Iklan Atas Artikel

6 Skill Dasar Yang Harus Dimiliki Oleh Customer Service

 

Skill Yang Harus Dimiliki Oleh Customer Service

omiska.com - Customer Service (CS) didalam dunia bisnis memiliki peran yang penting, ini dikarekan customer service memiliki tugas sebagai penghubung kepada klien baik secara online maupun offline. Tugas-tugas Customer Service diantara lain adalah sebagai public realtion, media penjualan, data entry, dan sebagai seorang yang mampu menjaga kepercayaan pelanggan. 

Nah, bagi kamu yang ingin bekerja pada posisi customer service, sebaiknya ketahui dulu skill yang harus dimiliki oleh Customer Service. 


1. Komunikasi

Point ini sudah pasti ada dalam daftar skill yang harus dimiliki oleh customer service. Anda harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik pada saat bekerja, karena ini adalah skill utama yang harus dimiliki oleh seorang customer service. Anda harus mampu menenangkan konsumen disaat mereka mulai panik, dan biasnaya konsumen akan menghubungi disaat mereka mengalami masalah. Anda harus dapat mengubah rasa pesimis konsumen menjadi optimis. 

Dengan begitu anda harus berbicara dengan bahasa yang positif, dengan menggunakan intinasi yang lembut menjadi hal yang wajib didalam kondisi apapun termasuk tengah genting. Disini anda harus dapat berkomunikasi dengan lugas, dan memberikan win-win solution kepada konsumen, berikan jawaban yang tepat sasaran saat konsumen menanyakan solusi untuk mengatasi masalah. 

Satu hal lagi yang penting, untuk dapat memberikan solusi kepada konsumen, anda harus mengetahui betul mengenai perusahaan maupun mengenai produk, dengan begitu anda akan lebih mampu untuk membersikan solusi yang efektif untuk konsumen. 


2. Empati

Pengalaman belanja tergantung pada bagaimana pelayanan kepada konsumen. Konsumen pada umumnya ingin dilayani layaknya manusia berperasaan, maka dalam hal ini costumer service harus mampu merasakan dan memahami perasaan konsumen. 

Banyak customer service mengabaikan menanyakan nama konsumen pada awal berinteraksi, padahal cara paling secerhana untuk berempati adalah dengan menanyakan nama konsumen yang menunjukan anda seroang yang peduli. Selain itu customer service juga dituntut  untuk mampi mendengarkan dan mengetahui apa yang konsumen rasakan dan apa yang dibutuhkan oleh konsumen. 


3. Manajemen Waktu

Customer sevice juga harus mampu mengatur waktu untuk memecahkan masalah yang dialami oleh  konsumen. Walaupun begitu kamu juga harus mengetahui dimana saat kamu tidak dapat membantu konsumen, sehingga kamu dapat mengarahkan konsumen ke pihak lain untuk membantunya. 


4. Persuasi

Terkadang customer service akan berhadapan pada situsasi dimana harus dapat menawarkan produk atau layanan untuk konsumen. Maka dari itu anda harus memiliki kemampuan persuasi yang baik untuk meyakinkan konsumen bahwa produk yang ditawarkan oleh perusahaan layak untuk dibeli. 


5. Pengendalian Diri

Bekerja di posisi customer service, anda juga harus dapat mengendalikan diri. Mengandalikan diri ini maksudnya anda harus dapat bersikap tenang disegala situasi, baik itu saat konsumen sedang panik, pada saat konsumen marah-marah, dan kemungkinan-kemungkinan lainnya. Hal ini harus dilakukan walau mood kamu sedang kacau, inilah yang akan membawamu menjadi customer service yang profesional. 


6. Bertanggung Jawab

Tidak lengkap rasanya jika point ini tidak masuk kedalam daftar skill yang harus dimiliki oleh customer service. Konsumen lebih menyukai customer service yang berusaha keras untuk memberikan solusi, walaupun solusi yang diberikan berhasil namun tidak sempurna. Konsumen akan beranggapan anda merupakan pekerja yang tanggung jawab dan profesional. Jika sudah tidak memungkinkan lagi, anda dapat mengarahkan konsumen ke petugas lainnya untuk membantu seperti pada point nomor 3 diatas. 


Akhir kata, itulah skill yang harus dimiliki oleh seorang cuustomer service. Setelah membaca artikel ini sampai selesai jadi anda lebih memahami bagaimana peran seorang customer service. Nah bagi anda yang belum bekerja dan ingin bekerja di posisi customer service, cobalah untuk melatih diri agar menjadi customer service yang handal. 


Iska Maulana Content Creator, Designer CAD 3D & Mechanical Engineering

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel