Cara Mengelola Gaji 3 Juta Perbulan Dengan Bijak

Cara Mengelola Gaji 3 Juta Perbulan Supaya Lebih Terarah

omiska.com - Pada saat kamu menerima gaji dari perusahaan ditempat kamu bekerja, pastiknya kamu akan memikirkan bagaimana cara hidup dengan gaji yang kamu dapatkan dalam sebulan. Apalagi bagi kamu yang  tinggal di kota-kota besar dengan biaya hidup yang cukup mahal, maka kamu harus pintar-pintar mengelola gaji kamu supaya dapat digunakan dengan selayaknya. 

Namun, bagaimana bagi kamu yang memiliki pendapatan 3 juta rupiah saja dalam sebulan? apakah mencukupi untuk hari-hari?

Tentu saja bisa, asal kamu mengerti cara menglola pendapatanmu sendiri. Untuk itu, pada kesempatan ini omiska.com akan berbagi tips atau cara mengelola gaji 3 juta perbulan supaya lebih terarah untuk memiliki finansial yang lebih baik.

1. Mengalokasikan Uang Dengan Bijak

Cara yang paling utama untuk dapat mengelola penghasilan atau gaji 3 juta adalah, dengan cara pintar-pintar dalam mengalokasikan uang. Kamu dapat membagi uangmu untuk biaya hidup sehari-hari seperti makan, listrik, air, pulsa, transportasi dalam takaran 40% dari gaji kamu atau Rp. 1.200.000. 

Kemudian sisihkan 30% atau sebanyak Rp.900.000 untuk biaya angsuran atau cicilan jika kamu sedang mengkredit sesuatu misal smartphone, motor, alat elektronik dan sebagainya.

20% atau sebanyak Rp. 600.000 dari gaji kamu dapat kamu tabung, atau lebih baiknya lagi investasi emas.

10% atau Rp. 300.000 dapat kamu gunakan untuk bayar zakat, sedekah atau digunakan untuk hal-hal kebaikan lainnya. 

2. Menyiapkan Dana Darurat

Kita tidak tau apa yang akan terjadi kedepannya, bisa saja ada sesuatu hal yang terjadi sehingga mengharuskan kita mengeluarkan uang. Misalnya kecelakaan, pulang kampung mendadak atau hal-hal lainnya yang mengharuskan kita mengeluarkan uang.

Nah, jika seperti ini apa yang kamu lakukan? meminjam kepada teman? keluarga? lupakan itu semua!

Kamu dapat menyiapkan dana darurat didalam tabungan sendiri dengan cara menyisihkan uang dari dana tabunganmu. Dana darurat dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu, namun lebih baik antatra Rp. 500.000 hingga Rp. 1.000.000. Usahakan dana darurat tidak diganggu kecuali ada keperluan mendesak. Jadi dengan menyiapkan dana darurat, kamu dapat terus konsisten menabung tanpa harus mengganggu tabungan walau dalam situasi mendesak. 

3. Tetap Menabung

Usahakan tetap konsisten untuk menabung, karena dengan menabung kamu dapat membeli barang-barang yang kamu inginkan, atau bisa digunakan untuk biaya nikah. 

Biasanya sebelum menabung seseorang sudah memikirkan dulu barang apa yang ingin dibeli, atau bahkan sudah meniatkan menabung untuk biaya nikah. Namun walaupun kamu belum memiliki niat dan tujuan untuk menabung, sebaiknya kamu harus tetap menyisihkan uang untuk menabung. Apa yang kamu tabung sekarang akan bermanfaat pada suatu saat nanti. 

4. Belajar Dan Biasakan Gaya Hidup Hemat

Belajarlah hidup hemat untuk memiliki finansial yang lebih baik nantinya. Dengan belajar hidup hemat, kamu akan lebih mengetahui definisi kata "Want" dan "Need", sehingga kamu dapat lebih bijak untuk mengelola keuangan. 

5. Mencari Pekerjaan Sampingan

Jika sekiranya gaji kamu tidak mencukupi untuk kehidupan sehari-hari, atau bahkan ingin mendapatkan uang yang lebih dari gaji dari perusahaan, kamu dapat mencoba kerja sampingan. Kerja sampinag ini cukup beragam, kamu bisa menjadi waiter pada waktu senggang, bekerja di fotocopy , menjadi blogger (mengelola blog pribadi), menjadi youtuber atau bahkan kamu dapat bekerja sebagai penulis lepas untuk sebuah website yang terbukti membayar. 

Nah, itulah cara mengelola gaji 3 juta perbulan supaya uangmu lebih terarah, dan untuk finansial yang lebih baik lagi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang bingung untuk mengelola gaji, khususnya untuk kamu dengan gaji 3 juta perbulan.