Spesifikasi Komputer Server Yang Terbaik Dan Ideal

Spesifikasi Komputer Server Yang Terbaik Dan Ideal

 

Spesifikasi Komputer Server Yang Terbaik Dan Ideal

omiska.com - Tahukah kamu komputer server? bagi kamu yang belum tau, komputer server atau juga dikenal dengan komputer induk adalah sebuah perangkat yang mengelola jaringan komputer yang bersifat lokal maupun online. 

Untuk informasi tambahan, komputer server dan komputer client (biasa) memiliki perbedaan dari segi fungsionalnya. Biasanya komputer client hanya digunakan untuk mengerjakan tugas, bekerja, bermain game, mendengar musik dan menonton. Beda halnya dengan komputer server yang memiliki "tugas khusus" yang nantinya menyediakan layanan untuk komputer client bahkan memberikan sumberdaya yang dibutuhkan. 

Biasnya komputer server tidak hanya digunakan oleh perusahaan maupun perkantoran, bahkan komputer server juga digunakan di sekolah, intansi, kampus-kampus bahkan perpustakaan yang mengandalkan komputer server untuk penyimpanan databasenya. 

Nah langsung saja pada intinya, berikut ini adalah beberapa spesifkasi komputer server yang terbaik dan ideal yang harus diperhatikan : 


1. Prosesor

Prosesor merupakan hal yang pertama yang harus diperhatikan saat memilih komputer server. Seperti biasanya, ada 2 macam jenis prosesor dari 2 perusahaan teknologi yang berbeda, yaitu Intel dan AMD. 

Intel dan AMD memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun biasnya dan hampir rata-rata banyak yang mengandalkan Intel karena diklaim lebih baik dari AMD. Jika memilih prosesor Intel maka Intel Core i9 dan Intel Xenon adalah pilihan yang tepat. 

Namun jika ingin mengandalkan AMD maka prosesor AMD Epyc seri 7002 adalah pilihan yang tepat, dan tentu lebih hemat dalam konsumsi daya listrik. 

2. RAM

Spesifikasi kedua yang harus diperhatikan adalah RAM. Seperti diketahui semakin besar kapasitas RAM semakin cepat pula waktu proses yang dilakukan oleh komputer server. Nah, untuk itu omiska.com menyarankan untuk memilih RAM  berkapasitas 8 GB DDR4 ECC, namun jika memilih yang lebih tinggi itu lebih baik. 

3. Penyimpanan

Tidak lengkap jika penyimpanan tidak masuk dari salah satu komponen yang krusial untuk sebuah komputer server. Untuk menentukan penyimpanan untuk komputer server, maka kamu harus melihat jenis penyimpanan dan kapasitasnya. 

Ada dua jenis penyimpanan, yakni HDD dan SSD. Jika melihat prformanya maka SSD lebih baik karena dapat bekerja lebih cepat dibandingkan HDD, namun harganya lebih mahal dari harga HDD. 

Kapasitas penyimpanan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk server kantor di perusahaan biasanya membutuhkan penyimpanan yang jauh lebih besar, karena akan menyimpan data yang jauh lebih banyak. 

4. Operasi Sistem 

Selain mempertimbangkan Prosesor, RAM dan Penyimpanan, kamu juga harus menggunakan operasi sistem yang dikhususkan untuk komputer server. Kamu dapat menggunakan operasi sistem Windows Server, Linux Red Hat Enterprise, VMWare,Citrix Venserver operasi sistem yang dikhususkan untuk komputer server lainya. 


Akhir kata, itulah spesifikasi komputer terbaik dan ideal yang harus kamu ketahui sebelum membeli maupun merakitnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi buat kamu yang ingin tahu mengenai spesifikasi komputer server yang terbaik dan ideal. 


Anda mungkin menyukai postingan ini