Iklan Atas Artikel

6 Tips Memulai Usaha Digital Printing Untuk Pemula

 

Tips Memulai Usaha Digital Printing Untuk Pemula

omiska.com - Hello guys ! kembali lagi disini bersama saya admin omiska.com. Semoga anda semua dalam keadaan sehat dan juga dimudahkan segala urusannya. Baiklah dalam kesempatan ini kita akan membahas tips memilai usaha digital printing untuk pemula. Sebelum mengetahui tips memulai usaha digital printing, maka ada baiknya mengetahui dulu apa itu digital printing. 

Apa Itu Digital Printing? 

Mendengar kata "Digital" pastinya banyak orang awam berfikir itu suatu hal yang berkaitan dengan teknologi. Digital Printing adalah sebuah metode dalam percetakan yang menggunakan teknologi modern, yang menggunakan teknik digital sebagai media transfer antara bahan (materi) ke media cetak. Untuk lebih mudah dipahami, digital printing adalah mencetak dengan menggunakan mesin printer modern yang sering kita lihat dipasaran. 


Apa Saja Sih Contoh Produk Digital Printing?

Produk digital printing ini cukup beragam, bahkan anda sendiri mungkin pernah menggunakan jasa untuk membuat sebuah produk digital printing untuk keperluan pribadi maupun perkelompok. Produk digital printing contohnya seperti : Brosur, pafmlet, spanduk, kartu nama, kartu undangan, kaos, alat pendukung promosi dan lain sebagainya. 


Apakah Usaha Produk Digital Printing Memiliki Prospek Yang Bagus Kedepan?

Ini sebuah pertanyaan yang bagus dan umum disetiap bidang usaha yang akan ditekuni. Usaha digital printing ini memuiliki prospek yang baik kedepannya, karena hampir semua orang membutuhkan jasa untuk membuat produk digital printing seperti contoh yang sudah kita bahasa diatas. Apalagi, dengan teknologi yang semakin canggih akan membuat produk digital printing lebih bervariasi dan dapat dikerjakan lebih cepat. Mungkin anda juga sering melihat pelaku-pelaku usaha bidang ini disetiap sudut kota, ini membuktikan bahwa usaha ini memiliki prospek yang bagus. 


Tips Memulai Usaha Digital Printing Untuk Pemula

1. Mempersiapkan Modal

Untuk memulai usaha digital printing tentu anda harus menyiapkan sejumlah modal yang lumayan besar. Apalagi peralatan-peralatan elektronik untuk kebutuhan usaha yang memerlukan dana yang tidak sedikit, seperti komputer yang memiliki spesifikasi tinggi, dan printer digital yang memiliki kualitas yang baik. 

Untuk harga komputer yang memiliki spesifikasi yang tinggi dibanderol mulai dari harga 7 hingga 12 jutaan, namun jika anda ingin lebih hemat anda juga dapat membeli komputer second yang memiliki kondisi yang masih baik. Untuk harga printer digital ini memiliki harga yang lebih tinggi dan beragam, ada yang belasan juta atau puluhan juta. Saya sarankan untuk membeli printer digital sebaiknya belilah printer digital yang baru, mengingat banyak printer digital second yang bermasalah. 

2. Mempersiapkan Tempat Usaha

Untuk memulai sebuah usaha, maka anda juga sangat membutuhkan lokasi dan tempat usaha untuk menjalankan usaha anda. Mesin digital printing ini memiliki dimensi yang cukup besar, ini artimya anda membutuhkan ruangan yang lebih lega untuk kebutuhan operasional yang dilakukan oleh karyawan. 

Selain memerhatikan ukuran ruangan untuk percetakan, anda juga harus memperhatikan suhu dan juga kelistrikannya. Sebaiknya menggunakan AC supaya kerjanya lebih optimal, dan menggunakan daya listrik yang sesuai dengan spesifikasi atau kebutuhan mesin digital printing. 

Untuk lokasi suaha sebaiknya anda memilih lokasi yang strategis, seperti lokasi-lokasi yang berdekatan dengan kampus, atau lebih baik lagi berada didalam perkotaan. 

3. Mempersiapkan Dana Operasional

Dana operasinal merupakan dana yang diperuntukan untuk menjalankan atau melakukan kegiatan usaha. Sebelum memulai usaha ini anda harus mempersiapkan dana untuk membeli bahan baku yang diperlukan untuk mencetak. seperti tinta, media wallpaper, mika, Vinyl PU, X-Banner, Roll Banned dan lain sebagainya. 

Usahakan anda menyiapkan dana operasinal jangan terlalu mepet atau pas-pasan, karena ini juga akan mempengaruhi kualitas produk. Apalagi jika anda baru-baru saja membuka usaha, maka sebaiknya memberikan kualitas maupun kesan terbaik baik itu produk digital printing maupun jasa. 

4. Memilih Karyawan

Untuk memulai usaha digital printing, anda memerlukan beberap orang karyawan yang ditempatkan untuk bagian operator, desain, kasir dan pada posisi-posisi yang dibutuhkan lainnya. Untuk memilih karyawan anda dapat memiliki yang memiliki keahlian diutamakan khususnya pada karyawan yang akan menekuni pekerjaan desain. Usahakan karyawan-karyawan yang anda pekerjakan minimal mampu mengoprasikan komputer. 

5. Menyusun Strategi Untuk Promosi

Kemudian yang harus anda lakukan adalah menyusun strategi yang diperuntukan memperkenalkan jasa atau layanan usaha digital printing anda. Untuk mempromosikan usaha dijaman sekarang sangatlah mudah, anda dapat mempromosikan secara digital dari Google Ads, Facebook Ad yang dapat anda atur radius dari lokasi usaha anda, atau cara yang lebih klasik adalah dengan cara menmpromosikan melalui media cetak. 

6. Menjaring Banyak Pelanggan

Anda dapat memberikan diskon untuk puluhan pelanggan pertama, atau memberikan bonus bagi pelanggan-pelanggan yang menggunakan jasa pada usaha anda. Selain memberikan diskon maupun bonus, anda juga tak boleh melupakan kualitas. Karena usaha anda merupakan usaha yang baru, maka ada baiknya berikan pelayanan dan kualitas produk yang terbaik, usahakan jangan sampai pelanggan anda kecewa dengan pelayanan maupun produk digital printing yang rusak maupun buram. 

Namun, jika sudah terlanjur membuat pelanggan kecewa maka jangan gengsi untuk memberikan pelayanan yang ekstra, sebagai bentuk kompensasi atas ketidaknyamanan yang dialami oleh pelanggan tersebut. 


Nah, akhir kata itulah beberapa tips memulai usaha digital printing untuk pemula. Usaha digital printing memang memiliki prospek yang bagus kedepannya, mengingat banyak orang yang memerlukan jasa untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu baik itu secara individu maupun perkelommpok/komunitas. Semoga artikel ini bermanfaat, dan anda dapat sukses dengan usaha yang anda tekuni. 


Iska Maulana Content Creator, Designer CAD 3D & Mechanical Engineering

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel