Iklan Atas Artikel

Tips Menjaga Hubungan LDR Agar Tetap Langgeng Dan Awet


Tips Menjaga Hubungan LDR Agar Tetap Langgeng

omiska.com - Hubungan LDR (Long Distance Relationship) adalah sebuah hububungan jarak jauh yang dijalani oleh sepasang kekasih. Ini bukanlah hubungan yang dijalani dengan mudah, faktanya banyak pasangan yang gagal dalam menjaga hubungan LDR. 

Para pasangan yang menjalani hubungan LDR kerap bertengkar, yang biasanya didasari dengan kecurigaan. Ini juga berawal dari pasangan yang tidak dapat menjaga komunikasi dengan baik lalu kemudian menimbulkan kecurigaan dan kesalah pahaman. Karena hal ini, ujung-ujungnya hubungan harus berakhir. 

Nah, bagi kalian yang akan atau sedang menjalani hubungan LDR, maka ada baiknya mengikuti tips menjaga hubungan LDR agar tetap langgeng dan awet berikut ini.

Tips Menjaga Hubungan LDR Agar Tetap Langgeng


1. Menjaga Komunikasi

Menjaga komunikasi adalah kunci penting untuk mempertahankan hubungan LDR supaya tetap langgeng dan awet. Ini dikarenakan komunikasi adalah cara satu-satunya untuk mempertemukan mereka yang sedang menjalani hubungan LDR. 

Ketika dipisahkan dengan jarak, maka pasangan LDR akan jarang bertemu. Untuk itu maka sebaiknya jagalah komunikasi dengan baik, dan jangan sampai hilang mendadak yang membuat pasanganmu dipenuhi dengan rasa curiga, yang  akan membuat perkara baru. 

Untuk menjaga komunikasi juga tidak perlu berlebihan, asal setiap hari kamu memiliki waktu untuk chating dan memberi kabar. 

2. Menjaga Komitmen

Menjaga komitmen ini adalah suatu hal yang gampang-gampang susah, tergantung seseorang yang menyikapinya. Ketika menjalani hubungan LDR, pastinya akan banyak godaan yang datang bisa dari mana saja. Hal ini disebabkan oleh rasa kesepian dan bosan karena merasa memiliki pasangan tapi masih merasa sendiri, tak heran banyak dari mereka yang memilih untuk mencari teman tapi mesra yang ujung-ujungnya mulai nyaman, dan berfikir untuk memilih mengakhiri hubungan LDR. 

Yang perlu diingat, kamu harus tetap menjaga komitmen dan usahakan menjauhi hal-hal yang demikian. Jangan karena memikirkan kesenangan sesaat, malah akan membuat hubungan hancur. 

3. Mencari Kesibukan Untuk Mengatasi Sepi

Tips Menjaga Hubungan LDR

Untuk mengatasi kesepian, dan untuk mencegah pikiran buruk disaat sedang sendiri, maka sebaiknya carilah kegiatan lain yang menyibukkan diri. Kamu bisa nonton streaming film, bermain game, baca komik digital, novel atau nongki bareng temen. 

4. Bersikap Dewasa

Sadar bahwa hubungan LDR itu tidak mudah untuk dijalani, maka kamu harus menjalaninya dengan sikap dewasa supaya hubungan tetap awet dan harmonis. 

Dalam hal ini jangan gengsi untuk menghubungi pasangan duluan, jangan gengsi untuk minta maaf untuk mengakhiri permasalahan, dan jangan dikit-dikit ngambek yang akan membuat pusing pasangan. 

5. Menguatkan Keyakinan Satu Sama Lain


Keyakinan adalah modal penting untuk menjalankan hubungan LDR supaya tetap langgeng dan harmonis. Untuk itu kamu dan pasanganmu harus bersikap tidak mencurigakan dan berfikir aneh-aneh selama dipisahkan oleh jarak. 

Buatlah pasangan yakin bahwa kamu tidak macam-macam, untuk itu tetap jaga komunikasi dan usahakan setiap hari berikan waktu untuk berkomunikasi dengan pasanganmu sekedar cerita-cerita singkat maupun curhat. 

6. Menghindari Pikiran Negatif

Tips Menjaga Hubungan LDR

Keseringan pasangan yang menjalani hubungan LDR kerap sekali di hantui dengan pikiran-pikiran negatif, seperti menduga-duga pasangan selingkuh, atau berbohong di waktu-waktu tertentu yang  kenyataanya tidak seperti yang dipikirkan. 

Pikiran negatif akan membuat akar pertengkaran, maka tak heran para pasangan LDR sering bertengkar karena sering menduga-duga bahwa pasangannya bermain-main dibelakangnya. 

7. Walau LDR Tetap Romantis

Walaupun  kamu sedang menjalani hubungan LDR, bukan berarti kamu dan pasanganmu tidak perlu bersikap romantis. Sikap romantis yang dimaksudkan bukan hanya sekedar memberi kejutan yang membuat pasangan takjub. 

Kamu dapat menunjukan rasa sayangmu hanya dengan kata-kata semangat, atau sekedar memberikan ruang pasanganmu bercerita dan memberikan solusi yang bijak. 

8. Saling Terbuka Dan Jujur

Saling terbuka dan jujur merupakan salah satu kunci sukses untuk menjalani hubungan LDR agar tetap awet dan langgeng. Dengan waktu komunikasi yang terbatas, maka sebaiknya kedua pasangan untuk jujur satu sama lain dan terbuka. 

9. Mengatasi Sikap Cemburuan 

Cemburuan adalah sifat alami yang akan dimiliki oleh manusia kepada orang yang disayang. Namun, lebih bijaknya lagi jika kamu dapat mengurangi sifat cemburuan. Jangan gengsi untuk mengatakan kecemburuan kepada pasangan, yang akan membuatmu menjadi menyebalkan. Jika cemburu ketika pasanganmu sedang bersama seseorang, maka katakan saja, pasti pasangan kamu akan memahaminya. 

Jangan sampai rasa cemburu hanya dipendam, ketika mendengar kabar jika pasanganmu sedang bersama orang yang kamu cemburuin, kamu malah bersikap menyebalkan dan enggan diajak berkomunikasi. Ini balik lagi ke point ke 8.

10. Membuat Jadwal Waktu Ketemu

Tips Menjaga Hubungan LDR

Kertemuan adlaha hal yang paling ditinggu-tunggu oleh para pejuang LDR. Untuk menjadwalkan ketemuan ini tidak bisa random, jadi kamu harus menyesuaikan waktu bersama pasanganmu juga. Jadwalkan waktu ketemuan disaat hari-hari tertentu pada saat kamu dan pasanganmu tidak sibuk. 

Kamu dapat menjadwalkan ketemuan sebulan 1 atau 2 kali yang dapat kamu sesuaikan dengan kesibukan masing-masing. Dalam hubungan LDR, ketemuan ini sangat penting untuk mengobati rasa rindu. Tak heran, para pejuang LDR akan terlihat lebih bahagia setelah bertemu dengan pasangannya, dan hubungan mereka akan lebih baik lagi. 


Nah, itulah beberapa tips menjaga hubungan LDR agar tetap langgeng dan awet. Hubungan LDR tidaklah mudah dijalani, namun mereka yang dapat memegang teguh komitmen dan bersikap dewasa, maka hubungan ini akan berlangsung harmonis dan langgeng. 
Iska Maulana Content Creator, Designer CAD 3D & Mechanical Engineering

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel