Tips Membuat Blog Profesional Untuk Pemula Hingga Siap Untuk Daftar AdSense

Tips Membuat Blog Profesional Untuk Pemula


omiska.com - Menjadi blogger merupakan sebuah profesi sampingan yang cukup menyenangkan bagi orang-orang yang hobi nulis, apalagi bisa mendapatkan uang dari Google AdSense.

Untuk menjadi blogger, tentu harus memiliki sebuah blog yang akan menampung semua artikel. Nah, bagi teman-teman blogger yang ingin membuat blog yang tampak profesional, ada baiknya simak terus artikel ini supaya teman-teman tau apa saja yang harus dilakukan untuk menjadikan blog teman-teman menjadi terlihat profesional, sekaligus blog teman-teman juga siap untuk didaftarkan Google AdSense.

1. Domain TLD

Ketika kamu mengunjungi blog maupun situs-situs besar, pasti kamu belum pernah menemukan blog/situs tersebut menggunakan domain gratisan seperti .blogspot.com dan .wordpress.com. Untuk membuat blog terlihat lebih profesional kamu harus menggunakan domain TLD (Top Level Domain). Contoh domain TLD seperti .net , .com , .id, .co dan sebagainya. 

2. About 

Jika kamu sering Blogwalking, pastinya sering dong melihat ada halaman about pada blog maupun situs yang kamu kunjungi. About itu merupakan halaman wajib untuk dimiliki pada sebuah blog atau situs web. Halaman about ini fungsinya untuk menceritakan mengenai apa yang dibahas dalam sebuah blog, memperkenalkan penulis blog dan lain sebagainya yang berkaitan dengan tentang blog. 

3. Disclaimer

Selain halaman About, untuk membuat blog terlihat profesional, blog kamu juga harus memiliki halaman Disclaimer. Disclaimer ini tujuannya untuk penyataan penyangkalan untuk perlindungan bagi para pemiliki blog / situs mengenai informasi yang diberikan. Jadi, disclaimer ini seolah merupakan halaman yang menyatakan pengunjung sudah menerima syarat dan ketentuan yang berlaku pada blog / situs yang dikunjungi. Untuk membuat disclaimer dengan mudah, kamu dapat mengunjungi artikel yang ini

4. Sitemap

Sitemap merupakan salah satu halaman penting yang wajib dimiliki oleh sebuah blog atau situs web. Sitemaap merupakan halaman yang berisi informasi yang berisi URL pada blog yang dikunjungi. Sitemap juga sangat berguna bahkan sangat berpengaruh untuk SEO supaya blog atau artikel pada blog tersebut mudah ditemukan oleh search engine. 

5. Contact

Untuk membuat blog terlihat profesional, blog kamu juga wajib memiliki halaman kontak. Kontak ini biasanya akan berguna bagi pengunjung yang memerlukan penjelasan lebih lanjut mengenai artikel yang kamu buat, dan juga supaya kamu dapat lebih mudah dihubungi oleh seseorang atau perusahaan untuk penawaran bisnis. Kamu dapat membuat halaman kontak secara manual dan menuliskan alamat email maupun nomor telepon yang masih aktif.

6. Pemilihan Template

Untuk pemilihan template ini dapat kamu sesuaikan dengan selera, ataupun sesuai dengan niche blog yang kamu angkat. Misalnya, kamu membuat blog dengan niche teknologi, kamu dapat menggunakan template versi Magazine yang membuat blog kamu akan terlihat seperti situs-situs besar, dengan menggunakan template yang sesuai dengan niche akan membuat blog kamu terlihat lebih profesional. Namun jika kamu lebih menyukai template blog yang sederhana, maka ini balik lagi ke selera masing-masing. 

7. Menambahkan Menu Navigasi

Biasanya jika kamu membeli template, penyedia/penjual template sudah menyediakan menu navigasi yang biasanya terletak dibagian atas (header). Jika pertama kali memasang template baru, link-link pada menu navigasi pada header itu belum berfungsi, kamu dapat menyesuaikannya dengan mengedit pada template blog. Menu navigasi ini nantinya akan memudahkan pengunjung untuk melihat pembahasan-pembahasan apa yang menarik untuk dikunjungi, pada menu navigasi kamu dapat menempatkan link salah satu label blog yang menurutmu menarik untuk para pengunjuung. 

8. Membuat Sebuah Logo

Untuk membuat blog terlihat profesional, kamu wajib membuat sebuah logo untuk blog kamu. Logo ini nantinya akan menjadi logo brand blog kamu sendiri yang mudah dikenali oleh para pengunjung. 

9. Memasang Favicon

Selain logo yang kamu pasang pada blog, kamu juga harus memasang sebuah icon kecil yang akan tampil pada tab browser. Untuk membuat Favicon kamu dapat mengunjungi artikel ini

10. Kurangi Jumlah Widget Yang Tidak Penting

Biasanya para blogger pemula sangat kemaruk dengan widget yang disediakan oleh platform blog yang mereka gunakan, atau membuat widget dengan kode HTML secara manual, tujuannya adalah untuk membuat blog menjadi terlihat lebih menarik. Biasanya blogger pemula membuat blog mereka semakin ramai dengan widget efek hujan, animasi bergerak yang ada di sidebar, kursor yang telah dicustom dan sebagainya. 

Jika kamu ingin membuat blog yang profesional, kamu harus meminimalisir menggunakan widget terlau banyak yang membuat blog kamu terlalu "Rame". Kamu tak perlu menggunakan efek ini itu, animasi bergerak dan lain sebagainya, cukup gunakan widget seperti artikel terbaru, feature post, label, sosial media dan widget untuk iklan. 

11. Pemilihan Warna Blog

Untuk pemilihan warna blog ini sebenarnya menurut selera masing-masing, namun ada baikya gunakan kombinasi warna blog yang menarik dan hindari kombinasi warna yang membuat blog terlihat "ngejreng". Kamu dapat menggunakan 2 kombinasi warna saja dan maksimalnya 3 kombinasi warna. Gunakan warna cerah dan gelap, jangan sampai warna pilihanmu menggunakan warna cerah semua itu kurang menraik yang akan membuat warna menjadi "ngejreng". 

12. Artikel 

Untuk membuat blog kamu terlihat profesional, kamu dapat membuat artikel dengan bahasa yang dominannya baku. Gaya bahasa boleh bebas namun hindari menulis kata-kata yang kurang baik seperti kata makian, karena itu akan membuat reputasi blog kamu akan menjadi kurang baik dimata pengunjung. 

Nah guys, itulah beberapa tips untuk membuat blog profesional menurut omiska.com. Jika kamu telah menerapkan tips-tips diatas maka blog kamu akan terlihat profesional dan juga blog kamu sudah siap untuk didaftarkan ke Google AdSense (syarat ketentuan berlaku).