Iklan Atas Artikel

8 Ide Bisnis Yang Cocok Untuk Pelajar Dan Mahasiswa

Ide Bisnis Yang Cocok Untuk Pelajar Dan Mahasiswa

omiska.com - Dijaman sekarang untuk memulai bisnis sangatlah mudah, ini dikarenakan teknologi yang berupa internet yang akan memudahkan kita untuk menjalankan bisnis secara online. Berbisnis secara online, memungkinkan para pelaku usaha dapat memasarkan produk mereka lebih meluas, baik itu dipasarkan keseluruh penjuru negeri maupun secara global. 

Sadar atau tidak, ternyata pelaku usaha dijaman sekarang sudah merambat diberbagai kalangan. Tidak lagi pada mereka yang sudah tua, bahkan pelaku usaha juga sudah dilakukan oleh kalangan pelajar dan mahasiswa. 

Kamu seorang pelajar atau mahasiwa yang ingin memulai bisnis, apakah alasan kamu ingin ikut bebisnis sedangkan kamu sedang menuntut ilmu? Apakah ingin membantu orang tua? ingin memiliki penhasilan dengan keringat sendiri? atau ingin memupuk bekal menjadi pebisnis muda setelah lulus? 

Apapun alasannya kamu adalah salah satu orang yang luar biasa, disaat semua anak-anak seusia kamu hanya memikirkan bermain diluar jam studi, kamu malah ingin mencoba berbisnis supaya waktu yang terbuang tidak sia-sia. 

Nah, bagi kamu seorang pelajar atau mahasiswa yang ingin berbisnis dna bingung mau mulai dari bisnis apa, berikut omiska.com akan memberikan beberapa ide bisnis yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa yang harus kamu coba. Check it out !!


1. Bisnis Pulsa Elektrik

Banyak pelajar maupun mahasiswa mencoba peruntungan dengan berbisnis pulsa elektrik, ini menjadi pilihan yang menarik karena tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulai sebuah bisnis. Bisnis pulsa elektrik sering diremehkan, padahal jika dijalani dengan sungguh-sungguh dan tekun maka akan mendapat keuntungan yang besar. 

Prospek bisnis pulsa elektrik juga cukup bagus, mengingat banyak orang yang membutuhkan pulsa disetiap harinya. Tak hanya menjual pulsa elektrik, kamu juga dapat menjual voucher dan aksesoris smartphone untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak disetiap bulannya. 

Namun perlu diketahui, bisnis pulsa elektrik ini memiliki rintangan yang unik. Yang biasnaya membuat pelaku usaha pulsa elektrik ketika kerabat dekat atau keluarga yang berhutang pulsa, dan susah untuk dibayar. 

2. Menjadi Reseller

Menjadi Reseller juga salah satu bisnis yang paling banyak ditekuni oleh pelajar maupun mahasiwa. Reseller mengacu kepada kegiatan menjual kembali sebuah produk dari Supplier-nya. Sederhananya, kamu membeli barang dari Supplier dengan harga yang ditentukan, setelah itu kamu menjual kembali harga tersebut dengan harga versi kamu sendiri. 

Untuk menjadi Reseller, kamu membutuhkan modal yang lumayan besar untuk menyetok produk. Dengan begitu jika ingin menekuni menjadi Reseller, maka kamu harus menyiapkan dulu modalnya, baik itu meminta meminjam kepad orangtua maupun memilih untuk menabung dulu. 

Untuk memasarkan produk, kamu dapat memanfaatkan media sosial, situs E-Commerce maupun door-to-door

3. Menjadi Dropshiper

Beda dengan Reseller, Dropshiper tidak mengharuskanmu untuk menyetok produk. Tugas seorang Drophiper hanya memasarkan produk dari Supplier-nya saja. Jadi ketika ada seseorang yang  tertarik, kemudian melakukan transaksi untuk membeli produk yang kamu pasarkan, maka pihak Supplier akan mengirimkan barang tersebut kepada pembeli. 

Nah, bagi kamu yang modalnya minim coba dulu deh berbisnis sebagai Dropshiper, lagi pula menjadi Dropshiper memiliki resiko yang rendah karena kamu tak perlu modal untuk menyetok barang. 

4. Menjadi Blogger

Kamu seorang yang hobi nulis? mungkin menjadi seorang blogger dapat menjadi salah satu opsi untuk memulai bisnis. Profesi menjadi blogger merupakan hal yang menarik, pasalnya mereka hanya menulis lalu mereka mendapatkan bayaran. Bagi yang tidak memiliki hobi menulis, maka profesi ini akan terasa membosankan. 

Untuk menjadi blogger, kamu dapat memulai dengan membuat blog sendiri. Lebih baik lagi jika blog kamu menggunakan domain TLD (Top Level Domain) yang akan membuat blog-mu terlihat lebih profesional dan mudah mendapatkan pengunjung. Setelah itu kamu cukup rajin menulis, sesuai dengan niche (pembahsan) yang ingin kamu angkat. Setelah beberapa bulan menulis, dan melihat blog kamu telah menuai banyak pengunjung, maka kamu dapat mendaftarkan blog mu ke Google AdSense supaya kamu mendapat bayaran. 

Jika kamu menganggap mengelola blog sendiri itu ribet, kamu juga dappat mencoba menulis di situs-situs yang menyediakan kesempatan untuk penulis lain atau sering disebut dengan Guest Post. Ini memungkinkanmu dibayar tergantung dari berapa banyak yang membuka artikel yang kamu posting disana. 

5. Membuka Jasa Event organizer

Kamu berbakat atau memiliki pengalaman dalam mengelola sebuah acara? mungkin membuka jasa event organizer sangat cocok buat kamu coba. Kamu dapat menawarkan jasa event organizer ini untuk acara-acara kecil, seperti acara seminar, acara ulang tahun, acara kantor, wedding dan lain sebagainya. 

Dalam mengelola sebuah acara, tentu kamu membutuhkan tim yang solid untuk mensukseskan acara yang dikelola. 

6. Membuka Jasa Les Privat

Kamu pintar dalam pelajaran umum? atau pintar dalam pelajaran kejuruan? mungkin membukan jasa les privat adalah sebuah opsi yang menarik. 

Misalnya kamu dapat menguasai pelajaran bahasa inggris, matematika, atau pelajaran kejuruan seperti multimedia, ilmu informatika dan lain sebagainya, kamu sudah cukup modal untuk memulai membuka jasa les privat. 

Tarif les privat ini beragam, dimulai dari Rp. 50.000 hingga Rp. 150.000 setiap sekali pertemuan. Namun, jika kamu dan rumah peserta les memiliki jarak yang cukup jauh, kamu dapat menaikkan harga sedikit untuk membantu biaya transportasi. 

Karena kamu seorang pelajar dan mahasiswa, kamu dapat menggunakan waktu senggang seperti sore atau hari libur untuk mengajar. Jika profesi sebagai guru les privat ini kamu jalani dengan sungguh-sungguh, maka tidak menutup kemungkinan setiap bulannya kamu mendapatkan penghasilan seperti gaji PNS. 

7. Menjual Makanan Ringan

Jika kamu memiliki bakat memasak, atau memiliki partner yang jago masak mungkin menjual makanan ringan merupakan bisnis yang cocok untuk masuk kedalam daftar pilihan. Kamu dapat memulai dengan mencoba membuat makanan ringan seperti kripik dengan varian rasa, kue basah, kue kering dan makanan ringan lainnya. 

Bisnis ini memiliki prospek yang bagus, mengingat kamu adalah seorang pelajar dan mahasiswa yang berada disebuah lingkungan yang ramai. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menjajakan makanan ringan kamu pada pelajar mahasiswa yang lain.

Atau kamu juga dapat memasarkannya melalui internet, baik itu memanfaatkan sosial media, situs E-Commerce atau membuka toko online sendiri. Namun, kamu harus membuat sebuah produk yang meyakinkan, dengan membuat label sendiri, serta kemasan yang akan menjadi daya tarik. 

8. Menjual Bakat Di Internet 

Jika kamu memiliki bakat khusus, sebaiknya mencoba menjual bakat kamu di internet. Misalnya seperti mendesain, programing, menerjemahkan bahasa asing, data entry dan lain sebagainya. Dengan internet, kamu akan lebih mudah menawarkan jasa untuk menggunakan kehlian kamu. 

Untuk memulainya, kamu dapat menawarkan keahlian kamu di situs-situs terpercaya seperti Fiver, Freelancer, UpWork, Project.co.id dan banyak lagi. 

Dengan mendaftarkan diri dan menampilkan keahlian di profil, maka setiap kali ada klien yang memerlukan jasa sesuai dengan keahlianmu, kamu akan diberitahu lewat notifikasi situs atau aplikasi yang disediakan atau melalui email. 

Namun, kamu akan berhadapan dengan banyak kompetitor yang jago-jago. Maka dari itu cobalah terus mengasah keahlian / bakatmu untuk memberikan hasil yang terbaik untuk klien. Jika kamu berhasil mengerjakan sesuatu dari salah satu klien, maka kamu akan dibayar dengan nominal yang besar dengan mata uang Dollar. Menarik bukan? 


Akhir kata, itulah beberapa ide bisnis yang cocok untuk pelajar maupun mahasiswa. Sebenarnya bisnis apa aja bagus, asalkan yakin, tekun dan gigih akan membuat bisnismu cepat berkembang. 
Iska Maulana Content Creator, Designer CAD 3D & Mechanical Engineering

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel