7 Software Penting Yang Harus Dikuasai Oleh Mahasiswa Teknik Mesin


Software Penting Yang Harus Dikuasai Oleh Mahasiswa Teknik Mesin

omiska.com - Jika kamu merupakan mahasiswa teknik mesin, kamu juga harus memperlajari betul segala hal tentang ilmu permesinan. Di kuliahan, pasti kamu akan diberi materi tentang pengelasan, elemen mesin, matematika teknik, dan teknologi bahan. Selain itu kamu juga harus memiliki keahlian lain yaitu dapat menguasai software / aplikasi penting yang biasa digunakan oleh para insiyur mesin pada dunia kerja.

Software-software itu berguna untuk merancang, menghitung, menguji, dan banyak kegunaan lainnya. lalu apa saja sih Software-software penting yang wajib dikuasai oleh mahasiswa teknik mesin? check it out !!


1. CAD (3D)

Software Yang Harus Dikuasai Oleh Mahasiswa Teknik Mesin
Soyrce : grabcad.com


Software CAD (3D) sangat dibutuhkan karena akan membantu para insinyur yang berfokus pada pekerjaan desain. Software ini akan membantu insinyur untuk membuat model komponen maupun rakitan 3 dimensi (3D).

Dengan Software ini para insinyur dapat dengan mudah membuat komponen-komponen mesin secara individu, yang kemudian dapat digabungkan atau dikenal dengan Assembly menjadi sebuah rakitan yang utuh.

Software-software CAD 3D yang harus kamu kuasai adalah Catia, Solid Work, Autodesk Inventor, dan ANSYS.

2. Microsoft Excel 

Software Yang Harus Dikuasai Oleh Mahasiswa Teknik Mesin
Source : id.wikipedia.org

Microsoft Excel merupakan slaah satu Software yang wajib kamu kuasai, jika masyarakat awam menggunakan Microsoft Excel untuk menyusun laporan anggaran, beda hal nya dengan insiyur mesin.

Para insiyur mesin dapat menggunakan Microsoft Excel ini menjadi sebuah perangkat lunak yang serbaguna, seperti untuk menghitung, mengutarakan ide, membuat tabulasi data,  menggambar, membuat laporan kerja dan lain sebagainya.

3. MATLAB

Software Yang Harus Dikuasai Oleh Mahasiswa Teknik Mesin
Source : it.wisc.edu

MATLAB merupakan slaah satu perangkat lunak atau Software yang wajib dikuasai oleh mahasiswa teknik mesin. MATLAB merupakans sebuah perangkat lunak pemrograman analisis dan perhitungan yang telah sering digunakan oleh para insiyur mesin.

MATLAB dapat melakukan analisis numerik yang kompleks, perhitungan yang melibatkan matriks maupun vector, dapat menjalankan simulasi dengan mudah dan dapat menampilkan hasilnya dengan sangat cepat, ini dikarenakan MATLAB memiliki kemampuan Plotting yang sangat baik.

4. MechaniCalc

Software Yang Harus Dikuasai Oleh Mahasiswa Teknik Mesin
Source : mechanicalc.com

MechaniCalc merupakan rangkaian kalkulator yang bebasis online, Software ini berfokus pada desain dan analisis struktural. Rangkaian kalkulator ini dapat melakukan analisis dengan level perincian yang sesuai dengan standar industri.

Yang menariknya, MechaniCalc menyediakan beragam kalkulator untuk mengejakan tugas analisis yang umum, dan juga memiliki database properti material dan cross section. Hasil laporan yang dibuat akan mudah dicetak jika kamu membutuhkannya untuk dokumentasi.

5. Finite Element Analysis (FEA)

Software Yang Harus Dikuasai Oleh Mahasiswa Teknik Mesin
Source : en.wikipedia.org


Finite Element Analysis ini berguna untuk melakukan analisis struktural dalam pekerjaan, selain itu FEA juga dapat menganalisis defleksi dan tekanan dalam struktur yang kompleks. Sebuah struktur akan di convert atau dimodelkan dalam bentuk 3D CAD, kemudian dipindahkan ke FEA untuk dianalisis.

Kabar baiknya ada banyak jenis FEA yang sudah terintegrasi dengan perangkat lunak CAD, ini akan membuat transisi antara perangkat lunak akan semakin mudah. Contoh perangkat lunak FEA dan yang paling banyak digunakan oleh para insiyur adalah Nastran dan ANSYS.

6. AutoCad

Software Yang Harus Dikuasai Oleh Mahasiswa Teknik Mesin
Source : pinterest.com

AutoCad merupakan Software yang tidak asing lagi didengar, karena sebagian fakultas teknik juga menggunakan Software ini, seperti teknik mesin, elektro, teknik sipil, teknik industri dan lain sebagainya.  AutoCad merupakan Software yang digunakan untuk Drafting untuk menggambar 2D dan 3D yang dikembangkan oleh Autodesk.

Banyak insinyur menggunakan AutoCad ini sebagai software yang digunakan untuk pekerjaan draftting, yang menariknya AutoCad ini memiliki banyak tool yang sangat berguna untuk pengerjaan draftring yang sesuai dengan standarnya.

7. Microsoft Visio

Microsoft Visio merupakan sebuah software yang biasa digunakan untuk membuat diagram dan skema, jika kamu sudah pernah masuk ke dunia industri atau Praktik Kerja Lapangan pastinya kamu akan melihat P&ID seperti dibawah ini .

Software Yang Harus Dikuasai Oleh Mahasiswa Teknik Mesin

P&ID ini dibuat dengan menggunakan Microsoft Visio, disana juga banyak tool serta telah tersedia pula lambang-lambang  yang sesuai dengan standar industri. Microsoft Visio ini sering digunakan untuk Gant Chart, Value Stream Mapping dan tata letak pabrik.


Nah, itulah beberapa software penting yang wajib dikuasai oleh mahasiswa teknik mesin. Pastinya sebagian Software diatas telah diajarkan dan merupakan materi penting di kampus-kampus kamu, dengan begitu usahakan kamu dapat mengoprasikanya dengan handal, karena ini akan membantumu dalam dunia kerja nantinya.

Salam, SOLIDARITY FOREFER.