Cara Optimasi SEO Off Page Untuk Meningkatkan Trafik Blog

 


omiska.com - Jika sebelumnya teman-teman sudah membaca artikel Teknik SEO On Page Untuk Pemula Yang Efektif Untuk Meningkatkan Trafik, pada kesempatan kali ini kita kaan membahas bagaimana cara optimasi SEO Off Page untuk membantu meningkatkan trafik.. 

Sebelum mengetahui langkah-langkahnya, lebih baik mengetahui dulu pengertian SEO Off Page. SEO Off Page merupakan langkah optimasi SEO secara eksternal, artinya langkah ini dilakukan diluar konten maupun blog / website itu sendiri. Contoh yang mudah di pahami adalah Backlink atau share di media sosial. SEO Off Page yang dipahami oleh orang pada umumnya hanyalah sekedar Link Building, namun sebenarnya jika teman-teman memahami lebih jauh maka SEO Off Page bukan sekedar link building saja. 

Nah pada kesempatan kali ini omiska.com akan memberitahu teman-teman bagaimana cara optimasi SEO Off Page yang terdiri dalam beberapa langkah. 

1. Link Building

Seperti yang diketahui, SEO Off Page tidak lepas dari kata "Link Building". Link Building merupakan salah satu hal terpenting untuk optimasi SEO Off Page, alasannya karena Google telah menggunakan Algoritma Page Rank, yang artinta akan menilai kualitas serta kuantitas Backlink yang ada pada sebuah blog / website. 

Langkah-langkah yang harus diperhatikan saat melakukan link building sebagai berikut : 

Perhatikan PA dan DA

Seperti yang diketahui, setiap link bada sebuah website memiliki kualitas yang berbeda, kualitas yang terbaik dapat dilihat dari angka Page Autority (PA) dan Domain Autority (DA) pada sebuah blog atau website. Blog atau website yang berkualitas diukur dari sekala 1 hingga 100, semakin tinggi nilainya maka akan semakin bagus link dari domain blog  atau website, sebitu juga sebaliknya. PA merupakan kualitas link dari sebuah halaman. PA juga dihitung dari skala 1 hingga 100, semakin tinggi nilainya maka semakin bagus pula kualitas link yang diberikan halaman. 

Untuk melihat nilai PA dan DA sebuah blog atau website, kamu dapat mengunjungi website ini

Perhatikan Dofollow dan Nofollow

Apa itu Dofollow dan Nofollow? 

Dofollow adalah sebuah link yang meminta Google Robots dan mesin pencari untuk mengikuti blog atau website yang dimasukan dalam link yang diberikan.

Nofollow adalah sebuah link yang meminta robot mesin pencari untuk tidak mengikuti website yang ada didalam link yang diberikan. 

Untuk informasi penting, Google hanya mendeteksi link Dofollow saja, ini akan meningkatkan kualitas Autority sebuah blog atau website. 

Penambahan Anchor Teks

Anchor Teks adalah potongan teks yang berisi link yang dapat di klik, tentu kamu sudah sering melihat Anchor Teks pada blog atau website orang lain bukan? Biasanya Anchor Teks memiliki tulisan dengan wujud yang berbeda dari tulisan lainnya, seperti adanya underline dan warna teks yang berbeda. 

Untuk melakukan optimasi SEO Off Page disarankan untuk memasukan atau menambahkan Anchor Teks yang berupa Keyword link yang berkaitan dengan artikel. 

Dalam hal ini salah satu faktor yang dapat mempengaruhi secara signifikan kualitas pencarian adalah anchor teks. Dengan menambahkan Anchor Teks dengan link yang berkaitan dengan kata kunci yang ditargetkan akan berdampak pada meningkatnya kualitas pencarian yang lebih baik lagi. 

Kualitas Link

Dalam melakukan Optimasi SEO Off Page setiap link memiliki kualitas yang berbeda. Biasanya link yang berasal dari blog atau website yang populer memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan blog atau website yang tidak populer. 

Dalam hal ini kita kembali lagi ke DA dan PA yang sudah di jelaskan diatas, kualitas link dari sebuah website dapat dilihat dari nilai DA dan PA.


2. Sosial Media

Jaman sekarang siapapun pastinya memiliki media sosial, sekurang-kurangnya satu akun. Walaupun media sosial terlihat hanya sebagai tempat untuk bersenang-senang, tapi sebenarnya media sosial memiliki peran penting untuk SEO Off Page dalam upaya meningkatkan trafik pengunjung. 

Yang dapat kamu lakukan adalah membuat sebuah profil Brand blog atau websitemu sendiri. Kemudian mempromosikan Brand tersebut kepada publik, semakin banyak pengguna yang menemukan dan mengkikuti profil Brandmu makan semakin besar pula peluang blog atau website sering dikunjungi. 


3. Brand Awareness

Pengenalan Merk atau sering disebut dengan Brand dapat mempengaruhi perilaku konsumen. Para pengunjung akan lebih tertarik pada brand aatu merk-merk yang sudah dikenal dari pada merk yang jarang didengar atau diketahui. Lalu apakah Brand Awareness ini juga dapat mempengaruhi SEO? 

Faktanya, lebih dari 80% pengunjung akan memilih brand yang sudah dikenal dalam hasil pencarian. Artinya, jika blog atau website kamu memiliki brand yang sudah dikenal oleh orang banyak, maka sangat berpeluang konten kamu mendapatkan klik yang lebih banyak dalam SERP, walaupun kontenmu masuk kedalam urutan ke lima. 


4. Social Bookmarking

Social Bookmarking adalah sebuah proses mengirimkan konten ke situs-situs tertentu, sepertu Tumblr. Pinterest, Reddit, StumbleUpon dan lain sebagainya. Teknik SEO Off Page yang satu ini cukup digemari oleh para blogger karena dapat dilakukan dengan sangat mudah. Hanya dengan membagikan link blog ke situs-situs yang sudah disebutkan diatas untuk merujuk ke blog atau website kita. 

Namun, membagikan link juga tidak boleh sembarangan loh guys, pasalnya kamu juga harus berinteraksi dengan pengguna lainnya. Cepat atau lambat visitor akan datang dengan sendirinya. 

5. Situs Forum 

Google sangat merekomendasikan situs forum untuk mempromosikan blog maupun website, tujuannya supaya memberi solusi untuk membantu seseorang yang bertanya di forum terkait dengan masalah yang dialami. Dalam hal ini, jika kamu memiliki artikel yang berkaitan dengan masalah yang dialami oleh salah satu pengguna di forum, yang berisi konten-konten yang solutif maka sebaiknya gunakan kesempatan ini untuk mengirimkan link artikel yang dapat mengatasi masalah pengguna tersebut. 


Akhir kata, itulah cara optimasi SEO Off Page untuk meningkatkan trafik blog. Semoga artikel ini membantu dan teman-teman dalam memahami cara melakukan SEO Off Page dan dapat menerapkan pada blog atau website.