5 Sumber Pendapatan Youtuber Selain AdSense Yang Jarang Diketahui Publik

5 Sumber Pendapatan Youtuber Selain AdSense Yang Jarang Diketahui Publik

Pendapatan Youtuber Selain AdSense
omiska.com - 5 Sumber Pendapatan Youtuber Selain AdSense Yang Jarang Diketahui Publik - Mungkin sudah tidak lagi menjadi rahasia umum darimana seorang creator video atau disebut youtuber mendapatkan uang dari video-video karya mereka di youtube, sudah tentu dari AdSense yang merupakan layanan periklanan atau salah satu produk layanan dari Google.

Namun tahukah kamu, ternyata para youtuber tidak sepenuhnya bergantung dengan AdSense loh ! ada beberapa sumber penghasilan youtuber selain AdSense yang mungkin kamu belum mengetahuinya. Jadi pada kesempatan kali ini omiska.com akan mengulas beberapa sumber pendapatan youtuber yang jarang diketahui oleh publik. 

1. Merchandise


Kalian pasti sudah tau dong apa itu Merchandise, sebagian youtuber di dunia khususnya di Indonesia menjual Merchandise mereka ke para fans-nya, tentu laku banget kan? 

Biasanya Mercandise yang mereka jual berupa topi, poster, baju, buku dan Marcendise jenis lainnya yang memiliki logo yang Ikonik dari youtuber itu sendiri.

2. Afiliasi 

Banyak perusahaan atau peluang bisnis meng-endorse para youtuber dengan cara menyematkan link website atau channel mereka pada video yang dibuat oleh youtuber, biasanya link ini disematkan di iklan bersponsor (dipojok kanan atas) atau pada deskripsi video. Jika link yang disediakan diklik oleh pengunjung maka secara otomatis view akan bertambah sehingga trafik ini akan menguntungkan bagi pemilik kanal. 

Biasanya endsorse seperti ini banyak dilakukan oleh beauty vlogger yang mengulas alat-alat makeup yang mereka miliki atau produk yang diberikan oleh vendor untuk memperkenalkan produk mereka pada para penggermar youtuber itu sendiri. 

Tak heran semakin banyak subscriber yang dimiliki oleh seornag youtuber maka semakin besar pula biaya endorse yang ditawarkan untuk memeprkenalkan produk-produk perusahaan.

3. Menjual Jasa Melalui Youtube

Sumber penghasilan youtuber selain AdSense lainnya adalah dengan cara menjual jasa. Yotuber yang memiliki keahlian khusus dalam seuatu bidang dapat menawarkan jasa mereka kepada para fans nya, misalnya jasa pembuatan website atau blog, toko online, desain grafis dan jasa-jasa lainnya. 

4. Patreon

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan Patreon yang sering ditemukan disetiap video youtube. Patrreon merupakan platform Crowfunding yang dapat menjembatani para pencipta karya dengan para penggemar. Patreon biasanya juga digunakan untuk menggalang dana uang bertujuan untuk menciptakan sebuah karya maupun eksperimen yang nantinya akan dinikmati oleh para penggemar. 

Jadi banyak youtuber yang menggunakan platform ini untuk menghasilkan uang selain AdSense sekaligus mendukung mereka untuk menciptakan karya atau ekperimen yang baru. Kelebihan menggunakan Pateron ini yang ditawarkan adalah, konten yang spesial atau eksklusif hanya dapat diakses atau dinikmati bagi para fans yang sudah menyumbangkan dana kepada youtuber idola mereka.

5. Penghasilan Dari Sponsor

Youtuber yang berkecimpung di kanal terntentu biasanya mendapatkan permintaan dari beberapa vendor atau perusahaan yang meminta mereka untuk membuat konten video khusus yang berkaitan dengan produk dari vendor atau perusahaan. 

Sebagai konpensasi, para vendor akan memberikan sejumlah uang tunai yang biasanya dengan jumlah yang besar untuk mendukung memproduksi video yang mereka inginkan. Selain untuk mendukung produksi video pastinya youtuber juga akan mendapatkan uang dengan jumlah yang besar yang akan menambah penghasilan mereka selain dari AdSense.


Nah guys, itulah beberapa sumber pendaptan youtuber selain AdSense yang jarang diketahui oleh publik. Kalau dipikir-pikir enak juga ya jadi youtuber, apalagi jika bisa menjual karya sendiri hihihi.

Anda mungkin menyukai postingan ini