Iklan Atas Artikel

Musim Hujan Telah Tiba ! Yuk Simak 10 Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Hujan

 

Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Hujan

omiska.com - Musim hujan  telah tiba, maka dari itu anda harus melakukan cara untuk menjaga tubuh tetap sehat pada musim hujan seperti saat ini. Menjaga kesehatan di musim hujan merupakan hal yang penting, karena musim hujan akan membuat tubuh cepat terserang penyakit seperti flu, demam berdarah dan pilek. Maka dari itu, sebaiknya kita melakukan antisipasi untuk terhindar dari segala penyakit, dan menjaga tubuh tetap sehat supaya dapat melakukan aktivitas walaupun di musim hujan. 

Salah satu penyakit yang paling dikhawatirkan pada saat musim hujan adalah Demam Bedarah Dengue (DBD). Biasanya nyamuk jenis Aedes Aegypti (nyamuk pembawa virus DBD) bertelur pada tampungan air yang bersih. Untuk informasi tambahan, hanya nyamuk Aedes Aegypti saja yang menyebarkan virus DBD, sedangkan jantan tidak. 

Virus ini disebar melalui satu gigitan dari satu orang hingga orang lainnya, demam berdarah ini hanya dapat dilularkan lewat nyamuk saja. 

Selain penyakit demam berdarah, musim hujan juga dapat memudahkan penyebaran virus Influenza Rhinovirus yang menyebabkan pilek. Virus jenis ini dapat tersebar dalam ruangan / lingkungan tertutup seperti rumah, kantor, dan sekolah pada musim hujan. Penyebaran virus ini dapat melalui kontak fisik, jadi harus berhati-hati. 

Untuk menjaga tubuh tetap sehat di musim hujan, pada kesempatan kali ini omiska.com akan memberikan beberapa tips menjaga kesehatan di musim hujan. Check it out !


1. Melakukan Olahraga

Seperti yang telah kita ketahui bersama, olahrahga adalah suatu aktivitas yang dapat menyehatkan tubuh. Olahraga akan meningkatkan sirkulasi darah, yang akan mendukung daya tahan tubuh bekerja semestinya. Anda dapat melakukan olahraga seperti senam, yoga, dan olahraga-olahraga ringan atau berat sesuai dengan kemampuan anda. 


2. Lebih Banyak Minum Air Putih

Banyak minum air putih merupakan hal yang paling disarankan oleh para dokter. Minum air putih dapat menyehatkan pencernaan, dan juga akan bermanfaat untuk men-detoksifikasi atau mengeluarkan racun didalam tubuh. Mengingat musim hujan virus dan bakteri dapat berkembang lebih cepat, maka anda harus melakukan antisipasi untuk menjaga tubuh tetap sehat dengan cara memperbanyak minum air putih. 


3. Mencuci Tangan 

Mengingat penularan virus Influenza dapat melalui kontak fisik, maka sebaiknya anda harus rutin mencuci tangan sebagai upaya pencegahan npenularan virus. Anda dapat mencuci tangan dengan bersih dengan sabun anti kuman, dan siapkan Hand Sanitizer kemana saja sebagai upaya antiasipasi. 


4. Mengkonsumsi Makanan Kaya Nurtisi

Mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi akan meniungkatkan daya tahan tubuh, apalagi pada musim hujan seperti sekarang ini. Tubuh membutuhkan nutrisi seperti zat besi, asam folat, zinc, vitamin A, B6, C dan vitamin E, jika tubuh kekurangan nutrisi-nutrisi itu maka tubuh akan rentan sakit dikarenakan tubuh mengalami penurunan daya tahan. 

Untuk itu, cobalah mengkonsumsi berbagai jenis sayur dan buah-buahan, untuk dapat menjaga daya tahan tubuh dimusim hujan dan membuat tubuh anda tetap fit. 


5. Menggunakan Pakaian Yang Hangat

Menggunakan pakaian hangat seperti jaket, akan meminimalisir kedinginan yang dirasakan tubuh. Pakaian hangat juga akan mencegah masuk angin, karena cuaca dimusim hujan akan lebih dingin. 


6. Mengurangi Makan Diluar Rumah

Jika anda terbisasa mengkonsumsi makanan diluar rumah, sebaiknya anda dapat mengurangi atau bahkan memberhentikan kebiasaan ini selama musim hujan. Makanan diluar dikhawatirkan kurang sehat, walaupun tidak semua makanan diluar belum tentu tidak sehat. Lebih baik lagi jika anda melakukan  antisipasi dengan cara mulai makan dirumah yang terjamin kebersihannya. 


7. Menghindari Menyentuh Wajah

Seperti yang diketahui, tangan adalah organ tubuh yang rawan terkontaminasi dengan berbagai hal berbahaya seperti virus. Maka dari itu, cobalah untuk menghindari menyentuh wajah untuk menghindari infeksi. Seperti pada point 3, sebaiiknya jagalah tangan tetap besih dengan sering mencuci tangan pakai sabun anti kuman, dan tetap sediakan Hand Sanitizer kemana saja. 


8. Mandi Air Hangat

Jika anda terjebak hujan, mandilah air hangat ketika sudah berada dirumah. Mandi air hangat mampu menstabilkan suhu tubuh secara perlahan. Cara ini juga akan membantu menyingkirkan segala kuman, dan dapat melindungi tubuh dari infeksi. Selain mandi air hangat, anda juga dapat merendamkan kaki dengan air hangat. 


9. Menjaga Kebersihan

Pada musim hujan, banyak orang yang terhambat melakukan aktivitas dan terpaksa tidak keluar rumah. Bahkan para pekerja sekalipun akan melakukan pekerjaan dirumah atau Work From Home, walaupun sebagian lagi terpaksa harus datang ke kantor. 

Karena berada didalam rumah atau sebuah ruangan di kantor, maka kebanyakan orang menutup seluruh jendela untuk mencegah masuknya air dan dapat menjaga ruangan agar tetap hangat. Walaupun cara ini membuat nyaman, namun tidak menutup kemungkinan kuman tidak menyebar. Maka dari itu sebagai langkah antisipasi, sebaiknya jagalah kebersihan rumah atau lingkungan yang sedang ditempati. 


10. Mengkonsumsi Minuman Herbal

Munuman herbal dari bahan herbal seperti kencur, jahe, kayu manis, daun mint dan cengkeh dapat memberikan kehangatan serta dapat menjaga imunitas tubuh. 


Akhir kata, itulah 10 tips menjaga kesehatan tubuh dimusim hujan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan memberikan pengetahuan mengenai antisipasi sederhana bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh supaya tetap fit di musim hujan seperti saat ini. 

Iska Maulana Content Creator, Designer CAD 3D & Mechanical Engineering

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel