Penjelasan Istilah Umum Dalam Dunia Blog (Blogger Pemula Wajib Baca)

Penjelasan Istilah-Istilah Dalam Dunia Blogger

omiska.com - Hello teman-teman blogger ! Apakah kamu sedang mengalami kebingungan? saya rasa begitu, karena artikel ini saya buat untuk teman-teman blogger yang kebingungan, khususnya dalam hal istilah-istilah dalam dunia blogger yang mungkin belum teman-teman pahami.

Pada saat terjun ke dunia blogger, kamu pasti sering mendengar istilah-istilah yang baru ditelinga kamu, seperti Niche, DA, PA TLD dan banyak lagi. Maka dari itu, omiska.com akan memberikan sedikit penjelasan mengenai istilah-istilah yang sering kamu dengar didalam dunia blogger, dengan penjelasan yang sederhana yang mudah dipahami.  Check it out !!

1. Niche

Pada saat pertama kali membuat blog, pastinya kamu harus menentukan Niche apa yang sesuai untuk blog kamu. Misalnya pendidikan, otomotif, tutorial blog / youtube, berita viral, traveling atau lain sebagainya. Sederhananya, Niche merupakan topik utama atau pembahasan dalam sebuah blog, seorang blogger bisa membuat blog dengan satu Niche saja, maupun random seperti blog omiska.com ini.

2. BW

BW merupakan singkatan dari Blogwalking yang artinya mengunjungi sebuah blog. Istilah ini tentunya kamu sering dengar pada forum/grup blogger di media sosial. BW ini biasa dilakukan sesama blogger yan tujuannya untuk menambah pageview pemilik blog, memberikan komentar yang berisi diskusi mengenai artikel yang dibahas, dan juga menambah pengetahuan. 

3. TLD

TLD merupakan singkatan dari Top Level Domain. Blog yang sudah menggunakan domain TLD maka blog tersebut merupakan blog yang menggunakan domain berbayar.

Untuk menandai blog yang menggunakan domain TLD cukup mudah, contoh blog yang menggunaka domain TLD seperti omiska.com , omiska.id, omiska.net dan lain sebagainya. Sedangkan blog yang belum menggunakan domain TLD contohnya seperti omiska.blogspot.com , omiska.wordpress.com yang masing menggunakan hostingan bawaan yang disediakan oleh situs platform blog yang digunakan.

4. DA/PA

DA merupakan singkatan dari Domain Autirity, sedangkan PA merupakan singkatan dari Page Autority. Keduanya memiliki peran penting dalam SEO yang menjadi tolok ukur seberapa berkualitasnya sebuah blog / situs. Untuk mengetahui berapa nilai DA pada blog atrau situs kamu, kamu cukup klik link ini dan masukan alamat blog kamu kemudian klik Perform Check.

5. Audience

Audience merupakan sebutan untuk pengunjung sebuah blog/situs, Audience ini merupakan istilah umum yang masuk kemana saja, seperti pengunjung channel youtube, pengunjung halaman facebook dan lain sebagainya.

6. Author

Author merupakan orang yang menulis postingan dan memodifikasi tampilan blog, jadi author ini adalah sebutan untuk orang yang mengelola blog atau situs.

7. CTR

CTR merupakan singkatan dari Click Through Rate, yang merupakan jumlah waktu sebuah iklan di klik. Dalam iklan online, CTR merupakan presentasu orang yang melihat halaman sebuah blog atau situs yang mengklik iklan yang ada di halaman yang dibuka.

8. cPanel

cPanel merupakan sebuah alat admin yang berbasis web yang sudah disediakan oleh penyedia hosting, ini akan memudahkan penggunanya (author) untuk melakukan konfigurasi akun sendiri dengan metode yang mudah.

Ketika seseorang yang baru saja menyewa domain TLD, dan akan melakukan transisi dari domain gratisan ke domain TLD maka untuk meng-konfigurasikannya author harus melakukan di cPanel ini.

9. Domain 

Domain merupakan gabunga antara angka, huruf, tanda baca yang bersambung yang menjadikan tanda titik sebagai pemisahnya. Contohnya, navigasi satelit membutuhkan kode pos maupun nama jalan agar sistem dapat menyediakan arah. Begitu juga dengan browser, yang membutuhkan domain untuk mengarahkan pengguna internet ke blog/situs yang dituju.

10 Favicon

Favicon merupakan gambar berformat PNG mini yang memiliki ukuran 16 x 16 px. Favicon ini menunjukan logo sebagai identitas sebuah blog/situs, untuk contohnya kamu dapat melihat logo pria brewok di tab browser kamu yang berada diatas.

11. Feed

Feed merupakan sebuah halaman yang gunanya untuk membanti pengguna menemukan konten-konten yang sering di update.

12. Header

Seperti dengan namanya "Head" merupakan nama sebutan untuk sisi atas sebuah blog/situs. Header biasanya berisi logo blog, menu navigasi, dan fitur pencarian.

13. HTML

HTML merupakan singkatan dari Hypertext Markup Languange, yang merupakan salah satu bahasa yang digunakan untuk menulis halaman sebuah web.

14. Index

Index merupakan sebuah  situasi atau keadaan dimana sebuah artikel berhasil ditemukan oleh mesin pencari, dan memudahkan pengguna internet untuk menemukan artikel tersebut.

15. KW 

KW merupakan singkatan dari KeyWord yang artinya kata kunci, singkatan ini juga sering kamu lihat di forum/grup blogger bukan? Untuk membuat artikel mudah dicari adalah dengan cara meriset kata kunci dan memilih kata kunci yang paling relevan dan paling banyak digunakan untuk mencari
artikel yang dituju.

Memilih kata kunci merupakan proses untuk menentukan sebuah topik apa yang paling relevan untuk target audiens, kemudian menata/memodifikasi sebuaah konten disekitar topik.

16. SEO 

Nah, pasti teman-teman udah sering dengar istilah ini. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang menajdi tolok ukur bagaimana sebuah artikel masuk peringkat awal di mesin pencari ketika pengguna internet mencari kata kunci yang sesuai dengan artikel yang kamu punya. Jadi sederhananya, artikel yang sudah menerapkan SEO akan lebih mudah dibaca mesin pencari dan juga dapat mudah ditemukan oleh pengunjung, artikel SEO sering masuk page one.

17 Sitemap

Sitemap atau Peta Situs merupakan sebuah halaman yang akan memudahkan pengunjung untuk mengakses halaman-halaman pada blog/situs kamu.

18 Backlink

Backlink adalah sebutan untuk menamai sebuah tautan (link) yang mengarah ke sebuah blog/situs. Backlink dapat dimanfaatkan sebagai rujukan melalui link tautan untuk memudahkan pengguna menuju ke halaman yang dituju. Selain itu Backlink juga sangat bermanfaat untuk keperluan optimasi blog/situs supaya terlhat populer di mesin pencari.

19 Do Follow dan No Follow

Do Follow artinya mengikuti, jika ada sebuah link yang tertaut didalam sebuah artikel ke situs yang dituju, itu artinya blog tersebut mengikuti link tautan yang dituju. Link Do Follow merupakan sebuah jenis Backlink yang mengizinkan robot mesin pencari untuk menelusuri dan mengindeks tautan yang diberikan kepada blog/situs yang lain. Jadi sederhananya, tindakan ini seperti memberikan referensi bahwa situs/blog tersebut memiliki kualitas yang baik.

No Follow kebalikan dari Do Follow yaitu tidak mengikuti, robot mesin pencari tidak akan melakukann crawl pada link tautan yang diberikan.

Akhir kata, itulah penjelasan singat istilah umum dalam dunia blog yang harus kamu pahami, semoga artikel ini membantu teman-teman untuk memahami lebih dalam mengenai istilah-istilah yang sering didengar dalam dunia blog.