Iklan Atas Artikel

7 Manfaat Membaca Novel Yang Jarang Disadari Oleh Banyak Orang

Manfaat Membaca Novel


omiska.com - Membaca Novel adalah suatu hal yang menyenangkan, yang dirasakan oleh orang-orang yang hobi membaca. Salah satu hal yang menyenangkan ketika membaca novel adalah, ketika memiliki waktu luang untuk membaca, yang akan membuat pembaca lebih mendalami isi bacaan atau berimajinasi, mengikuti alur cerita yang diangkat dalam tema novel yang dibaca. Dalam beberapa studi mengatakan, membaca novel memiliki manfaat dan keuntungan, seperti mengurangi stress, dan juga dapat menjaga kesehatan pikiran. 

Nah, untuk lebih lengkapnya berikut ini omiska.com akan membahas beberapa manfaat membaca novel yang jarang disadari oleh banyak orang. 


Manfaat Membaca Novel


1. Menguatkan Daya Berimajinasi

Secara umum, membaca tulisan yang berupa kisah/cerita akan membuat para pembaca berimajinasi dan mudah masuk kedalam alur cerita yang dibaca. Dengan berimajinasi, akan membuat pembaca menangkap suatu peristiwa, tokoh, perkiraan cerita pada halaman-halaman selanjutnya, dan juga dapat berimajinasi dengan tokoh yang digambarkan secara tulisan didalam Novel yang dibaca. 


2. Menguatkan Daya Ingat

Ketika membaca Novel, pembaca akan mengetahui peristiwa-peristiwa yang terkandung dalam Novel. Peristiwa yang terkandung dalam Novel bisa berupa peristiswa menarik, seperti peristiwa mengerikan, menyedihkan, hingga konyol. 

Karena didalam Novel terdapat peristiwa-peristiwa menarik, maka pembaca akan lebih mudah mengingatnya. Pada dasarnya, manusia lebih mudah mengingat dengan hal-hal yang menarik. Hal in akan merangsang daya ingat otak dan akan berdampak dalam kehidupan sehari-hari yang akan menguatkkan daya ingat. 


3. Mendapatkan Pelajaran Yang Berguna Untuk Kehidupan

Manfaat membaca Novel selanjutnya adalah,  pembaca akan mendapatkan pelajaran yang berharga yang dpaat diterapkan dlaam kehirupan sehari-hari. Novel mengandung bukan hanya mengandung cerita yang sekedar cerita, bahkan isi cerita didalam Novel juga memiliki banyak pelajaran yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya bagaimana cara berkeluarga yang baik, bagaimana sosok sahabat yang sesungguhnya, apa itu arti cinta sejati dan lain sebagainya. 


4. Meningkatkan Kosakata Bahasa

Jika kamu pernah membaca Novel, pasti kamu akan menemukan kata-kata yang tidak kamu pahami sebelumnya. Novel biasanya memiliki kandungan kosakata lebih banyak jika dibandingkan dengan buku-buku biasa. Ketika pembaca menemukan kata-kata yang mereka tidak ngeh, pasti ia akan mencari arti kata-kata yang menurutnya asing. Dengan begitu pembaca akan memahami makna dari kosakata tersebut dan tentu ini akan menambah kosakata bahasa yang akan melekat didalam otak. 

Sering membaca Novel, akan memmperkaya kosakata bahasa. Dengan begitu cara-mu berbicara akan terlihat lebih elegan dan cerdas. 

5. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Lebih Kuat

Ketika seseorang membaca Novel yang bertema misteri yang cukup dahsyat, dan didalamnya juga menceritakan bagaimana cara memecahkan sebuah misteri, ini akan mengajak pembaca untuk berpikir kritis, berimajinasi dan merangsang tingkat analisis untuk memecahkan misteri tersebut. Ini adalah salah satu manfaat membaca Novel yang paling menarik, maka tak heran rata-rata orang yang suka membaca Novel memiliki cara berfikir yang lebih luas. 


6. Menemukan Bahasa Baru

Dalam Novel biasanya juga menceritakan tempat dimana cerita Novel itu diangkat, mengetahui bagaimana kehidupan sehari-hari disana, tak terkecuali bahasa yang digunakan dalam tempat tersebut. 

Setiap daerah memiliki bahasa dan logat yang berbeda-beda, dengan begitu ketika kamu membaca Novel, maka kamu juga akan menemukan kata-kata baru yang unik, logat,  dan juga bahasa yang dianggap "nyentrik" dari tempat yang diceritakan didalam Novel tersebut.


7. Meningkatkan Stimulan Mental

Membaca Novel dengan cerita yang panjang, akan membawa pembaca untuk meningkatkan daya mental dan rangsangan otak, dan juga dapat memperlambat dalam pencegahan penyakit. Membaca Novel akan membuat otak berfikir lebih aktif dan kritis. Jadi sederhananya, membaca Novel sama dengan memecahkan teka-teki, ini disebabkan otak akan bekerja untuk berfikir lebih aktif dan kritis untuk menemukan jawaban-jawaban dalam cerita yang terkandung. 


Akhir kata, itulah beberapa manfaat membaca Novel yang jarang disadari oleh banyak orang. Semoga artikel ini bermanfaat, menambah wawasan, dan juga akan menjadikan motivasi untuk suka membaca karena membaca adalah salah satu kegitaan yang baik untuk kesehatan otak. 

Iska Maulana Content Creator, Designer CAD 3D & Mechanical Engineering

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel