill. Bahkan keterampilan teknis tidak terlalu berharga jika pemimpin tidak menguasai softskill yang mendukung dalam manajemen kerjanya.

Peran seorang manager adalah untuk memimpin, memotivasi karyawan untuk bekerjasama demi mencapai target yang telah ditentukan. 

Namun, skill apa saja sih yang harus dimiliki oleh manager yang sukses? 


1. Komunikasi

Skill yang satu ini memang wajib banget dikuasai, karena seorang pemimpin itu sering menyampaikan sesuatu atau informasi kepada bawahannya (pekerja), dan dapat membuat hubungan antar individu yang lebih baik. Selain itu, dengan kemampuan komunikasi ini maka manager akan lebih mudah bertukar atau mempertimbangkan pendapat, dan dapat dengan mudah dalam menyampaikan win-win-solution.

Selain itu, manager juga daoat menciptakan lingkungan kerja yang produktif dengan memberikan masukan-masukan yang poisitif kepada para karyawan.  


2. Mampu Menjaga Hubungan Dengan Karyawan

Seorang manager yang sukses harus mampu menjaga hubungan baik dengan para karyawan atau rekan kerja. Hubungan yang baik antara manager dengan para karyawan mapun rekan kerja sangatlah penting dalam membangun dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik dan kohesif. 

Menjaga hubungan baik dengan karyawan maupun rekan kerja misalnya jangan gengsi untuk memuji sesuatu yang telah dicapainya. Walaupun anda adalah seorang manager, anda juga harus memiliki rasa respek kepada rekan kerja maupun karyawan. 


3. Mampu Memberikan Kritik dan Saran

Manager dikenal seorang yang memiliki fungsi / tugas pengawasan baik bagi divisi maupun karyawan. Maka dari itu, siapa yang bersangkutan harus mampu menjaga kualitas pekerjaan. Salah satu jalan dalam upaya menjaga kualitas pekerjaan yang baik adalah dengan memberikan kritik dan saran, bila ada seorang karyawan yang bekerja kurang atau bahkan tidak optimal dalam bekerja. 

Kritik dan saran juga dapat membantu mempertahankan standar kerja yang telah ditetapkan. Namun dalam memberikan kritik dan saran ini harus dilakukan dengan bijak. 

Anda harus memberikan kritik dan sara secara pribadi, dan lebih bijak lagi katakan dengan cara yang sopan dan jangan sampai menunjuk jari kepada karyawan yang bersangkutan. 


4. Keterampilan Membuat Keputusan

Manager identik dengan kemepimpinan yang tak lepas dalam hal membuat keputusan dalam waktu-waktu yang genting sekalipun. Manager harus dapat mengetahui masalah dan dapat meninjau masalah dengan cara komprehensif. Selain itu manager juga harus dapat memberikan solusi untuk memecahkan masalah yang muncul, karena ini adalah salah satu kemampuan wajib seorang manager. 

Membuat keputusan juga sebaiknya tidak dengan cara buru-buru, namun sering kita lihat manager suka membuat keputusan dengan cepat disaat kepepet atau mendesak. 


5. Negosiasi

Seorang manageer seharusnya juga memiliki kemampuan dalam bernegosiasi, hal ini akan banyak diterapkan dalam lingkungan kerja. Seorang manager yang memiliki kemampuan negosiasi yang baik dapat mempertimbangkan keinginan lawan bicaranya, dan diwaktu yang sama ia juga dapat menyampaikan apa yang diharapkan. 


6. Mampu Mengatasi Keluhan

Dalam lingkungan kerja tentu tidak akan lepas dari keluhan-keluhan dari karyawan maupun dari rekan kerjanya. Untuk itu, seorang manager harus mampu menangani keluhan dengan adil dan bijak. 

Dengarkan keluhan mereka, apa yang membuat mereka mengeluh, pahami, dan berikan solusi yang membuat mereka berhenti mengeluh supaya mereka tetap nyaman dalam bekerja untuk menjaga hasil kerja yang optimal. 


7. Memiliki Keberanian Untuk Menolak Gagasan

Menjadi seorang pemimpin untuk mengatakan tidak pada suatu gagasan merupakan hal yang sangat krusial. Menyampaikan penolakan tak semudah yang kita bayangkan, seorang manager juga harus mempertimbangkan ide atau gagasan yang disampaikan oleh lawan bicara. Ketka ide atau gagasan itu meupakan hal yang tak dapat dilakukan, maka manager berhak untuk menolak.

Namun tidak sembarangan menolak gagasan ide orang lain, manager juga harus bijak sana dalam berucap supaya tidak menyinggung hati lawan bicara. Berikan tanda bahwa anda memiliki empati, dan katakan juga bahwa anda memahami situasi yang menjadi hal yang membuat lawan bicara menemukan ide gagasan yang terkait. 

Untuk mengakhiri, anda dapat memberikan opsi atau menawarkan cara alternatif mungkin yang lebih aman dan dengan tingkat resiko yang lebih rendah. 


8. Bersikap Profesional

Bersikap profesional tentu merupakan hal yang penting yang diterapkan oleh seseorang dalam dunia kerja, tak terkecuali seorang manager. Dalam hal ini, seorang manager dituntut untuk dapat menjaga hubungan yang baik dengan rekan kerja maupun karyawan dilingkungan kerja, selain itu manager juga harus mempertahankan profesionalisme dan mengetahui dan menyadari batasan antara dunia kerja dan kehidupan pribadi. 

Tentu menjaga profesionalisme ini akan terasa sulit bagi sebagian orang, apalagi jika seorang manager memiliki banyak sahabat atau teman dekat diantara karyawan. Untuk itu, anda juga harus menetapkan batasan yang jelas dan bersikap adil kepada semua karyawan tanpa adanya klasifikasi sahabat atau teman dekat. 


9. Mampu Menyampaikan Kabar Buruk Dengan Bijak

Seorang manager tidak harus selalu menyampaikan kabar baik, namun ada pula kabar buruk yang harus disampaikan kepada para karyawan. Walaupun kabar buruk selalu tidak diharapkan oleh karyawan, namun anda harus dan wajib menyampaikan kabar tersebut karena ini adalah bagian dari pekerjaan manager.

Menyampaikan kabar buruk tidak semudah yang dibayangkan, karena kabar buruk harus disampaikan dengan bijak sana dengan konotasi positif dan dapat menenangkan siapapun yang mendengarnya. Untuk menyampaikan kabar buruk, lebih baik sampaikan secara langsung tanpa menggunakan perantara lewat email.


10. Mampu Mengatasi Karyawan Yang Sulit Diatur

Seorang manager akan dipertemukan karyawan dengan karakter yang berbeda-beda. Mengingat hal itu maka seorang manager dituntut untuk mampu mengelola seluruh karyawannya untuk setiap karakter yang berbeda. 

Tidak semua karakter karyawan itu sama, ada yang malas untuk bekerja dan ada pula yang rajin bekerja. Sikap bagi karyawan yang malas bekerja tentu akan menjadi masalah karena akan berdampak pada keselarasan dilingkungan kerja dan dapat mempengaruhi produktivitas.

Yang harus diperhatikan oleh manager adalah seperti karyawan yang menggangu privasi orang lain, mengucapkan kata-kata yang tak pantas, dan karyawan yang selalu terlambat untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. 


Nah, itulah beberapa skill yang harus dimiliki untuk menjadi manager yang sukses. Untuk menjadi pemimpin itu tidaklah mudah, seorang pemimpin harus dapat membuat keputusan, bernegosiasi, menyampaikan pesan dengan bijak, adil, dan dapat memberikan win-win-solution.

Iska Maulana A Content Creator, Designer CAD 3D & Mechanical Engineering. I like technology!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel