Tips Buka Usaha Barbershop Untuk Pemula Beserta Estimasi Modal

Tips Buka Usaha Barbershop Untuk Pemula Beserta Estimasi Modal

omiska.com - Tips Buka Usaha Barbershop Untuk Pemula Beserta Estimasi Modal - Sekarang kedai pangkas rambut atau lebih dikenal dengan Barbershop sudah sangat menjamur dan memiliki perkembangan yang sangat pesat, mungkin kamu sudah menyadari hal ini karena Barbershop sangat mudah ditemukan disetiap sudut kota maupun pinggiran jalan. 

Beberapa tahun terakhir, Barbershop semakin menjamur dikarenakan banyak pria yang ingin memiliki rambut dengan gaya yang lagi ngetren, seperti under cut, bowl cut, curtains, belah tengah dan lain sebagainya. 

Melihat fenomena ini banyak usahawan memilih membuka usaha Barbershop karena dianggap dapat memberikan keuntungan yang lebih banyak. Nah bagi kamu yang ingin memulai buka usaha Barbershop, maka sebaiknya simak terlebih dahulu tips-tips berikut ini. 


Harus dimulai dari mana? 


Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang umum yang sering didengar dari orang-orang yang ingin membuka usaha. Untuk memulai membuka usaha Barbershop, maka coba perhatikan beberapa hal berikut ini. 

Menentukan Lokasi Barbershop

Sebelum memulai membuka usaha Barbershop, pastinya kamu harus menenukan lokasi usaha. Kamu dapat memilih lokasi yang strategis seperti ditengah kota, pinggiran jalan, maupun di dekat kampus-kampus. 

Mempersiapkan Peralatan Pangkas

Setelah menentukan lokasi yang strategis, kamu dapat membeli dan mempersiapkan peralatan pangkas untuk bekerja. Diantaranya adalah :

  • Mesin cukur dengan harga - Rp. 280.000 (1 buah)
  • Guting potong , gunting sasak, sisir, dan penjepit - Rp. 250.000 (1 set)
  • Handuk kecil satu lusin - Rp.180.000
  • Silet isi ulang sebanyak 20 kotak - Rp.50.000
  • Kain penutup badan - Rp. 45.000 (1 buah)
  • Wadah untuk sabun - Rp.5000 (1 buah)
  • Sikat bulu - Rp.20.000
  • Botol semprot - Rp.18.000 (1 buah)
  • Kursi pangksa rambut - Rp. 2.500.000 (1 set) 
  • Cermin besar beserta meja rias - Rp. 1.800.000 (1 set)
  • Cermin kecil - Rp. 25.000

*jumlah peralatan dapat disesuaikan sesuai dengan budget dan kebutuhan

Mencari Barberman Terbaik

Seorang Barberman dapat mempenharuhi kesuksesan usaha Barbershop kamu, maka sebaiknya carilah Barberman terbaik yang memiliki potensi dan dapat bersikap ramah kepada pelanggan. Jika pelanggan puas dengan pelayanan dari Barberman, maka tidak menutup kemungkinan para para pelanggan memiliki Loyalitas dan akan menjadi pelanggan yang setia. 

Memberikan Promo Menarik

Pada saat pertama kali membuka Barbershop (Soft Opening) maka sebaiknya berikan promo yang menarik untuk para calon pelanggan baru supaya mereka dapat mencoba memotong rambut pada Barbershop mu. Misalnya memberikan diskon potong rambut sebanyak 15% hingga 45% untuk 30 pelanggan pertama. 


Akhir kata, itulah beberapa tips buka usaha Barbershop untuk pemula beserta estimasi modal awal. Mengenai jumlah peralatan kamu dapat menyesuaikan dengan budget maupun kebutuhan, jika kamu memiliki tempat yang lumayan besar, kamu dapat membeli perakatan-peralatan dengan jumlah yang banyak. Namun sebaiknya minimal belilah peralatan untuk 2 set dan pekerjakan 2 Barberman. 

Semoga artikel ini membantu, dan dapat menjadi referensi buat kamu yang ingin membuka usaha Barbershop.