Penyebab Laptop Mati Tiba Tiba Yang Belum Kamu Ketahui

Penyebab Laptop Mati Tiba Tiba Yang Belum Kamu Ketahui

Penyebab Penyebab Laptop Mati Tiba Tiba

omiska.com - Masalah menyebalkan yang sering terjadi pada laptop, adalah masalah dimana pada saat laptop mati tiba-tiba yang akan menghambat kita bekerja. Jika orang awam pastinya langsung membawa laptop ke sevice center atau tempat reparasi laptop untuk mengatasinya. Mungkin ditambah menyebalkan lagi jika laptop akan selesai dalam beberapa hari, dan tentu ini sangat menghambat pekerjaan apalagi kita sedang mengejar deadline yang waktunya tidak banyak lagi. 

Nah, dengan begitu kamu harus mengetahui penyebab latop mati tiba tiba yang mungkin dikarenakan kebiasaan yang kurang baik pada saat menggunakan laptop, atau bisa jadi ada permasalahan pada hardware laptop. Yuk simak terus 7 penyebab laptop mati tiba tiba yang mungkin belum kamu ketahui. 

1. Overheat

Overheat atau kondisi dimana laptop sedang dalam keadaan terlalu panas merupakan salah satu penyebab paling umum mengapa laptop mati tiba tiba.  Biasanya ini disebabkan sirkulasi udara tidak lancar karena pengguna menggunakan laptop diatas sofa, kasur, bantal dan lain sejenisnya. Ini membuat udara didalam laptop menjadi tidak dapat bersikulasi dengan baik, yang menyebabkan perangkat keras / hardware didalam laptop pun cepat panas. Jadi sebaiknya gunakan laptop diatas alas yang rata supaya sirkulasi udara lancar.

2. Kipas Pendingin Laptop Sudah Banyak Berdebu

Penyebab lainnya yang membuat laptop mati mendadak adalah dikarenakan kipas laptop yang sudah banyak berdebu, ini dikarenakan faktor usia yang membuat debu semakin menumpuk. Akibatnya, sirkulasi udara menjadi sangat terhambat dan kipas tidak dapat bekerja dengan baik yang membuat laptop overheat dan mati tiba-tiba. 

3. Pasta Thermal Sudah Mengering

Pasta Thermal berfungsi untuk menutup celah yang ada diantara prosesor dan heatsink atau pendingin, supaya panas dari prosesor bisa segera berpindah ke heatsink untuk segera dilepaskan. Jika pasta therma mengering maka ini akan menyebabkan laptop mengalami panas berlebih atau overheat, dan tidak menutup kemungkinan laptop akan mati tiba tiba. 

Dengan begitu, secara berkala cobalah cek kelayakan pasta thermal. Jika pasta thermal sudah mengering maka sebaiknya segera menggantikannya dengan yang baru. Untuk menggantikannya sangat murah, kamu hanya perlu membersihkan pasta thermal yang telah mengering dan mengoleskan pasta thermal yang baru diatas dibawah kipas prosesor (tepat diatas prosesor). Biasanya harga pasta thermal ini relatif murah yang dapat kamu temukan di tko-toko komputer di daerahmu. 

4. RAM Yang Mulai Kotor

Penyebab laptop mati tiba tiba ke empat adalah bisa jadi karena RAM pada laptop sudah kotor, ini juga disebabkan faktor usia laptop. Walaupun posisi RAM berada ditengah-tengah tidak menutup kemungkinan RAM akan terhindar dari kotoran dan debu, ini dikarenakan laptop memiliki banyak celah. 

Untuk membersihkan RAM dari kotoran ini sangatlah mudah, kamu cukup membersihkan dengan menggunakan penghapus pensil. Selain itu kamu juga dapat meng-upgrade dengan kapasitas yang lebih besar, namun pastikan laptop kamu terinstall windows 64 bit untuk mendapatkan performa yang lebih maksimal ketika kamu meng-upgrade RAM. 

5. Memaksakan Penggunaan Laptop Diluar Kemampuannya

Memaksakan penggunaan laptop diluar kemampuan, misalnya pada saat kamu menggunakan laptop dnegan spesifikasi rendah namun memaksanya untuk menggunakan program berat. Jika kamu bekerja dengan mengerjakan kegiatan komputasi dengan program-program yang berat sebaiknya gunakan laptop dengan spesifikasi yang mumpuni, minimal meggunakan Intel Core i5 atau Ryzen 5 dari AMD, dan menggunakan RAM 4 GB keatas. 

6. Permasalahan Pada Motherboard

Motherboard merupakan bagian laptop paling penting untuk menghubugkan perangkat-perangkat yang lain. Permasalahan atau kerusakan pada motherboard biasanya dikarenakan pada laptop yang sudah berumur, atau bisa juga disebabkan oleh oleh penggunaan laptop yang sangat meguras tenaga, seperti penggunaan laptop diluar kemampuan atau bahkan multitasking yang keseringan. 

Untuk masalah ini kamu terpaksa harus mengganti denagn motherboard yang baru yang dapat ditemukan di toko-toko laptop maupun situs e-commerce terpercaya. 

7. Install Ulang Yang Gagal

Penyebab lainnya yang membuat laptop mati mendadak bahkan bisa restart secara berulang, disebabkan karena proses instal ulang yang tidak sempurna atau crash. Ini bisa jadi disebabkan oleh file iso yang rusak/crash atau bisa jadi file iso tidak cocok dengan laptop kamu. Tanda-tanda instalasi windows tidak sempurna biasanya laptop tiba-tiba akan mati atau menampilkan layar hitam dengan peringatan-peringatan sistem yang dibuntuti kata "is missing" artinya ada file yang hilang yang tidak ada didalam program windows pada sata instalasi.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu harus segera melakukan install ulang laptopmu supaya kamu dapat menggunakan laptop normal kembali. 

Nah, itulah 7 penyebab laptop mati tiba tiba yang harus kamu ketahui, selain disebbakan dnegan penggunaan laptop yang tidak benar penyebab lainnya juga dapat disebabkan oleh umur komponen laptop atau bahkan bisa disebabkan oleh instalasi windows yang tidak sempurna. 



Anda mungkin menyukai postingan ini