Iklan Atas Artikel

Cara Menghilangkan Deskripsi Postingan (Snippet Post) Di Blog

 

Cara Menghilangkan Deskripsi Postingan (Snippet Post) Di Blog



omiska.com - Hello sobat blogger, pernah gak sih kamu kepikiran untuk menghapus cuplikan teks pada postingan atau lebih familiar dengan kata deskripsi postingan ? sebenarnya bahasa dalam dunia blogging itu adalah Snippet Post, yang terdiri dari beberapa kata dari isi artikel yang biasanya muncul pada halaman beranda blog. 

Bagi sebagian orang tidak mempermasalahkan adanya Snippet post yang tampil pada blog mereka, namun sebagiannya lagi masih ada yang kurang suka dan menganggap Snippet post itu suatu yang kurang enak dilihat. Biasanya orang seperti ini menyukai tampilan blog lebih sederhana saja (seperti saya). 

Nah untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial singkat bagaimana cara menghapus deskripsi postingan blog atau Snippet post dengan cara yang mudah. Namun saya akan mencontohkannya menggunakan template yang saya gunakan sekarang yaitu VioMagz, namun cara ini juga berlaku untuk template blog Linkmagz dimana kedua template tersebut dibuat oleh orang yang sama, yaitu suhu sugeng.id.

  • Pertama-tama, buka dulu Dashboard blogger kamu
  • Kemudian klik Theme kemuidan pilih Edit HTML
  • Ketika sudah masuk kedalam halaman pengeditan HTML, klik sembarang tempat lalu tekan CTRL + F untukk menu Find copy paste kode dibawah ini : 

<b:eval expr='snippet(data:post.longSnippet, {length: 80})'/>

  • Kemudian dimodifikasi dengan menambahkan "<!--kode-->" seperti dibawah ini : 

<!--<b:eval expr='snippet(data:post.longSnippet, {length: 80})'/>-->

  • Untuk lebih mudahnya, sobat bisa lihat contohnya pada gambar dibawah ini : 


Cara Menghilangkan Deskripsi Postingan (Snippet Post) Di Blog

  • Setelah memodifikasi kode diatas, tinggal save dan lihat hasilnya. 


 Note :

"length : 80" (kode warna biru) adalah jumlah karakter pada Snippet post, jadi setiap template memiliki jumlah karakter yang berbeda - beda.

Jadi jika tidak dapat menemukan kode seperti diatas, cobalah mencari penggalan kode seperti

<b:eval expr='snippet

lalu lakukan modifikasi seperti cara diatas.

Selain di modifikasi, kamu juga dapat menghapus kode tersebut. Namun lebih baik di modifikasi saja karena jika saat suatu saat ingin menampilkan Snippet post, kamu tinggal menghapus kode awalan dan akhiran seperti contoh diatas.


Baiklah, akhir kata itulah cara menghilangkan deskripsi postingan atau Snippet post ditemplate blog VioMagz yang juga berlaku pada template Linkmagz. Semoga artikel ini sedikit membantu, bagi teman-teman yang ingin membuat tampilan blog lebih simpel atau sederhana. Terimakasih telah berkunjung sob!

Iska Maulana Content Creator, Designer CAD 3D & Mechanical Engineering

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel