Penjelasan Istilah Walk In Interview Beserta Persiapan Untuk Menghadapinya

Penjelasan Instilah Walk In Interview Beserta Persiapan Untuk MenghadapinyaPenjelasan Instilah Walk In Interview Beserta Persiapan Untuk Menghadapinya

omiska.com - Apa itu Walk In Interview? mungkin bagi kamu yang baru mendengar cukup wajar mendengar istilah interview kerja ini. Walk in interview apakah interview berjalan? no dude, walk interview lebih tepatnya suatu jenis interview yang dilakukan diluar gedung perusahaan, misalnya seperti di gedung-gedung tertentu, hotel, bisa jadi cafe dan sebagainya. 

Biasanya walk in interview sangat sering terdengar bagi kamu yang baru lulus sekolah atau kuliah. Walk in interview biasanya dilakukan oleh perusahaan jika kuota kandidat yang melamar pada posisi terntentu melebihi dari apa yang dibayangkan. 

Perlu diingat, dalam walk in interview kamu tak perlu mengirimkan berkas lamaran yang dialamatkan ke perushaan, kamu hanya membawa berkas khususnya Resume yang akan kamu berikan kepada pewawancara nantinya. 

Dalam walk in interview juga mengharuskanmu untuk mengantri seperti halnya pada saat melakukan interview di yang bertempat di sebuah gedung perusahaan, namun pastinya memiliki prosedur yang berbeda setiap perusahaan yang menyelenggarakan walk in interview pada tempat-tempat tertentu. 

Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan dalam walk in interview? 

1. Membuat resume yang menarik 

Pada saat kamu telah lulus kuliah atau sekolah sekalipun, kamu seharusnya sudah mempersiapkan resume untuk diberikan perusahaan pada sata kamu melamar pekerjaan. Resume tidak boleh dibuat dengan asal-asalan, supaya image kamu bagus sebaiknya buatlah resume yang lengkap dan menarik.

Mengapa demikian? karena resume kamu akan dibacakan langsung oleh pewawancara pada saat melakukan interview. Untuk itu, berikan kesan kerapian dan keterampilan dan gunakan bahasa yang baik dan baku. Buatlah resume dengan desain yang sederhana dan menggunakan font tulisan yang mudah dibaca. 

2. Membawa data pendukung

Selain resume, kamu juga harus melengkapi dan membawa data-data pendukung lainnya seperti ijazah, sertifikat penting, surat referensi, foto 4x6 atau 2x3, dan lain sebagainya yang memungkinkan dibutuhkan pada saat interview. 

3. Mencari tau mengenai perusahaan dan posisi yang akan dilamar

Sebelum kamu melakukan interview, sebaiknya mencari tahu dulu mengenai perusahaan yang akan kamu lamar nantinya, seperti profil perusahaan, visi dan misi, produk-produk dari perusaahan dan lain sebagainya yang berkaitan dengan perusahaan.

Selain itu kamu juga harus mengetahui betul mengenai pengetahuan sesuai dengan posisi yang akan kamu lamar. Kamu harus tau bagaimana cara kerjanya sedikit jangan sampai tidak tau sama sekali, karena bisa jadi, pewawancara akan memberikan pertanyaan mengenai bagaimana cara menyelesaikan masalah dalam pekerjaan pada posisi ingin kamu lamar nantinya. 

4. Memperhatikan penampilan

Dalam seleksi interview penampilan itu juga penting yang akan membuat pewawancara semakin tertarik dan yakin. Untuk itu berpakaianlah rapi, bersihkan kuku, rapikan rambut kumis dan jenggot.

Untuk pakaian kamu dapat menggunakan kemeja polos, sepatu hitam, dan bagi kamu yang wnaita kamu bebas untuk menggunakan celana atau rok. Jangan menggunakan pakaian sempit yang terkesan kurang sopan.

5. Membawa alat tulis

Sewaktu-waktu alat tulis mungkin dibutuhkan pada saat melakukan interview, untuk itu sebaiknya kamu jangan lupa membawa alat tulis seperti pena, buku atau notes, pensil, serta penghapus. 

6. Usakan datang tepat waktu

Datang terlambat mungkin suatu hal yang menyebalkan, maka dari itu usahakan datang tepat waktu dan jangan sampai pewawancara yang menunggu kamu datang. Lebih baik datang lebih awal daripada telat 5 menit benar bukan?

Keuntungan ketika kamu dapat datang lebih awal, maka kamu memiliki kesempatan untuk mengulang kembali mengenai apa yang telah kamu pelajari pada hari sebelumnya. Dengan begitu ini akan memungkinkanmu lebih enteng dalam menjawab pertanyaan jika kamu sudah menguasai betul mengenai perusahaan atau materi yang telah kamu pelajari sebelumnya (asalkan kamu tidak  gugup). 

7. Jangan gugup dan tunjukan sikap optimis

Hal lainnya yang harus kamu persiapkan sebelum menghadapi walk in interview adalah, kamu harus menyiapkan mental kamu terlebih dahulu. Bagaimana caranya? beberapa orang akan down ketika mereka pertama kali melakukan interview, itu dikarenakan mereka belum memiliki persiapan dan dipenuhi rasa takut yang membuat mereka gugup. Intinya rasa gugup itu akan muncul pada kandidat yang "Belum siap". 

Untuk itu, kamu harus mempelajari terlebih dahulu mengenai apa yang perlu dipelajari untuk melakukan walk in interview. Jika kamu sudah menguasainya, pikiranmu akan lebih enteng dan lebih terlihat percaya diri. 

Intinya untuk menghindari rasa gugup yang akan membuatmu terlihat pesimis, kamu harus serius untuk mempersiapkan diri sebelum melakukan walk in interview. 

Nah teman-teman, itulah penjelasan mengenai istilah walk in interview beserta hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum menghadapi walk in interview. Semoga artikel ini bermanfaat, dan semoga interviewnya sukses !