Mengenal Istilah JDM Yang Biasa Didengar Dari Penggemar Mobil Atau "Anak Mobil"

Mengenal Istilah JDM

omiska.com - Bagi kalian kamu penggemar mobil khususnya mobil-mobil modifikasi, pastinya istilah JDM sering terdengar ditelinga. Apa sih JDM itu? JDM adalah singkatan dari Japanese Domestik Market yang artinya model mobil ini hanya ada di pasar domestik jepang yang tidak dipasarkan di negara lain.

Karena itu, banyak negara-negara lain yang melakukan modifikasi pada mobil mereka yang membuat istilah JDM ini semakin populer. Jadi secara luas JDM itu merupakan sebuah tindakan modifikasi ala-ala jepang, dengan begitu sudah jelas bahwa tidak semua mobil jepang adalah mobil JDM (look), karena istilah JDM merupakan suatu aliran modifikasi dari jepang saja.

Selain mobil JDM pastinya kamu juga pernah mendengar spare part JDM bukan? spare part JDM juga memiliki pengertian yang sama atau dapat dikatakan spare part JDM merupakan spare part dari mobil JDM atau untuk mobil JDM. 

Tentu spare part JDM juga dapat digunakan oleh mobil jepang lainnya yang di ekspor ke negara-negara lain dengan tipe yang sama. Misalnya Toyota Corolla E100 yang seding disebut Great Corolla. Corolla juga memiliki versi JDM nya, seperti Toyota Corolla BZ-Touring Wagon, Levin GT Apex AE101 dan Toyota Corolla Ceres. Jadi setiap spare part mobil Corolla JDM seperti yang disebutkan tadi juga dapat digunakan pada Corolla yang sudah di export keluar jepang.

Mobil yang berasal dari jepang seperti Mazda, Nissan Toyota maupun Honda yang dijual secara umum di negara diluar jepang tidak dapat disebut dengan mobil JDM.

Menggunakan beberapa bagian mobil baik itu dari exterior maupun interior yang menggunakan spare part JDM bukan berarti mobil tersebut merupakan mobil JDM, jadi lebih etpatnya disebut dengan mobil convert. Namun modifikasi seperti ini juga sering disebut dengan mobil Bergaya JDM.

Kamu pasti juga pernah mendengar Pure JDM dan OEM JDM bukan? Pure JDM dalam artian merupakan mobil yang keseluruhan part nya menggunakan part mobil JDM. Walaupun Pure yang memiliki arti murni atau asli, namun ini tidak membuat mobil asal jepang yang dipasarkan diluar jepang dianggap sebagai mobil JDM, namun lebih tepatnya mobil yang bergaya JDM.

Nah guys, itulah penjelasan singkat mengenai istilah JDM yang biasa kita dengar. Semoga menambah wawasan dan lebih tau mengenai istilah JDM, dan juga dapat membedakan antara mobil JDM dan bergaya JDM.