6 Tips Sukses Sidang Skripsi Dijamin Ampuh

Tips Sukses Sidang Skripsi Dijamin Ampuh


omiska.com - Sidang skripsi merupakan momen paling menegangkan yang akan dialami oleh mahasiswa setelah menyelesaikan skripsinya. Selain menyelesaikan skripsi yang cukup menantang, mahasiswa juga harus menghadapi tantangan lainnya yang lebih menegangkan, yakni sidang skripsi. 

Mungkin kamu yang sedang membaca artikel merupakan mahasiswa yang akan menjelani sidang skripsi beberapa hari sebelum hari H atau bahkan esok hari. Perlu diketahui, gugup yang berlebihan menjelang sidang skripsi itu merupakan perasaan yang umum terjadi yang kerap dialami oleh seluruh mahasiswa, jadi kamu tidak sendirian memiliki perasaan seperti itu. 

Jadi, yang kamu lakukan sekarang adalah bagaimana caranya kamu bisa sukses pada saat sidang skripsi. Untuk itu omiska.com akan memberikan beberapa tips sukses sidang skripsi dijamin ampuh yang wajib kamu coba. Check it out !!

1. Melihat Sidang Terbuka

Untuk melihat gambaran bagaimana situasi atau keadaan saat sidang skripsi berlangsung, sebaiknya kamu ikut melihat disaat teman-teman kamu saat sidang berlangsung. Biasanya di kampus memberikan opsi jenis sidang untuk para mahasiwanya, yakni sidang terbuka dan sidang tertutup. 

Seperti namanya, sidang terbuka artinya membolehkan orang-orang untuk masuk dan melihat sudangmu berlangsung, sedangkan sidang tertutup sebaliknya. Untuk dapat melihat keadaan atau situasi ketika sidang berlangsung, ada baiknya kamu melihat temanmu sidang untuk melihat gambaran seperti pengucapan salam, kata sambutan, presentasi, dan sesi tanya jawab bersama para dosen penguji. 

2. Menguasai Skripsi

Untuk leih lincah pada saat presentasi hingga sesi tanya jawab, maka kamu wajib untuk menguasai betul skripsi yang telah kamu selesaikan. Menghafal itu tidak salah, namun lebih bijaknya kamu juga harus menguasai isi skripsimu, mulai dari metode penelitian, analisis yang kamu buat hingga kerimpulan dari skripsi. 

3. Ikuti Pra-sidang

Biasanya kampus-kampus menyediakan kesempatan para mahasiswa untuk mengikuti Pra-sidang. Pra-sidang merupakan simulasi sidang, dimana kamu dapat mempresentasikan dengan dosen hingga diuji oleh dosen pembimbing. Pada saat seperti ini, biasanya dosen pembimbing akan memberikan banyak masukan maupun saran yang baik untuk presentasi dan apa-apa saja pokok utama yang harus kamu prioritaskan saat menjalani sidang skripsi. Kemdudian, dosen pembimbing juga akan menguji kamu, dan ingat atau lebih baik mencatat pertanyaan-pertanyaan dari dosen pembimbingmu karena itu merupakan gambaran pertanyaan yang akan kamu hadapi pada saat sidang skripsi nantinya. 

4. Istirahat Yang Cukup

Untuk membuat tubuh tetap fit dan tetap menjaga konsentrasimu agar tidak mudah ambyar, kamu juga harus memiliki waktu istirahat yang cukup. Hindari begadang karena ini akan membuat tubuh dan otakmu kelelahan hingga bisa membuatmu kurang fokus nantinya disaat sidang skripsi. 

5. Bersikap Tenang dan Percaya Diri

Sikap tenang dan percaya diri merupakan kunci sukses sidang yang paling utama, karena tenang dan percaya diri akan membuatmu dengan mudah menjelaskan mengenai skripsimu. Sebaliknya, jika kamu tidak tenang dan pesimis maka apa yang telah kamu pelajari bisa saja nantinya akan membuatmu lupa akan sesuatu yang membuat sidangmu ambyar dan akan membuat "Awkward moment". Perlu diketahui, sebelum sidang disaat kamu menganggap sidang itu merupakan moment yang menakutkan, sebenarnya disaat sidang berlangsung sidang itu tidak semenakutkan dengan apa yang kamu bayangkan.

6. Katakan Sejujurnya Dengan Apa Yang Tidak Kamu Ketahui

Biasanya dosen akan memberikan beberapa pertanyaan sulit yang bahkan tidak kamu bayangkan sama sekali bahwa pertanyaan itu akan muncul ketika sidang berlangsung. Jika kamu tidak mengetahui, kamu jawab sejujurnya dan hindari dengan menjawab pertanyaan dengan pertanyaan yang konyol. Jika kamu tidak dapat menjawab pertanyaan , kamu dapat menjawabnya dengan bijak misalnya "maaf, mungkin untuk pertanyaan satu ini saya belum bisa menjawab, dan menurut saya ini penting dan saja saya akan mempelajari nanti" atau kamu dapat menggunakan kata-kata yang sopan sesuai dengan idemu sendiri. Kamu tidak perlu khawatir, dosen juga mengetahui keterbatasan mahasiswa dan mereka akan memakluminya. 

Nah, itulah beberapa tips sukses sidang skripsi yang dijamin ampuh. Kesimpulannya sebelum menghadapi sidang kamu harus memahami betul isi skripsi kamu, jika kamu memahami betul maka kamu akan lebih percaya diri untuk menjelaskan mengenai skripsimu nantinya. Selain itu kamu juga harus menjaga kesehatan, berikan waktu yang cukup untuk tubuh dan otakmu untuk menjaga tingkat konsentrasimu.

Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu yang sebentar lagi akan menghadapi sidang skripsi, dan semoga sukses !!