Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Kamu

Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Kamu

omiska.com - Setelah lulus Sekolah Menengah Atas, kita akan melanjukan ke pendidikan perguruan tinggi. Untuk melanjutkannya, pastinya kita harus memilih jurusan yang cocok dengan diri kita. Namun, hal ini menjadi masalah bagi sebagian orang karena sulit untuk memilih jurusan kuliah yang cocok untuk diri mereka.

Pada kesempatan kali ini omiska.com akan memberikan beberapa tips memilih jurusan kuliah yang cocok untuk kamu, supaya kamu tidak salah pilih nantinya. Check it out !!


1. Kenali Potensi Diri Sendiri

Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Kamu


Sebelum memutuskan untuk memilih jurusan kuliah, maka sebaiknya pahami dulu potensi diri kamu sendiri. Kamu dapat melihat dalam dalam kehidupan sehari-hari dan melihat potensi dan bakat yang kamu miliki. 

Misalnya, kamu memili bakat di bagian utak-atik mesin maka jurusan yang cocok kamu pilih adalah jurusan teknik mesin, teknik industri, atau teknik rekayasa manufaktur. Jika kamu memiliki ilmu pendidikan yang dominan pelajaran kimia, kamu dpat melanjutkan kuliah dengan memilih jurusan teknik kimia, atau migas. Atau bagi kamu yang memiliki kemampuan yang bagus dalam pelajaran sains dan matematika, kamu dapat mengambil jurusan kedokteran maupun jurusan statistika. 

2. Menyesuaikan Biaya Kuliah

Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Kamu

Seperti yang diketahui, kuliah pastinya membutuhkan biaya yang sangat banyak, baik untuuk kebutuhan harian maupun usang smester dan lain sebagainya. Biaya setiap jurusan dan kampus pun beragam, ada yang sampai ratusan juta dan ada juga yang tak sampai sepuluh juta rupiah. 

Untuk menyesuaikan biaya kuliah, pilihlah jurusan dengan biaya yang ringan dan juga relevan. Menyesuaikan biaya kuliah ini tujuannya supaya orang tua kamu tidak keberatan untuk membiayaimu kuliah. 

3. Melihat Peluang Kerja

Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Kamu


Memilih jurusan kuliah memang tidak bisa sembarangan , sebelum memilih jurusan seharusnya kamu harus melihat peluang kerjanya terdahulu. Memang semua jurusan pastinya memiliki peluang kerja yang baik, namun pasti ada yang lebih baik lagi. 

Misalnya, jika kamu kuliah kedokteran maka peluang kerja yang memungkinkan nantinya adalah kamu dapat bekerja dirumah sakit. Jika kamu mengambil jursan teknik mesin, peluang kerjanya bisa jadi pada industri / pabrik, dan jika jurusan kuliah yang kamu ambil adalah migas, maka peluang kerja yang memungkinkan nantinya adalah perusahaan minyak dan gas. 

Setiap jurusan memiliki peluang kerjanya masing-masing, maka dari itu sebaiknya carilah jurusan kuliah yang memiliki peluang kerja yang tinggi. 


4. Memiliki Pendirian Sendiri


Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Kamu

Biasanya anak-anak remaja susah memiliki pendirian sendiri dan cenderung suka ikut-ikutan. Seseorang yang mengambil sebuah jurusan pastinya memiliki alasan tersendiri, bisa jadi karena ia mampu dibidang yang sesuai dengan jurusan kuliah yang akan diambil.

Nah, bagaimana ceritanya bagi seseorang yang mengambil jurusan kuliah hanya karena ikut-ikutan teman? apakah ia akan mampu menekuni jurusan yang diambil berdasarkan ikut-ikutan teman? 

Ikut-ikut teman boleh saja, asal kamu dan teman kamu memiliki satu frekuensi, atau sama-sama memilki bakat dan potensi pada suatu bidang.  Jadi kamu tidak memilih jurusan yang salah, karena jurusan itu merupakan bidang yang sanggup kamu tekuni. 

5. Konsultasi

Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Kamu

Jika kamu mengalami keadaan benar-benar bingung untuk memilih jurusan kuliah, maka jalan satu-satunya adalah berkonsultasi dengan yang lebih mengetahui masalah perkuliahan. Misalnya kakak leting yang sudah kuliah, orangtua, atau bahkan kamu juga dapat berkonsultasi dengan guru mu sendiri. 

Intinya, untuk memilih jurusan kuliah merupakan bukan perkara yang mudah bagi sebgaian orang, apalagi jika kamu merupakan salah satu orang yang memiliki banyak potensi,  maka kamu akan mengalami kesulitan untuk memilih bidang apa yang harus di fokuskan. 

Disinilah kamu harus bisa mengenali dirimu sendiri, diantara banyak potensi yang ada dalam diri kamu, kamu juga harus dapat melihat potensi mana yang lebih menonjol maka itulah yang harus kamu tekuni. 

Nah, itulah beberapa tips memilih jurusan kuliah yang cocok untuk kamu. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantumu untuk memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan potensi yang kamu miliki.