Iklan Atas Artikel

Pengertian Hosting Dan Domain Beserta Perbedannya

 

Pengertian Hosting Dan Domain Beserta Perbedannya

omiska.com - Hello sobat blogger! Ketika kamu terjun kedunia blogger pasti sering mendengar istilah hosting dan domain. Bagi kamu yang pemula pastinya istilah ini akan asing ditelinga. Hosting dan domain adalah 2 hal yang sangat krusial dalam pembuatan sebuah website, dikarenakan tanpa keduanya maka website tidak akan bisa online atau sama dengan tidak dapat diakses oleh kebanyakan orang. 

Mungkin hal ini gak penting-penting amat ya buat dipelajari, namun apasalahnya kan untuk nambah-nambah ilmu. Check it out !!

Apa itu Hosting dan Domain? 

Pengertian Hosting

Hosting adalah sebuah media atau lokasi yang diperuntukan untuk menyimpan data dalam bentuk gambar, tulisan hingga video. Jadi pengertian sederhananya Hosting merupakan suatu hal yang berfungsi sebagai ruang penyimpanan file-file aebuah website. 

Hosting terdiri dari sekumpulan perangkat-perangkat komputer pada umunya, seperti prosesor, RAM, ruang penyimpanan dan perangkat-perangkat komputer lainnya. 

Pengertian Domain

Domain adalah nama atau sebuah alamay dari sebuah website, yang diakhiri dengan kata-kata tertertu seperti .com, .net, .space, .my.id, co.id, dan lain sebagainya. 


Perbedaan Hosting dan Domain

Bentuk / Wujud

Secara umumnya, Hosting memiliki wujud seperti perangkat komputer yang sering kita jumpai sehari-hari. Hosting merupakan sekumpulan perangkat keras dan perangkat lunak seperti hardisk, prosesor, RAM dan bagian internal komputer lainnya. Bentuk hosting yang ada pada jaringan sebuah situs web terlihat jauh lebih besar, setiap orang yang ingin menagkesnya harus menggunakan koneksi internet dengan kecepatan tinggi untuk menghindari hambatan atau gangguan-gangguan lainnya. 

Sedangkan domain hanya berbentuk URL pendek yang sering kita lihat pada situs-situs website atau blog di internet. 

Tugas / Fungsi

Hosting memiliki tugas atau fungsi utama sebagai penyimpanan untuk menyimpan data-data atau file-file disebuah website yang berupa gambar, teks, script, maupun video seperti yang sudah kita bahas diatas. Selain itu hosting juga berguna untuk membuat website terlihat lebih bagus dan hidup dengan layout, gambar, icon, hingga video. Hosting juga berperan sebagai media atau alat untuk terus menjaga koneksi tetap stabil. 

Domain memiliki tugas dan kegunaan untuk mengakses server hosting, tanpa adanya domain maka pengguna tidak akan bisa mengakses sebuah jaringan penyimpanan data. Maka tidak heran mengapa domain penting, karena sangat dibutuhkan bagi user untuk mengakses server hosting. Jadi domain ini berfungsi sebagai media untuk mempermudah akses saat mengakses suatu situs yang mengarahkan perangkat ke alamat IP Addres nya. Domain akan membantu perangkat untuk terhubung pada alamat server hosting, jadi hosting dan domain ini saling membutuhkan satu sama lain yang sangat erat. 


Akhir kata, itulah pengertian hosting dan domain beserta perbedaanya. Setelah memabca artikel ini sobat jadi lebih tau kan pengertian hosting dan domain, fungsi, dan wujud keduanya. Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa share ke teman-teman kamu supaya mereka tau apa yang kamu tau. 

Iska Maulana Content Creator, Designer CAD 3D & Mechanical Engineering

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel