Lebih Bagus Laptop Atau Notebook? Begini Jawabannya



omiska.com - Ada sebuah pertanyaan yang sering kita dengar saat membandingkan antara Laptop dan Notebook, yakni " Bagusan Laptop atau notebook? " Pertanyaan ini sering muncul saat seseroang bingung untuk memilih perangkat komputer yang akan dibeli. Teknologi semakin berkembang seiring berjalannya waktu, perangkat komputer juga mendapatkan dampak yang besar dari perkembangan teknologi yang semakin canggih seperti yang kita rasakan saat ini.

Dulunya, sebuah komputer saja memiliki ukuran dan bobot yang cukup berat, dan memiliki penyimpanan yang lebih kecil dibandingkan dengan Laptop-laptop di jaman sekarang. Bahkan, Laptop jaman sekarang sudah memiliki teknologi yang lebih canggih dari perangkat jaman dulu, namun memiliki ukuran yang lebih kecil dan mudah dibawa kemana saja.

Ada beberapa faktor yang harus kamu perhatikan sebelum memilih antara Laptop atau Notebook :

1. Ukuran

Laptop dan notebook memiliki ukuran dimensi yang berbeda, dimana Laptop memiliki ukuran lebih besar dari pada notebook. Laptop biasanya memiliki ukuran layar antara 14 hingga 16 inch, sedangkan notebook hanya memiliki ukuran layar 10 hingga 11 inch saja.

2. Sistem Operasi

Bicara soal sistem operasi, biasanya Laptop dapat kompitable dengan sistem operasi windows mana pun, bahkan sistem terbaru yang membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi.

Notebook biasanya lebih kompitable menggunakan sistem operasi bawaan, misalnya Windows 7, maka jika menggunakan Windows 10 akan terasa berat. Namun kabar baiknya rata-rata Notebook keluaran terbaru sudah menggunakan Windows 10 sebagai basic sistem operasinya, namun apabila suatu saat Windows mengeluarkan varian terbaru bisa jadi Notebook tidak dapat menggunakan Sistem Operasi Windows terbaru.

3. Prosesor

Laptop biasanya dibeklai dengan prosesor yang lebih tinggi dari pada Notebook. Biasanya Laptop dibekali dengan prosesor antara Intel Pentium, Intel Celeron, Core i3, i5 hingga i7. Sedangkan Notebook biasnya hanya dibekali dengan prosesor Intel Atom dan Intel Celeron saja.

Ini artinya, untuk pekerjaan berat sebaiknya seroang pengguna menggunakan Laptop yang sudah memiliki kemampuan yang mumpuni untuk menjalankan program-program yang berat sekali pun.

4. Penggunaan Daya

Laptop biasanya dominan menjalankan program-program yang berat, dengan begitu otomatis Laptop membutuhkan banyak daya untuk menjalankan program-program berat yang digunakan. Pada umumnya, Laptop-laptop dijaman sekarang dibekali dengan baterai yang dapat bertahan hingga 4-5 jam saja.

Sedangkan Notebook karena diperuntukan untuk pekerjaan-pekerjaan ringan, maka daya yang diperlukan tidak terlalu besar, maka tidak heran Notebook-notebook dijaman sekarang memiliki kapasitas baterai yang besar yang bisa bertahan hingga 8 jam lamanya. Beda dari Notebook lama yang biasnaya hanya bertahan hingga 3-4 jam.

5. Harga 

Untuk harga pastinya kamu sudah tau kan, jika harga Notebook itu lebih murah daripada harga Laptop. Ini dikarenakan Laptop memiliki spesifikasi lebih tinggi daripada Laptop dan juga memiliki ukuran layar yang besar. Sedangkan Notebook memiliki ukuran yang kecil dan memiliki spesifikasi yang cukup standar.



Jadi, bagusan Laptop atau Notebook?

Sebenarnya Laptop dan Notebook itu sama-sama bagus jika digunakan sesuai dengan spesifikasinya.

Yang menjadi pertimbangannya adalah, kamu ingin membeli perangkat komputer untuk apa? 

Jika digunakan untuk pekerjaan berat seperti desain, ngedit video, dan untuk bermain game sekalipun maka kamu harus membeli Laptop dengan spesifikasi yang mumpuni, minimal Core i5 memiliki RAM minimal 4 GB dan direkomendasi 8 GB.

Jika kamu membutuhkan perangkat komputer yang murah dan digunakan untuk mengerjakan pekerjaan yang ringan namun dengan ukuran layar yang besar, kamu juga dapat membeli Laptop, namun dengan spesifikasi ringan saja, seperti menggunakan prosesor Intel Pentium atau Intel Celeron 4 GB RAM.

Jika kamu membutuhkan perangkat komputer yang digunakan untuk pekerjaan ringan, memiliki bobot yang ringan dengan ukuran yang lebih kecil, maka pilihan yang tepat adalah Notebook.

Notebook memiliki kelebihan pada ukurannya yang lebih kecil yang lebih mudah dibawa kemana-mana dan lebih hemat tempat dibanding Laptop.

Notebook juga sangat cocok untuk kamu yang suka nongkrong di cafe, keperluan bisnis, atau sekedar digunakan untuk blogging.



Akhir kata, itulah penjelasan singkat yang berisi pemahaman mengenai pertanyaan lebih bagus laptop atau Notebook. Semoga artikel ini membantu teman-teman semua, dan dapat menentukan perangkat komputer mana yang terbaik untuk dipilih yang dapat disesuikan dengan kebutuhan maupun budget. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel