Iklan Atas Artikel

8 Hal Yang Perlu Di Persiapkan Sebelum Mendaki Gunung

 

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mendaki Gunung

omiska.com - Sekarang ini kegiatan mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan yang paling disukai oleh banyak orang. Kali ini tak hanya dilakukan oleh komunitas pecinta alam saja, bahkan kegiatan yang mendadak menjadi salah satu kegiatan favorit ini sudah dilakukan oleh muda-mudi pada umumnya, mahasiswa bahkan pelajar. 

Satu diantara sekelompok pendaki, pastinya ada seorang yang mengerti dan berpengalaman untuk memandu teman-teman yang lain. Nah, bagaimana jika tidak memiliki pemandu? pastinya akan bingung mengenai persiapan sebelum hari H untuk mendaki gunung yang dituju. 

Nah, maka dari itu pada kesempatan kali ini omiska.com akan memberikan beberapa tips mengenai beberapa yang harus di persiapkan sebelum mendaki gunung untuk pemula. Check it out !!


1. Menentukan Lokasi dan Jalur Mendaki

Tidak semua jalur mendaki diciptakan sama, dalam artian ada jalur yang mudah hingga jalan yang susah untuk dilewati. Maka dari itu, sebelum melakukan pendakian sebaiknya tentukan dulu gunung yang akan dituju, sebelum itu kamu juga harus mengetahui bagaimana jalur untuk mendaki gunung dengan bertanya kepada teman-teman yang memiliki pengalaman, atau melihat informasi lain dari sosial media maupun youtube mengenai perjalanan menuju gunung yang akan kamu tuju. Sebaiknya, pilihlah gunung yang jalur pendakian itu sesuai dengan kemampuan. 


2. Melihat Keadaan Cuaca

Sebelum mendaki gunung, sebaiknya perhatikan dulu cuaca pada hari pendakian. Kamu juga dapat melihat prediksi cuaca pada widget smartphone maupun internet, atau kamu juga dapat menanyakan kepada penjaga pos pendakian atau pengawas lokasi yang akan dituju. 

Dengan informasi cuaca, kamu dan teman-temanmu dapat mempertimbangkan kembali. Jika tidak memungkinkan maka sebaiknya tak perlu dipaksakan, kamu dapat mengatur hari lain untuk melakukan pendakian. 


3. Memberitahu Keluarga Sebelum Mendaki Gunung

Sebelum hari H, sebaiknya beritahu keluargamu jika kamu dan teman-temanmu akan mendaki gunung , dan beritahu juga informasi gunuung mana yang akan dituju. Jelaskan rincian perjalanan menuju kesana, ini bertujuan untuk membuat mereka tidak khawatir dan setidaknya mereka mengetahui lokasi gunung yang akan kamu daki yang juga bermanfaat jika kamu kenapa-kenapa. 


4. Melatih Otot Kaki 

Mendaki gunung memerlukan badan yang sehat, terutama kaki karena melakukan banyak gerakan untuk mendaki. Maka dari itu sebelum mendaki gunung sebaiknya cobalah untuk melatih otot kaki.

Melatih otot kaki dapat kamu lakukan dengan joging dipagi hari maupun sore, dan lakukan ini rutin selama seminggu sebelum hari pendakian. Ini bertujuan untuk melatih otot kaki agar tidak kaget/terkejut selama mendaki gunung karena trek yang akan dilalui tidaklah mudah.


5. Melatih Keseimbangan

Selain melatih otot kaki dengan melakukan lari pagi atau sore, kamu juga harus melatih keseimbangan. Melatih keseimbangan dapat kamu lakukan dengan senam-senam kecil seeprti berdiri beberapa sata dengan menggunakan satu kaki, yang dapat kamu lakukan rutin pada pagi dna sore hari. Ini bertujuann supaya tubuh kamu dapat selalu seimbang selama kegiatan mendaki gunung, karena trek yang akan dilalui tidaklah mudah. 


6. Mem-persiapkan Perlengkapan Yang Harus Dibawa

Selain persiapan fisik, kamu juga harus memperrsiapkan peralatan yang harus dibawa sebelum mendaki gunung. Persiapan yang harus dibawa harus lengkap, seperti jaket, sarung tangan, penutup kepala, kaos kaki, sepatu, matras, slepping bag, tenda (2 layer karena lebih tahan badai), senter, tongkat (untuk meringankan beban tubuh) peralatan masak, dan kamera aksi (jika perlu). Jika kamu membawa peralatan yang lengkap, maka kamu akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan pada saat mendaki. 


7. Makanan dan Minuman Yang Harus Dibawa

Makanan dan minuman adalah salah satu hal yang penting yang harus kamu bawa saat mendaki gunung. Mengingat disana kamu akan mengalami kesulitan untuk mencari makanan maupun minuman, maka kamu harus mebawanya dari rumah. Makanan yang wajib kamu bawa adalah roti. air putih 2 botol 1,5 liter, nasi dan lauk jika perlu, mi instant, snack-snack, dan jangan lupa kopi (anak indie pasti gak bakal lupa yang satu ini).

8. Membawa Barang Yang Diperlukan Lainnya

Untuk antisipasi untuk menghadapi apapun yang tidak diduga-duga, sebaiknya saat mendaki gunung membawa peralatan-peralatan lainnya seperti :
  • Kotak P3K
  • Filter air
  • Pisau sebaguna
  • Tali nilon
  • Lotion anti serangka dan tabir surya
  • Kacamata hitam
  • Senter
  • Korek api (mancis)
  • Ponsel (jika perlu)
  • Kompas
Nah, itulah beberapa hal yang perlu di persiapkan sebelum mendaki gunung. Semoga artikel ini bermanfaat dan akan menambah wawasan kamu, sebelum kamu mendaki gunung khususnya bagi pemula. 
Maria Agustina Writer & Accountant

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel