Cara Menghemat Baterai Laptop Windows 10 Supaya Tidak Terlalu Boros

Cara Menghemat Baterai Laptop Windows 10

Cara menghemat baterai pada Windows 10 sebenarnya sangat mudah dilakukan, dikarenakan pada Windows sendiri ternyata sudah disediakan fitur untuk menghenat baterai laptop. Apalagi seperti yang dirasakan Windows 10 sangatlah cepat mengurangi daya baterai karena memiliki banyak fitur. 

Basic nya penyebab daya baterai laptop yang yang menggunakan Operasiu Sistem Windwos 10 maupun Operasi Sistem dibawahnya disebabkan oleh karena adanya eprlakuan Multitasking, sedang menggunakan aplikasi besar atau bahkan karenan bermain game. Namun sebenarnya ada cara lain yang dapat meningkatkan daya baterai walau tidak signifikan namun lumayan untuk menambah durasi.

Ada 2 cara menghemat baterai laptop windows 10 supaya tidak boros : 

1. Menonaktifkan Live Tiles


Live Tiles memang merupakan salah satu unggulan yang ditawarkan pada Windows 10. Sebelumnya pada Windows 8 hingga 8.1 juga sudah tersedia fitur ini, namun pada Windows 10 Fitur Live Tiles ini disempurnakan lagi dan membuat penggunanya lebih nyaman. 

Namun sayangnya, fitur ini sebenarnya banyak menguras daya baterai, selain itu fitur Live Tiles ini juga akan membuat laptop menjadi lambat jika laptop yang digunakan masih menggunakan prosesor dibawah Core i3.

Adapun cara menonaktifkan fitur Live Tiles ini sangatlah mudah, pertama-tama adalah klik Start lalu klik salah satu aplikasi yang menggunakan Live Tiles, Klik kanan - More - Turn Live tile Off (contohnya seperti pada gambar dibawah ini).

Cara Menghemat Baterai Laptop Windows 10
Menonaktifkan Live Tiles

2. Cara Menghemat Baterai Dengan Mengubah Power Plan


Cara yang kedua adalah dengan mengubah Power Plan lalu menggunakan mode Power Saver. Perlu diketahui cara ini adalah cara yang umum dan kemungkinan besar baterai akan lebih hemat, namun dalam catatan jika pengguna menggunakan pekerjaan ringan saja.

Cara ini akan memiliki dampak negatif karena akan menurunkan performa kinerja laptop kamu. Nah, mungkin opsi ini dapat kamu lakukan sesekali saja pada saat mengerjakan tugas-tugas yang tidak menguras tenaga laptop, seperti mengetik atau bahkan menonton dan tugas ringan lainnya. 

Untuk mengubah Power Plan dan menggunakan Mode Power Saver kamu dapat meng-klik Ikon Baterai pada bar bawah - pilih Power & Sleep - lalu pada tulisan "Selected plan" kamu dapat memilih Power Saver - lalu Close

Jika kamu tidak menemukan opsi Power Saver maka kamu harus membuat plan baru, caranya adalah dengan memilih Create a power plan - pilih Power Saver - lalu kamu dpaat menamai plan buatanmu sendiri (terserah) pada "Plan name" -  lalu klik Next - lalu terakhir klik Create.


Itulah cara menghemat baterai laptop pada windows 10 secara ampuh, mungkin kamu akan merasakan perubahannya namun tidak secara siginifikan tapi lumayan untuk menghemat baterai dan dapat bertahan sedikit lama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel