Iklan Atas Artikel

10 Cara Mengatasi Minder Dalam Pergaulan Dengan Jitu

 

Cara Mengatasi Minder Dalam Pergaulan Dengan Jitu

omiska.com - Menjadi orang yang memiliki percaya diri yang tinggi tentu sangat diinginkan oleh banyak orang. Ketika percaya diri, seseorang akan mudah dalam bergaul, bekerja, membuat video-video konten untuk dibagikan ke sosial media, tidak takut berbicara didepan umum dan banyak manfaat lainnya. 

Namun, banyak juga orang-orang yang tidak memiliki percaya diri dan minder, khususnya dalam pergaulan. Nah, daripada banyak basa-basi lagi nih, yuk baca terus artikel ini yang memberikan kamu tips / cara mengatasi minder dalam pergaulan dengan cara yang jitu. Check it out !

1. Berusaha Berfikir Positif

Seseorang yang minder biasanya selalu dihantui oleh pikiran-pikiran negatif. Selain itu berfikir negatif akan memberikan dampak serta sumber penyakit, khususnya pada psikologis seseorang. 

Berfikiran negatif dalam hal ini seperti meyakini bahwa orang-orang tidak ingin menerima kamu masuk ke dalam circle lingkungan, yang membuat kamu malas untuk bergaul. Maka dari itu, cobalah berfikir positif dan optimis, cobalah bergaul dengan orang-orang, jika kamu tidak menyebalkan kemungkinan besar kamu akan diterima dilingkungan mereka. 

2. Ketahui Penyebab Minder

Sebuah permasalahan pasti memiliki akarnya, jadi dalam hal ini kamu harus mengetahui dulu sebab-sebab yang membuatmu minder dalam pergaulan. 

Nah, ketika kamu mengetahui penyebab kenapa kamu minder karena kekurangan, barulah menggali potensi dalam diri yang dapat menutupi kekuranganmu.

3. Mengembangkan Potensi Diri

Setiap orang memiliki potensi diri atau kelebihannya masing-masing, hanya saja mereka tidak mengenali atau bahkan enggan mengembangkannya. Setiap orang memiliki kekurangan, namun karena memiliki kelebihan kekurangan yang nampak akan tertutupi oleh kelebihannya.

Ini artinya, kamu dapat mengenali potensi diri atau kelebihan yang ada didalam diri. Kemudian mengasahnya hingga menjadikanmu memiliki sesuatu yang spesial. Dengan memiliki sesuatu yang spesial itu, maka kamu akan disenangi oleh banyak orang, yang perlahan akan membuatmu lebih percaya diri. 

4. Memperluas Wawasan

Memperluas wawasan juga dapat mengatasi rasa minder. Orang sangat sedang dengan mereka yang memiliki wawasan luas, karena apapun pembicaraannya mudah nyambung dan dapat ikut berdiskusi. Maka dari itu, cobalah untuk memperluas wawasanmu untuk membantu mengatasi rasa minder.

Banyak cara untuk memperluas wawasan, dengan membaca berita, mendatangi seminar, menonton film-film dokumenter atau menonton video-video menarik yang akan membuat pikiranmu lebih terbuka.

Apalagi dijaman canggih seperti ini sangat mudah bagi orang-orang untuk menambah wawasan dan menggali informasi, baik itu drai majalan online, youtube dan lain sebagainya. 

5. Memperbaiki Penampilan

Cara Mengatasi Minder Dalam Pergaulan Dengan Jitu


Memperbaiki penampilan juga dapat mengatasi rasa minder dan meningkatkan percaya diri. Walaupun ada pepatah "Jangan menilai buku dari covernya" bukan berarti penampilan itu tidak penting ya sob. 

Kamu tidak perlu berpenampilan menarik dengan memakai pakaian atau sepatu yuang branded, cukup memakai pakaian sederhana namun rapi. Parfum yang tepat juga dapat meningkatkan kepercayaan diri, dan dapat mengatasi rasa inder dalam pergaulan. 

6. Rajin Berinteraksi Dengan Satu Sama Lain

Dalam pergaulan, kamu juga harus dapat berinteraksi dengan satu sama lain. Mungkin sekedar sapaan atau basa-basi, memberikan mereka ruang untuk sekedar curhat, dan tunjukan kepada mereka bahwa kamu memiliki empati yang tinggi. 

Kamu juga dapat sering-sering berinteraksi dengan orang percaya diri, percaya atau tidak ternyata percaya diri seseorang itu bisa nular, maka dari itu jangan sungkan untuk berinteraksi seperti membuka ruang diskusi, dan kamu dapat melihat bagaimana cara mereka berfikir, cara memberikan pendapat yang baik dan menarik dan sebagainya. 

7. Jangan Malas Mencoba Hal Baru

Mencoba hal baru juga dapat mengatasi minder, pasalnya seseorang yang mencoba hal baru mereka akan menambahkan wawasan maupun skill yang menjadi daya tarik orang-orang untuk ingin bergaul kepadamu. Misalnya, kamu dapat mencoba untuk mendaki gunung, fotografi, belajar bahasa asing dan lain sebagianya. 

Ini akan membuat kamu berbeda dari yang lain, memiliki pandangan dan wawasan yang luas. Ini akan membuatmu disenangi oleh banyak orang, dengan begitu sedikit demi sedikit rasa percaya diri akan tumbuh hingga menghilangkan rasa minder didalam pergaulan. 

8. Suka Membantu Sesama

Orang yang suka membantu orang lain maka akan banyak disenagi oleh banyak orang, ini dikarenakan kamu merupakan orang yang memiliki empati dan membuat mereka nyaman untuk berteman denganmu. 

Cobalah untuk ringan tangan dan cobalah menjadi orang yang berguna dengan sering membantu orang lain dalam kesulitan. Namun bantulah mereka dengan ikhlas, jangan berharap imbalan pujian atau bahkan bayaran. Jika kamu suka membantu sesama, maka orang-orang akan senang kepada kamu dan menerima kamu di lingkungannya dengan senang hati. 

9. Murah Senyum

Percaya atau tidak, senyum akan memberikanmu energi positif. Dengan murah senyum akan membuat kamu lebih tenang, dan dapat menngurangi rasa gugup. Orang-orang juga akan lebih senang berinteraksi dengan kamu karena kamu dianggap orang yang ramah, dan friendly

10. Rutin Berolahraga

Cara Mengatasi Minder Dalam Pergaulan Dengan Jitu


Selain menyehatkan tubuh, olahraga juga sangat baik buat psikologis seseorang. Dengan rutin berolahraga akan membuat jiwa lebih fresh dan sehat. Dengan berolahraga rutin juga akan dapat membuang pikiran negatif dan kejenuhan, dengan begitu kamu dapat memenuhi pikiran positif yang akan menumbuhkan kepercayaan diri. 


Nah, itulah beberapa tips sederhana cara mengatasi minder dalam pergaulan dengan jitu. Banyak hal yang membuat orang menjadi minder, ini disebabkan oleh adanya kekurangan dan tidak terbiasa untuk bergaul, atau susah menerima orang lain untuk bergaul denganmu. Jika kamu memiliki kekurangan, galilah potensi diri lalu kembangkan, jadikan dirimu menjadi seseorang yang spesial. Dengan begitu, ini akan membuat kamu lebih percaya diri dalam pergaulan dan mudah berinteraksi dan bergaul dengan siapapu. Kamu juga akan mudah diterima dengan masyarakat jika kamu memiliki empati yang tinggi, yang membuat mereka nyaman denganmu. 

Iska Maulana Content Creator, Designer CAD 3D & Mechanical Engineering

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel