10 Pertanyaan Menjebak Paling Sering Muncul Pada Saat Interview Kerja

Pertanyaan Menjebak Paling Sering Muncul Pada Saat Interview Kerja


omiska.com - Pada saat melakukan interview dalam melamar perkerjaan, pastinya pelamar sering terkecoh dengan pertanyaan-pertanyaan jebakan yang ajukan oleh pewawancara. Jika pelamar kurang teliti dengan pertanyaan-pertanyaan yang ajukan, maka bisa jadi pelamar akan gugur di tahap seleksi interview. 

Dalam hal ini pewawancara akan menyisipkan jenis pertanyaan yang memiliki tujuan tertentu, yang dapat menilai karakter pelamar lebih jauh lagi. Ini bertujuan untuk memastikan apakah pelamar adalah orang yang tepat untuk posisi yang dilamar atau malah tidak. 

Maka dari itu, pada saat interview sebaiknya bersikaplah tenang supaya tidak mudah terjebak dengan pertanyaan-pertanyaan menjebak. Jika bersikap tenang maka ini memungkinkan pelamar dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan menjebak dengan tepat dan hati-hati.

Nah, pada kesempatan kali ini omiska.com akan memberikan 10 pertanyaan jebakan yang sering muncul pada saat wawancara / interview kerja.

1. Deskripsikan diri anda dalam tiga kata.

Tiga kata? gak salah? lalu gimana cara menjawab pertanyaan ini? Jadi jenis perntayaan ini bertujuan untuk mengetahui karakter pelamar. Dengan tiga kata pewawancara ingin pelamar mendeskripsikan diri dengan singkat padat dan jelas. 

Untuk menjawabnya cukup sederhana, contohnya jika pelamar melamar pekerjaan di sebuah perusahaan industri mesin sebagai mekanik atau operator, maka pelamar hanya dapat menjawab teliti, ulet, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan posisi yang dilamar. Selain itu pelamar juga dapat menyampakan sikap positf lainnya seperti bekerja keras, tahan terhadap tekanan, cepat tanggap dan lain sebagainya. 

2. Apa yang anda ketahui mengenai perusahaan?

Ini merupakan pertanyaan yang paling umum ditanyakan pada saat interview kerja. Pertanyaan ini memiliki tujuan khusus dimana pewawancara ingin tau seberapa besar keinginan pelamar untuk bekerja pada perusahaan. 

Jadi pertanyaan ini sudah pasti muncul, maka sebaiknya pahami dulu profil perusahaan dan posisi yang akan dilamar di perusahaan supaya kamu lebih enteng menjelaskan pengetahuan kamu kepada pewawancara. Kamu dapat mencari tau visi dan misi perusahaan, sejarah seperti kapan perusahaan itu dibangun, serta produk-produk dari perusahaan dan lain sebagainya.

3. Jika anda diterima, mau berapa lama anda bekerja di perushaan?

Ini merupakan pertanyaan yang sulit dan sangat menjebak jika pelamar tidak mengetahui celahnya. Pihak perushaan pastinya ingin merekrut karyawan yang memiliki minat yang tinggi untuk bekerja pada perusahan. 

(Clue) jangan pernah menyebutkan angka seberapa lama kamu ingin bekerja, kamu dapat emnjawab dengan jawaban yang meyakinkan pewawancara dengan antusisas kamu untuk ikut  berkontribusi pada perusahaan untuk mencapai target bersama.


4. Setelah membaca resume anda, kami rasa anda terlalu berpengalaman di posisi ini. Bagimana pendapat anda?

Ini juga merupakan pertanyaan yang menjebak yang sering muncul pada pelamar yang memiliki skill dan pengalaman bekerja yang baik. Pernyataan dan pertanyaan ini sebenarnya sengaja muncul untuk melihat reaksi pelamar pada saat dipuji dengan kemampuannya. Ini akan membantu pewawancara untuk membaca lebih dalam karakter kamu. Dengan begitu berikan jawaban yang terkesan rendah hati, dan katakan kamu membutuhkan waktu untuk mengenal betul perusahaan sebelum dapat bekerja lebih baik kedepannya, dan membutuhkan bimbingan-bimbingan yang membuat pengetahuan dan pengalaman kamu lebih bertambah. 

5. Berikan gambaran tentang pemikiran anda pada posisi ini

Ini merupakan pertanyaan yang jitu untuk menilai apakah pelamar pantas untuk menempati posisi pekerjaan yang dilamar pada perusahaan atau tidak. Maka dari itu, berikan jawaban yang tegas mengenai tugas dan kewajiban dari posisi pekerjaan yang kamu lamar. Maka dari itu, sebelum melakukan seleksi wawancara pahami dulu mengenai posisi pekerjaan yang akan dilamar sehingga kamu dapat menjawabnya dengan mudah tanpa bertele-tele. 

6. Mengapa anda ingin bekerja disini (perusahaan)

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar minat kamu untuk bekerja di perusahan yang kamu lamar. Dengan begitu hindari memberikan jawaban mengenai gaji lebih tinggi, dan jika sebelumnya kamu pernah bekerja di perusahaan lain maka sebaiknya jangan memberikan alasan tidak betah bekerja di perusahaan sebelumnya karena sebab-sebab tertentu. 

Walau kenyataanya alasan kamu ingin pindah ke perusahaan lain karena mengharapkan gaji yang lebih tinggi, namun jangan pernah menyebutkan perihal gaji yang membuat kamu tertarik bekerja pada perusahaan yang dilamar. 

Jika kamu diberikan pertanyaan ini, kamu dapat menjawab dengan alasan yang positif, seperti ingin ikut berkontribusi dalam mengembangkan perusahaan dengan mengandalkan ilmu dan latar belakang studi dan pengalaman yang berkaitan dengan posisi yang dilamar, dan jawaban positif lainnya.

7. Mengapa anda resign dari perusahaan sebelumnya? 

JIka kamu memiliki pengalaman karena pernah bekerja di perusahaan lain sebelumnya, pertanyaan ini pasti akan muncul. Jadi kamu jangan pernah mengatakan kekurangan atau aib perusahaan atau pernah berseteru dengan atsan maupun karyawan lain.

Dalam hal ini, berikan jawaban seolah kamu tidak memiliki masalah dengan perusahaan sebelumnya walau kamu memiliki alasan negatif yang menguatkan niatmu untuk mengajukan surat resign pada perusahaan sebelumnya. 

Jika kamu didhadapkan dengan pertanyaan seperti ini, kamu cukup memfokuskan keterampilan kamu dalam bekerja dan mengatakan ingi mencari pekerjaan dengan posisi yang lebih baik sesuai dengan keahlianmu untuk meniti karir yang lebih baik lagi. 

8. Apa yang anda lakukan pada saat memenangkan undian milyaran yang membuat anda kaya?

Mungkin bagi kamu ini merupakan pertanyaan lelucon karena out of topic, namun pada pertanyaan ini sebenarnya mengandung tujuan untuk mengetahui apakah kamu akan tetap bekerja pada saat kamu sudah memiliki segalanya atau malah tidak. 

Tentu saja, perusahan tetap menginginkan kamu untuk tetap bekerja walau kamu sudah memiliki segalanya yang tidak kamu dapatkan dari perusahaan. Selain itu, pewawancara juga dapat menilai seberapa ikhlas dan serius kamu untuk berkontribusi pada perusahaan. 

Selain itu, karena pertanyaannya merupakan topik mengenai keuangan, maka pewawancara ingin mendengar jawaban dari kamu bagaimana mengatur keuangan dengan baik pada saat kamu telah memiliki segalanya. Jangan pernah mengatakan kamu akan menghabiskan uang itu, karena akan membuat mereka berfikir kamu akan melakukan hal yang sama pada uang perusahaan yang diamanahkan pada kamu. 

9. Bagaimana pendapat anda mengenai bos pada perusahaan sebelumnya?

Pertanyaan ini jelas-jelas merupakan pertanyaan yang menjebak, jika kamu berfikir bahwa pewawancara mengingkan informasi menganai bos perusahaan kamu sebelumnya itu salah besar. Malahan pewawancara ingin melihat apakah kamu seorang yang suka mengumbar keburukan orang lain atau tidak. Dalam hal ini, ceritakan hal-hal positif mengenai mantan bos kamu dan jangan berlebihan. 

Yang perlu diingat, menceritakan kejelekan mantan bos di perusahaan sebelumnya akan membuatmu gagal pada saat seleksi interview, ini disebabkan perusahaan akan menilai kamu merupakan seorang yang tidak respek kepada bos atau atasan dan pembangkang. Perusahaan mana yang mau menerima karyawan seperti itu? 

Maka sebaiknya ceritakan hal-hal yang positif mengenai mantan bos kamu sebelumnya dan jangan sampai berlebihan, jika berlebihan maka ini akan membuat pewawancara khawatir karena bisa jadi suatu saat kamu akan resign karena mungkin bos di perusahaan yang kamu lamar tidak lebih baik dari pada mantan bos sebelumnya.

10. Partner atau bos seperti apa yang paling buruk dan paling baik yang pernah bekerja sama dengan anda?

Ini merupakan pertanyaan jebakan yang tujuannya adalah untuk mengetahui apakah kamu memiliki masalah atau konflik dengan orang-orang yang ada pada perusahaan sebelumnya. Jika kamu memberikan jawaban yang negatif seperti pernah berseteru dengan karyawan lain, atau kejelekan lainnya maka pewawancara dapat dengan mudah berpendapat alasan kamu resign dari perusahaan sebelumnya dikarenakan ada faktor konflik pribadi sesama karyawan maupun atasan. 

Kamu dapat memberikan jawaban yang menyatakan bahwa kamu dapat bekerja dengan berbagai karakter orang yang berbeda dan dapat menyesuaikan. Orang yang paling baik dalam bekerja sama adalah orang yang dapat memberikan pendapat dengan baik, dan dapat merealisasikan bersama sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya.

Nah teman-teman, itulah 10 pertanyaan menjebak yang sering muncul pada saat melakukan interview kerja yang harus kamu waspadai. Dengan membaca artikel ini, semoga akan memberikan kamu sedikit wawasan mengenai interview dan semoga seleksi interview kamu sukses ya !




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel