Cara Melamar Kerja Melalui Email Yang Benar

Cara Melamar Kerja Melalui Email Yang Benar

omiska.com - Teknologi semakin maju dan berkembang seiring dengan berjalannya waktu, semua hal dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Perkembangan teknologi ini juga berdampak keseluruh aspek, termasuk perusahaan yang ingin merekrut karyawan baru.

Dewasa ini, banyak perusahaan-perusahaan mengandalkan email untuk menerima surat beserta berkas lamaran dari para calon karyawannya. Selain itu ada juga sebagian perushaan masih menggunakan cara lama, yakni meminta para calon karyawan untuk mengirim berkas lamaran ke alamat perusahaan langsung.

Artikel ini saya buat khusus buat teman-teman yang sedang mencari tau bagaimana cara melamar kerja melalui email dengan cara yang benar. Jika mungkin teman-teman pernah mengirim berkas lamaran melalui email dari perusahaan namun tidak ada jawaban sama sekali, bisa jadi teman-teman belum mengirim surat lamaran / berkas lamaran dengan benar.

Persiapan Sebelum Mengirim Email 


1. Berkas yang harus disuapkan sebelum mengirim email ke perusahaan 


  1. Surat lamaran kerja
  2. CV / Resume
  3. Scan Ijazah
  4. Scan Transkip nilai
  5. Scan KTP
  6. Pas foto dengan ukuran yang diminta oleh perusahaan
  7. Postcard (jika diminta perusaan)
  8. Scan sertifikat-sertifikat untuk berkas pendukung atau sertifikat yang diminta oleh perusahaan


2. Email pribadi khusus untuk melamar kerja

Sebelum mengirim email ke perusahaan, usahakan teman-teman harus menggunakan email pribadi khsusu untuk melamar kerja. Biasanya email untuk melamar kerja menggunakan nama asli tanpa ada penambahan kata yang tujuannya untuk membuat nama email begitu unik, misalnya feraforefer@gmail.com , nandanaklombok@gmail.com dan lain sebagainya.

Kamu harus menggunakan email pribadi khusus untuk melamar kerja dengan nama aslimu sendiri, untuk penambahan angka tidak masalah namun usahakan menggunakan angka tidak terlalu banyak digit. Misalnya seperti iskamaulana96@gmail.com.




Waktu yang temat mengirim email lamaran kerja untuk perusahaan

Untuk mengirim email lamaran kerja ke perusahaan tentunya memiliki waktu tertentu, sebaiknya teman-teman mengirim email lamaran ke perusahaan antara pukul 8.30-12.00 dan 13.00 - 15.00, jika teman-teman biasanya mengirim email pada malam hari sebenarnya itu waktu yang kurang baik dan kurang etis untuk mengirim lamaran ke perusahaan.




Cara membuat email lamaran kerja yang benar

Untuk membuat email lamaran kerja yang benar ini juga banyak tidak diketahui oleh banyak orang, sebagian orang malahan mengirim surat lamaran melalui file PDF bahkan Word. Untuk membuat email lamaran kerja teman-teman dapat megikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Pastikan alamat email perusahaan sudah benar

Yang paling utama, teman-teman harus mengisi alamat perusahan dengan benar tanpa ada kesalahan seperti typo dan sebagainya. Gak kebayang jika teman-teman sudah capek membuat surat lamaran, menyiapkan berkas lainnya lalu pas uda dikirim malahan email tidak sampai ke perusahaan.

2. Mengisi Subject

Pada kolom subject teman-teman wajib diisi dengan posisi yang dilamar, misalnya teman-teman akan melamar di bagian Business Consultant, maka penulisannya "BC - Iska Maulana S.Tr.T", atau jika posisi yang dilamar adalah Staf Teknik, maka penulisannya "Staf Teknik - Iska Maulana S.Tr.T".

Subject email ini berguna untuk memudahkan perusahaan mengetahui email yang masuk merupakan email lamaran kerja. Biasanya untuk mengisi subject ini juga ada arahan dari perusahaan melalui pengumuman lamaran kerja resminya.

3. Menulis Surat Lamaran kerja pada Body Email

Surat lamaran kerja seharusnya ditulis pada body email, bukan dari lampiran dengan format Word maupun PDF. Sebaiknya teman-teman menulis surat lamaran pada body email, kenapa? karena dengan begitu perusahaan akan lebih mudah membaca surat lamaran teman-teman tanpa harus mendownload file. Pada saat membaca surat lamaran dari email, maka perusahaan bisa tau teman-teman dari lulusan mana, jurusan apa,  apakah sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

4. Melampirkan Berkas Tambahan

Nah, jika teman-teman sudah menyiapkan semua berkas tambahan seperti CV, Ijazah, Transkip nilai, Sertifikat dan lain sebagainya, maka setelah menulis surat lamaran kerja berikutnya yang teman-teman lakukan adalah mengirim berkas-berkas tambahan tersebut.

Untuk mengirimnya cukup mudah, teman-teman bisa mengklik ikon "Attachment" yang berada pada menu bar paling bawah email, kemudian unggahlah berkas-berkas pendukung, usahakan seluruh berkas memiliki ukuran file yang kecil, karena maksimal pengiriman berkas di email adalah tidak lebih dari 25 mb.

Nah, setelah semuanya selesai teaman-teman boleh mengecek kembali surat lamaran, berkas-berkas penduku, ataupun mengecek kembali email perushaaan. Setelah semuanya udah "OK" maka teman-teman cukup klik tombol Semd untuk mengirim berkas.

Lalu apa yang dapat dilakukan selanjutnya? tak lain adalah berdoa kepada tuhan yang maha kuasa semoga teman-teman bisa diterima pada perushaan yang dituju. Amiin !!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel