5 Tips Memilih Kerja Yang Sesuai Dengan Passion dan Bakat

Cara Memilih Kerja Yang Sesuai Dengan Passion

omiska.com - Mencari kerja yang sesuai dengan passion dan bakat, Why not? Banyak orang yang mendambakan sebuah pekerjaan yang sesuai dengan passionnya. Misalnya seseorang memiliki bakat dibidang modifikasi otomotif, maka mereka menyukai dengan pekerjaan yang berkaitan dengan otomotif. Begitu juga dengan seseorang yang memiliki bakat memasak, maka orang tersebut memiliki impian bekerja sebagai chef di perusahaan besar. 

Nah, bagi kamu nih yang ingin memilih pekerjaan yang sesuai dengan passion dan bakat, maka berikut ini adalah 5 tips memilih kerja yang sesuai dengan passion dan bakat yang mesti kamu perhatikan. 

1. Pertajam Bakat Yang Kamu Miliki

Perusahaan akan memperkerjakan calon karyawan yang memiliki potensi dalam diri, yang sesuai dengan bidang yang akan menjadi posisi calon karyawan nantinya. Misalnya seorang Engineer, maka perusahaan harus memastikan betul apakah kamu memiliki keahlian dalam bidang permesinan atau tidak, atas dasar itulah mengapa banyak tes-tes dalam seleksi kerja yang mengkhususkan untuk mengetahui kemampuan maupun potensi calon karyawan. 

Nah dalam hal ini, kamu harus mengasah setajam mungkin bakat yang kamu miliki. Kamu dapat mempertajam passion dan bakat dengan bergabung dengan grup-grup online yang berkaitan dengan passionmu. Selain itu sangat memungkinkan juga kamu ikuti pelatihan seperti pelatihan BLK yang akan membuatmu semakin memmbuatmu kaya pengetahuan yang berkaitan dengan bakat dan passionmu. 

2. Membuat Rencana (Plan)

Selagi sedang mengasah bakat dari passionmu, maka sebaiknya diiringi dengan merencanakan apa yang akan kamu lakukan kedepannya untuk memiliki pekerjaan yang kamu inginkan. Misalnya kamu memiliki bakat mengelas, dan kamu ingin menjadi seorang welder disebuah perusahan besar, maka coba pikirkan apa yang harus kamu lakukan supaya kamu dapat diterima disana. 

Misalnya, sebagai ahli las harus memiliki sertifikat welder, yang memungkinkan perusahaan akan menerima kamus sebagai karyawan karena memiliki potensi. Untuk memiliki sertifikat las kamu harus mengikuti pelatihan yang diadakan oleh lembaga-lembaga pelatihan dan sertifikasi welder

3. Memikirkan Keuntungannya

Setiap orang yang bekerja memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk memenuhi kebutuhan hidup. Atas dasar itu kamu harus memikirkan keuntungan yang akan diperoleh nantinya saat terjun kedunia kerja. Uang memang hal yang selalu diutamakan, namun ada baiknya kita dapat bekerja dengan nyaman dan sesuai dengan bakat dan passion yang kita miliki bukan? 

4. Mencari Pekerjaan Yang Sesuai

Mencari pekerjaan memang suatu hal yang rumit dizaman sekarang di Indonesia, namun walaupun begitu masih banyak akun-akun sosial media yang membagikan informasi lowongan kerja. Selain itu banyak situs-situs lowongan kerja yang dapat kamu intip untuk mencari pekerjaan denga posisi yang seusai dengan bakatmu sendiri. 

5. Ikuti Kata Hati Jangan Takut Mengambil Keputusan

Memilih dan mengambil keputusan adalah suatu hal yang rumit bagi sebagian orang, apalagi jika pilihan itu memiliki keterkaitan yang kuat dengan nasib hidup kedepannya, termasuk dalam memilih pekerjaan. Namun ingatlah petuah orang tua dulu, pengalaman adalah guru yang hebat, dan pengalaman dapat membawamu menuju kesuksesan. 

Oleh karena itu, cobalah untuk tidak takut dalam mengambil keputusan, jika kamu memiliki bakat dalam suatu bidang dan memiliki pengalaman yang banyak, maka kemungkinan besar kamu akan mudah diterima bahkan jika kamu sudah expert dalam pekerjaan tersebut sangat memungkinkan kamu akan digaji lebih tinggi oleh perusahaan. 

Setelah membaca beberapa tips  memilih kerja yang sesuai dengan passion dan bakat, jadi apa yang akan kamu lakukan sekarang? 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel