Teknik SEO On Page Untuk Pemula Yang Efektif Untuk Meningkatkan Trafik

Teknik SEO On Page Untuk Pemula Yang Efektif Untuk Meningkatkan TrafikTeknik SEO On Page Untuk Pemula Yang Efektif Untuk Meningkatkan Trafik


omiska.com - TTeknik SEO On Page Untuk Pemula Yang Efektif Untuk Meningkatkan Trafik - Bagi kamu yang merupakan blogger maupun  pemilik website, pasti sangat menginkan artikel-artikel kamu muncul dihalaman pertama peringkat paling di mesin pencari, baik itu google, bing, yandex dan sebagainya. Semakin tinggi peringkat di mesin pencari, semakin sering artikel muncul di halaman pertama, maka semakin besar peluang blog kamu mendapatkan trafik yang lebih banyak. 

Supaya artikel selalu mendapatkan peringkat atas dihalaman pertama di mesin pencari, maka kamu harus melakukan beebrapa optimasi yang memungkinkan artikel kamu lebih sering muncul di mesin pecarian, dan tidak menutup kemungkinan artikel kamu muncul pada halaman pertama di peringkat teratas. 

Berikut ini omiska.com akan mengulas bagaimana teknik SEO blogger untuk pemula yang efektik untuk meningkatkan trafik blog kamu. Simak terus ya guys !

TEKNIK SEO BLOGGER UNTUK MENINGKATKAN TRAFIK


1. Riset Kata Kunci (Keyword)

Teknik SEO On Page Untuk Pemula Yang Efektif Untuk Meningkatkan Trafik

Riset kata kunci merupakan makanan sehari-hari bagi para pengelola blog maupun website sebelum membuat sebuah konten atau artikel. Melakukan riset kata kunci bertujuan untuk menemukan kata kunci yang relevan dan paling sering dicari oleh pembaca. 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan riset kata kunci sebelum membuat konten, yaitu Volume pencarian, Tingkat kesulitan kata kunci, Search Intent, SERP, dan saran kata kunci. 

  • Volume pencarian adalah tingkat banyaknya sebuah kata kunci dalam waktu tertentu.
  • Tingkat kesulitan kata kunci (Keyword Difficulty) adalah menunjukan tingkat kesulitan sebuah kata kunci untuk berada pada halaman pertama hasil pencariuan di sebuah mesin pencari. 
  • Search Intent dapat diartikam senagai apa maksud atau tujuan dari sebuah tindakan pencarian yang dilakukan oleh pengguna.
  • SERP (Search Engine Result Page) yang dapat diartikan "Halaman Pencarian". Jadi SERP adalah halaman hasil penarian dari sebuah kata kunci yang ada di mesin pencari. 
  • Saran Kata Kunci (Keyword Suggestion) adalah saran kata kunci yang berkiatan dengan kata kunci yang ditulis dalam kotak pencarian pada sebuah mesin pencari. Misalnya teman-teman mencari sesuatu dengan kata kunci "Harga hp samsung" maka disana juga teman-teman akan melihat saran kata kunci yang lain (dibawah kotak pencarian) "Harga hp samsung a10", "Harga hp samsung a20" dan sebagainya. 

2. Membuat Long Tail Keyword

Long Tail Keyword adalah kata kunci yang mengandung minimal tiga kata atau lebih, misalnya "Harga hp samsung a10 bulan oktober", Harga hp iphone terbaru 2020" dan lain sebagainya. Sebenarnya ada 2 jenis keyword, yaitu Long Tail dan Short Tail, walaupun Shot Tail memuat lebih banyak volume pencarian, namun Long Tail dipercaya mampu mendatangkan trafik yang lebih banyak. Long Tail Keyword juga sangat berpengaruh untuk SEO, jadi ini perlu diperhatikan dan buatlah Long Tail Keyword yang relevan. 


3. Menggunakan Template Yang Responsif

Template blog yang responsif artinya template yang dapat kompitable dengan perangkat apapun, baik untuk perangkat dekstop hingga perangkat mobile (Mobile Friendly). Banyak template blog yang sudah resposif, kamu dapat membeli template blog premium pada situs-situs penyedia template. 

Ini penting, karena kabarnya Google kini telah menerapkan kebijakan Mobile First Indexing yang menuntut pemiliki blog atau website untuk menggunakan template yang responsif dan mobile friendly. 


4. Membuat Konten Menarik Dan Layak Baca

Teknik SEO On Page Untuk Pemula Yang Efektif Untuk Meningkatkan Trafik


Google juga memprioritaskan Users Experience penggunanya, dengan begitu buatlah konten yang menarik dan layak dibaca, dengan membuat konten yang bertujuan untuk memberikan jawaban atau kebutuhan kepada para pengguna dengan kata kunci yang sesuai. 

Untuk membantu pembaca memahami penjelasan konten, kamu dapat menyisipkan grafik, gambar, ilustrasi, hingga video (jika dibutuhkan). Manfaat yang dapat didapatkan jika seorang blogger memprioriutaskan konten yang layak baca adalah, kemungkinan besar pengguna akan membagikan tautan konten kamu di media sosial. 


5. Menambahkan Media Gambar / Video

Teknik SEO On Page Untuk Pemula Yang Efektif Untuk Meningkatkan Trafik

Para pengunjung kurang menyukai konten yang hanya berisi tulisan saja, karena artikel yang seluruhnya berisi teks dianggap akan membosankan. Seperti yang sudah dijelaskan pada point sebelumnya, media seperti gambar, video, grafik atau ilustrasi akan membuat pembaca memahami isi konten. 


6. Optimasi Gambar

Point selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah melakukan optimasi pada gambar. Optimasi pada gambar disini maksudnya kamu harus menggunakan gambar yang kecil atau tidak terlalu besar, karena jika menggunakan gambar etrlalu besar maka ini akan memperlambat blog atau website kamu.

Cobalah menggunakan gambar dengan ukuran setidaknya tidak lebih dari 100 kb. Kamu dapat mengkompres gambar-gambar sebelum mempublish konten dengan menggunakan photoshop, atau menggunakan situs-situs kompres gambar online seperti TinyPNG, ILoveIMG, Kraken dan lain sebagainya. 


7. Memanfaatkan Fitur Heading dan Subheading Yang Disediakan

Struktur konten juga harus diperhatikan, dalam hal ini Heading dan Subheading memiliki peran penting untuk membuat konten kamu memiliki struktur yang jelas. Heading dan Subheading dapat menjadi sebuah partisi untuk artikel yang artinya dapat membagikan beberapa bagian. Dengan menerapkan Heading dan Subheading maka pembaca juga dapat lebih mudah memahami dan menemukan point-point penting didalam artikel yang mereka baca. 

Selain itu, Heading maupun Subheading dapat membantu mesin pencari untuk memahami artikel yang kamu buat. Heading berguna untkik memudahkan mesin pencari saat melakukan perayapan (Crawling). 

Blog yang menggunakan blogger.com menyediakan heading yang terdiri dari Heading, Subheading, Major Heading dan Minor Heading. Sedangkan blog atau website yang menggunakan platform wordpress.com menyedianakan Heading 1 hingga Heading 6, namun biasanya para pembuat konten artikel hanya memerlukan hingga Heading 4 saja. 


8. Memaksimalkan Internal Link

Internal Link adalah link yang mengarah (direct) ke konten lain dalam blog atau website yang sama. Mengapa Intenal Link begitu penting dan harus di maksimalkan? karena Internal Link akan membantu mesin  pencari untuk memahami konteks maupun hubungan antar halaman dalam blog atau sebuah website. Selain itu ternyata Google juga menyukai blog atau website yang memiliki konten saling berhubungan satu antara yang lain, maka dari itu Internal Link memiliki peran penting untuk menunjukan keterkaitan antara satu konten pada konten lainnya di blog atau website kamu. Jadi dengan cara memaksimalkan Intenal Link juga akan berdampak baik pada SEO. 


9. Meningkatkan Kecepatan Blog / Website

Teknik SEO On Page Untuk Pemula Yang Efektif Untuk Meningkatkan Trafik

Kecepatan sebuah blog atau website juga dapat mempengaruhi minat pengunjung. Jika sebuah blog atau website memiliki waktu loading yang lambat, maka ini akan membuat pengunjung tidak nyaman dan berujung tidak puas, walaupun konten yang kamu buat memiliki "Banyak daging". Ini akan memungkinkan banyak pengguna yang meninggalkan blog atau website kamu, dengan begitu secara otomatis ini akan meningkatkan Bouce Rate yang akan berdampak buruk pada kualitas SEO. 


10. Meningkatkan Jumlah Kata Artikel

Ternyata jumlah kata pada suatu artikel juga menjadi salah satu dari banyak indikator SEO yang harus kamu perhatikan. Tidak ada yang tau standar berapa kata yang terbaik yang terkandung dalam sebuah artikel, karena penentuan jumlah kata juga selalu berbeda tergantung kata kunci yang telah ditargetkan oleh kompetitor. Untuk saran, buatlah artikel yang memiliki kata setidaknya sebanyak 800 kata, lebih dari itu lebih bagus. 


Akhir kata, itulah beberapa teknik SEO blogger untuk pemula yang efektif untuk meningkatkan trafik. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lelah untuk terus belajar dan sebisa mungkin melakukan teknik SEO untuk mendapatkan trafik yang lebih banyak. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel