Iklan Atas Artikel

Pengertian Anchor Text, Peran Untuk SEO, dan Macam Macam Anchor Text

Pengertian Anchor Text, Peran Untuk SEO, Beserta Jenisnya

 

omiska.com - Hallo sobat blogger, pada saat kamu terjun ke dunia blogger pasti seringkan dengar istilah Anchor Teks?  penarsan gak apa sih pengertian Anchor Text? dan apa perannya untuk SEO? dan apa saja sih macam-macam Anchor Text itu?  Yuk simak artikel ini sampai selesai sob. 


Pengertian Anchor Text

Jadi gini aku jelasin ya sob, Anchor Text adalah satu atau beberapa kalimat dalam artikel yang mengandung link/tautan yang mengarakan pengunjung ke halaman yang ditarget. 

So, udah ada bayangan kan? 

Jadi contonya seperti ini " omiska ", Pasti sobat sudah sering dong ya melihat Anchor Text di blog maupun website orang lain?

 Jika sobat menganggap ini adalah sebuah Backlink, memang benar ini adalah backlink. Memang banyak orang yang sudah familiar dengan kata Bcaklink karena mungkin mudah diingat, dan sering mendengat kata backlink pada saat baru saja terjun ke dunia blogger. 


Apa peran Anchor Teks untuk SEO?

Anchor Text membawa dampak positif yang signifikan dalam mempengaruhi keberhasilan SEO dan peringkat sebuah blog / website didalam pencarian Google. Ini dikarenakan Google menggunakan Anchor Text sebagai sumber informasi mengenai website yang dituju. 

Untuk mengoptimasi SEO dengan mengandalkan Anchor Text ini juga tidak sembarangan, kamu harus membuat Anchor Text yang relevan, yang artinya isi tautan pada kalimat atau Anchor Text harus mengarah ke halaman yang terkait topik yang dibahas. 

Misalnya, kamu membuat artikel mengenai Investasi, maka kamu dapat membuat Anchor Text dengan tautan yang akan mengarahkan pengguna menuju halaman yang berkaitan dengan Investasi. Dengan begitu, Google maupun pengunjung pun akan senang membaca artikel / halaman yang diarahkan. 

Jika tidak relevan, maka bisa-bisa Google dan pengunjung akan menilai tautan yang diberikan tidak releban, dan akan menurunkan reputasi blog atau website. 


Macam-Macam Anchor Text

Anchor teks terbagi menjadi 8 macam, dengan fungsi yang berbeda-beda. Untuk melakukan optimasi SEO pada blog / website, kamu harus memahami jenis-jenis Anchor Text beserta fungsinya, sehingga kamu tidak salah menggunakan Anchor Text yang berpotensi akan menurunkan peringkat di halaman pencarian. Coba simak 8 jenis Anchor Text beserta fungsinya masing-masing dibawah ini : 

1. Generic Anchor Text

Generic Anchor Text biasanya digunakan untuk membuat kalimat Call to Action. Contohnya seperti "Download here" , "Klik disini", dan sejenisnya. 

2. Naked Anchor Text

Naked Anchor Text ini merupakan jenis Anchor Text yang mengarahkan pengunjung langsung menuju halaman Homepage yang dituju. Menurut para praktisi SEO, Anchor Text jenis ini memiliki dampak yang baik yang berguna untuk memperkuat Homepage sebuah website. Contohnya seperti ini "Omiska", "https://omiska.com" , "www.omiska.com" atau "omiska.com".

3. Branded Anchor Text

Branded Anchor Text merupakan jenis Anchor Text yang menggunakan nama brand atau nama blog / website untuk teksnya. Dengan menggunakan Anchor Text jenis ini, maka akan memberikan dampak positif yang akan memperkuat pondasi SEO, terutama untuk Homepage. Contoh Branded Anchor Text seperti : omiska , gadgetmiaw, dan lain sebagainya. 

4. Image Anchor Text

Anchor Text jenis ini dibuat menggunakan postingan yang berupa gambar, dan memberikannya tautan ke halaman yang dituju. 

5. Longtail Anchor Text

Longtail diistilahkan sebagai kata kunci turunan, jenis Anchor Text ini paling banyak digunakan di blog mapupun wesbsite. Kelebihan Anchor Text jenis ini dapat memperkuat keyword utama yang ditarget. Contoh Longtail Anchor Text seperti : Hp Bekas Murah sebagai kata kunci, kemudian ditulis dengan Hp Bekas Murah Terbaik, Hp Bekas Murah Bergaransi dan lain sejenisnya. 

6. LSI Anchor Text

LSI merupakan singkatan dari Latens Semantic Indexing yang merupakan keyword yang masih relevan atau memiliki keterkaitan yang kuat dengan keyword utama. Ini berbeda dengan yang lain, karena kamu diharuskan untuk menggunakan Tool untuk meriset Keyword, Anchor Text jenis ini juga memiliki dampak yang bagus untuk memperkuat Keyword utama yang telah ditarget. Contohnya seperti : Jika judul halaman adalah Laptop Terbaik, maka dapat ditulis dengan kata-kata yang berkaitan dengan Laptop, seperti Core i7, RAM 8 GB, Touchscreen dan lain sejenisnya. 

7. Hybrid Brand + Keyword Anchor Text

Ini merupakan jenis Anchor Text yang memadukan nama brand dengan Keyword yang ditargetkan. Anchor Text jenis ini termasuk aman untuk digunakan yang berguna untuk membangun profil Anchor Link. Contohnya seeperti : jasa pembuatan blog omiska, jasa backlink omiska dan lain sejenisnya. 

8. Partial Match Anchor Text 

Anchor Text jenis ini membuat kalimat seolah terdapat penjelasan lebih lanjut yang terkait dengan isi artikel (kalimat harus beserta kata kunci yang relevan). Misalnya : Kata kunci menggunakan "Cara pembuatan blog" , maka kalimat yang ditulis seperti "Pelajari selengkapnya cara pembuatan blog dengan mudah". 


Akhir kata, sekian penjelasan mengenai pengertian Anchor Text, Peran Anchor Text dalam SEO, serta macam macam Anchor Text. Smeoga artikel ini dapat bermanfaat khususnya untk teman-teman blogger pemula, sehingga mengetahui lebih jauh mengenai Anchor Text. 

Iska Maulana Content Creator, Designer CAD 3D & Mechanical Engineering

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel