Iklan Atas Artikel

7 Sifat Yang Harus Di Ubah Sebelum Menikah

 

Sifat Yang Harus Di Ubah Sebelum Menikah

omiska.com - Menikah merupakan moment indah yang dinanti maupun pernah dirasakan oleh semua pasangan. Namun melihat dari luarnya saja kita sering melihat orang-orang yang sudah menikah terlihat bahagia tanpa ada masalah, dan mmebuat pernikahan itu terlalu indah untuk dibayangkan. 

Pernikahan memang merupakan moment yang indah, namun jika kamu dan pasanganmu tidak dapat menyikapi persoalan-persoalan setelah menikah, maka kata indah seolah menjadi "abu-abu".

Setiap orang memiliki sifat maupun karakter yang berbeda, jika sebelumnya anda memiliki sifat yang kurang baik, sebelum menikah sebaiknya mengubah sifat-sifat yang kurang baik yang ada didalam riri anda, untuk menciptakan hubungan keluarga yang harmonis. 

Berikut adalah 7 sifat yang harus diubah sebelum menikah, yang wajib anda ketahui : 


1. Egois

Egois merupakan sifat yang cenderung mementingkan diri, diatas kepentingan orang lain. Sifat ini mungkin dimiliki oleh semua orang, namun setiap orang memiliki "kadar keegoisan" nya masing-masing. 

Sifat egois, akan membuat seseorang merasa paling benar tanpa ingin mendengar pendapat orang lain apalagi mengenai penderitaan orang lain. Untuk menciptakan hubungan keluarga yang harmonis, sebaiknya kurangi bahkan hilangkan dulu sifat ini sebelum menikah. 

Cobalah untuk lebih menarruh empati kepada pasangan dan keluarga , baik itu keluarga sendiri maupun keluarga pasangan, karena menikah bukan hanya bicara mengenai 2 insan yang disatukan, juga menyatukan kedua pihak keluarga. 

Sebaiknya saling mengalah untuk menghindari adanya argumen yang menciptakan pertengkaran.


2. Emosional

Emosional adalah sifat dimana seseorang yang seirng mengalami suasana hati yang sering berubah yang cenderung sensitif, contohnya seperti cepat marah, kesal, menangis bahkan yang lebih parah lagi tidak mau mendengar nasihat orang lain. 

Untuk persiapan sebelum menikah, maka sifat ini dapat kamu ubah untuk dapat menciptakan keluarga yang harmonis setelah menikah. Jika ada masalah, jangan dihadapi menggunakan emosi dan menuruti nafsu untuk marah-marah.

Jika kamu ingin memiliki hubungan keluarga yang harmonis, maka sejak sekarang coba latih diri untuk mengendalikan emosi.


3. Suka Berbohong

Suka berbohong juga merupakan sifat yang wajib anda ubah sebelum menikah. Sifat suka berbohong ini biasanya ada pada orang-orang yang suka mengarang cerita pada saat nongkrong bersama teman, dengan menceritakan bahwa memiliki pengalaman, berbohong mengenai harta, dan lain sebagainya. 

Sebelum menikah sebaiknya sifat ini dihilangkan, untuk menghilangkannya tidaklah mudah jika sifat ini telah dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun anda dapat menghilangkan sifat buruk ini secara perlahan hingga lama-lama menghilang. 

Sifat suka berbohong akan membuat seseorang tidak tenang, karena ketika sekali berbohong maka ia akan menciptakan kebohongan yang lain untuk menutupi kebohohongan sebelumnya. Tentu sifat ini akan mempengaruhi kerharmonisan keluarga, jika sebuah kebohongan terungkap maka pasangan anda akan susah untuk mempercayai anda lagi. 


4. Kurang Menjaga Lisan 

Sifat yang ke empat adalah sifat dimana anda suka berbicara tanpa menjaga lisan. Gunakan lidah untuk mengucapkan kata-kata yang baik dan bermanfaat. Hindari kata-kata makian, atau kata-kata yang akan membuat pasanganmu sakit hati. 

Menjaga lisan bukan prihal kata-kata yang tidak enak didengar, anda juga dapat menjaga lisan dengan menghindari kegiatan bergosip atau mengumbar keburukan orang lain. Jika anda mudah mengumbar keburukan orang lain, maka hal ini juga sangat memungkinkan terjadi pasangan anda, yang artinya sewaktu-waktu anda juga dapat mengumbar keburukan pasangan, maupun keluarga dari pasangan anda. 


5. Boros

Boros merupakan sifat dimana seseorang suka menggunakan uang berlebihan. Sifat ini juga harus anda ubah sebelum menikah, untuk menciptakan hubungan keluarga yang harmonis dan dapat memperngaruhi kemakmuran keluarga. 

Dalam rumah tangga, seorang istri memiliki kuasa untuk mengelola keuangan keluarga. Namun, tidak ada salahnya juga jika suami selalu mengingatkan istri untuk tidak menggunakan uang secara berlebihan, dengan membelikan barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan. 

Sebelum menikah anda harus mengubah sifat boros ini, tujuannya supaya dapat membiasakan diri untuk dapat menghemat, dan dapat mengelola keuangan yang lebih bijak.


6. Pemalas / Mager

Sifat malas ini adalah sifat yang umum yang dimiliki oleh banyak orang, bahkan bagi seseorang yang terlihat rajin pun pernah merasakan malas. Namun dalam hal ini cobalah melatih diri untuk menhindari rasa malas supaya tidak terbiasa malas yang berujung jadi pemalas. Jika sudah menjadi pemalas maka susah untuk dipulihkan jika tidak memiliki keingingan yang kuat. 

Anda akan malas bekerja, malas mengerjakan pekerjaan rumah, dan malas melakukan sesuatu yang lain. Jika anda tidak dapat mengontrol rasa malas sebelum menikah, maka sifat ini akan terbawa hingga setelah menikah. Hal ini akan sulit membangun hubungan keluaga yang harmonis, jika yang satunya bekerja dan yang satunya lagi hanya malas-malasan, yang ujung-ujungnya membuat pasangan menjadi kesal. 


7. Mengeluh

Dalam kehidupan, pasti ada suatu hal yang akan membuat kita mengeluh. Misalnya kerjaan terlalu banyak, segala jenis musibah, mengeluh karena perekonomian keluarga yang begitu-begitu saja tidak mengalami peningkatan, dan mengeluh karena sebab-sebab yang lain. 

Cobalah belajar supaya tidak mudah mengeluh, lebih baik memperbanyak rasa syukur daripada mengeluh, karena bersyukur adalah cara ampuh untuk memiliki kehidupan yang lebih bahagia. Jika ada masalah cobalah ajak pasangan untuk mencari win-win solution, dan hadapi dengan kepala dingin. 

Supaya terbiasa, maka sebelum menikah cobalah menjadi seserorang yan lebih banyak memiliki rasa syukur daripada mengeluh. Kebiasaan ini akan terbawa hingga setelah menikah, denagn menghilangkan sifat ini maka anda dan pasangan anda akan lebih mudah membangun hubungan keluarga yang harmonis. 


Akhir kata, itulah beberapa sifat yang harus diubah sebelum menikah. Sebelum menikah harus memiliki persiapan yang matang, bukan hanya berbicara harta atau persiapan masa depan, anda juga harus menyiapkan diri dengan cara mengubah sifat-sifat yang kurang baik yang akan berdampak pada hubungan keluarga anda nantinya. 

Iska Maulana Content Creator, Designer CAD 3D & Mechanical Engineering

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel