Iklan Atas Artikel

8 Jawaban Fasilitas Yang Diharapkan Oleh Karyawan Saat Wawancara

 

Jawaban Fasilitas Yang Diharapkan Oleh Karyawan Selain Gaji

omiska.com - Pada saat wawancara kerja, pasti akan banyak pertanyaan-pertanyaan tentang pribadi maupun seputar pekerjaan. Selain itu, biasanya ada sesi dimana pewawancara memberikan pertanyaan seperti "Fasilitas apa yang kamu harapkan selain gaji, jika kamu diberikan kesempatan untuk bekerja disini?"

Setiap perusahaan memiliki fasilitas-fasilitas yang memilki standarisasi yang berbeda-beda, namun tidak salah juga jika kamu mengutarakan masukan atau keinginan seputar fasilitas yang diharapkan selain gaji.

Nah, supaya ada bayangan sebelum melakukan wawancara, sebaiknya simak dulu beberapa fasilitas yang diharapkan oleh karyawan, yang dapat kamu tanyakan pada saat wawancara kerja. 


1. Gaji Pokok dan Tunjangan

Gaji pokok dan tunjangan merupakan pertanyaan utama pada saat pewawancara memberikan kesempatan mengetahui fasilitas apa yang kamu inginkan. Kamu dapat menanyakan berapa kamu akan digaji sebulan, beserta tnjangan apa saja yang akan diberikan oleh perusahaan. 

2. Tunjangan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan

Biasanya perusahaan harus mendaftakan para karyawannya di BPJS kesehatan dan Ketenagakerjaan. Namun hal ini tidak mewajibkan ke semuua perusahaan, bahkan biasanya perusahaan kecil hanya sanggup mendaftarkan karyawannya salah satu dari 2 program BPJS ini. 

Tunjangan BPJS Kesehatan dan Ketenaga kerjaan akan kamu dapatkan setelah melalui masa OJT. Tunjangan Program BPJS ini sangat berguna dan menguntungkan untuk karyawan, dengan memebrikan jaminan kecelakaan saat kerja, jaminan kesehatan, kematian dan jaminan hari tua. 

3. Transport dan Uang Makan

Jika kamu bekerja pada posisi berkerja dilapangan, maka hal ini juga penting untuk kamu tanyakan pada saat wawancara. Kamu dapat menanyakan seputar tunjangan trasnport dan uang makan, sehingga tidak mengurangi gaji pokok yang telah ditentukan. Jadi kamu jangan sungkan menanyakan hal ini. 

4. Tunjangan Saat Lembur

Selain gaji tunjangan lembur juga dapat kamu tanyakan sata sesi wawancara disaat pewawancara menanyakan seputar fasilitas yang diinginkan. Jika perusahaan tidak memberikan tunjangan lembur, maka jangan pernah mau bekerja melebihi jam kerja yang telah ditentukan.

Biasanya perusahaan memiliki perhitungan sendiri yang diberikan dari tunjangan lebur, dan perusahaan harus membayar tunjangan sesuai dengan kesepakatan pertama. FYI, tak hanya karyawan tetap, karyawan OJT juga seharusnya ada tunjangan lembur ketika bekerja melebihi jam kerja. 

5. Fasilitas Tempat Tinggal

Fasilitas yang diharapkan selain gaji yang satu ini, mungkin dapat menjadi pertimbangan apalagi jika kamu melamar pada perushaaan yang membuka cabang baru. Ketika perusahaan membuka cabang baru didaerah lain, perusahaan juga membutuhkan karyawan dari kota-kota besar yang jauh dari cabang, untuk menjamin produktivitas. Dengan begitu, fasilitas tempat tinggal ini dapat menjadi pertimbangan untuk kamu tanyakan pada saat wawancara. 

6. Ruang Kerja

Jika kamu melalam pekerjaan dengan memilih posisi di kantor, maka kamu juga dapat menanyakan tata ruang kerja. Seperti yang telah kita ketahui, trend ruang kerja dikantoran sudah berubah daro bentuk cubicable yang akan membuat laryawan cepat jenuh, beralih ke tata ruang kantor yang terbuka atau disebut dengan Open Space Offfice. 

Sebenarnya ruang kerja juga harus diperhatikan oleh perusahaan, karena dengan ruang kerja yang nyaman akan menjamin produktivitas, dan membuar para karyawan kantor tidak jenuh dan gampang stress. Dengan tata ruang Open Space Office ini juga akan memudahkan karyawan beriteraksi dengan karyawan lainnya, disaat ada keperluan-keperluan penting. Ini akan membuat suasana kantor cair, dan membuat para karyawan lebih semangat untuk bekerja. 

7. Tunjangan Perjalanan

Percaya atau tidak, tunjangan perjalanan merupakan salah satu aspek penting dalam dunia kerja dijaman sekarang, banyak karyawan mengharapkan fasilitas ini ketika ingin melamar kerja di suatu pekerjaan. Karyawan juga mengingkan fasiltas perjalanan seperti biaya untuk kamar hotel, taksi, tiket pesawat, dan banyak lagi ketika melakukan perjalanan untuk bisnis. 

8. Jadwal Kerja yang Fleksibel

Sudah banyak perusahaan telah menggunakan sistem jam kerja yang fleksibel, biasanya kebijakan ini diterapkan oleh perusahaan media, konsultan, dan kreatif. Dengan memebrikan kebijakan berupa jadwal kerja yang fleksibel, akan memudahkan karyawan untuk memaksimal waktu yang dimiliki. 

Dengan jadwal kerja yang fleksibel ini, karyawan tak perlu datang ke kantor seuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Jadi, karyawan dapat masuk kekantor pada pukul 10 misalnya, dan langsung bekerja selama 8 jam sehari. Dengan kebijakan jadwal kerja yang fleksibel ini, akan memudahkan karyawan untuk mengatur waktunya untuk kegiatan-kegiatan lain, misalnya ngantar anak-anak ke sekolah, melakukan pekerjaan rumah dan kegiatan-kegiatan lainnya. 

Jadi, selain menguntungkan untuk karyawan, jadwal kerja yang fleksibel ini juga akan menguntungkan untuk perusahaan dan dipercaya dapat meminimalisir kebolosan.


Nah, itulah beberapa pertanyaan-pertanyaan, yang dapat kamu ucapkan ketika ditanya mengenai fasilitas yang diharapkan ketika sedang melakukan wawancara. Semoga artikle ini bermanfaat, dan dapat memberikan bayangan sebelum kamu melakukan sesi wawancara. 
Iska Maulana Content Creator, Designer CAD 3D & Mechanical Engineering

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel