10 Manfaat Daun Kelor Yang Baik Untuk Kesehatan

 

Ini Dia 10 Manfaat Daun Kelor Yang Baik Untuk Kesehatan

omiska.com - Seperti yang sering kita dengar, daun kelor sudah sangat sering digunakan untuk membuat ramuan tradisional turun temurun di Indonesia. Selain itu, organisasi kesehatan dunia (WHO) menganjurkan anak-anak dan bayi untuk mengkonsumsi daun  kelor, karena duan kelor berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak dan juga mengatasi gizi buruk. Hal ini telah dilakukan oleh beberapa negara lainnya seperti negala Etiopia, Somalia dan Sudan. 

" Apa sih manfaat daun kelor? " mungkin diantara kamu pasti memiliki pertanyaan ini, bahkan penasaran dan ingin tau lebih dalam mengenai manfaat daun kelor jika dikonsumsi yang katanya sangat baik untuk kesehatan dengan memiliki segudang manfaatnya. Nah pada kesempatan kali ini omiska.com akan mengulas 10 manfaat daun kelor yang baik untuk kesehatan yang harus kamu ketahui. 


1. Menurunkan Kolestrol

Faktanya, daun kelor dapat membantu menurunkan kolestrol. Untuk informasi tamabhan kolestrol yang tinggi dalam darah dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. 


2. Menurunkan Resiko Kanker

Selain dapat menurunkan kolestrol dalam darah yang berpotensi meningkatkan resiko penyakit jantung, daun kelor juga dapat menurunkan resiko kanker. Daun kelor mengandung protein, zat besi dan vitamin C yang memiliki peran utama untuk menjaga daya tahan tubuh dan juga bermanfaat melindungi tubuh dari kerusakan-kerusakan sel. 


3. Mencegah Anemia

Daun kelor mengandung zat besi yang cukup tinggi, ini membuat daun kelor dipercaya dapat mencegah terjadinya anemia.


4. Mempercepat Meredakan Peradangan

Selain zat besi, protein dan vitamin C ternyata daun kelor juga mengandung isotiosianat yang merupakan zat antiperadang. Ini berarti daun kelor dapat membantu mempercepat meredakan peradangan didalam tubuh manusia. 


5. Menurunkan Stress

Manfaat ke lima, daun kelor dipercyaa dapat menurunkan stress yang dialami oleh seseorang. Dalam penelitian Journal of Pharmacology and Pharmacodynamics mengatakan bahwa daun kelor merupakan salah satu Adaptogen alami yang memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh dari efek racun yang dipicu oleh stress. 


6. Dapat Mengatasi Infeksi Bakteri

Manfaat daun kelor selanjutnya adalah, daun kelor dipercaya dapat mengatasi meredakan infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Daun kelor mengandung bahan yang bersifat antimikrobal yang bermanfaat untuk memusnahkan bakeri. 


7. Dapat Menyehatkan Mata

Daun kelor memiliki kandungan vitamin A yang tinggi yang sangat baik untuk kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi daun kelor dapat membuat mata tetap dalam keadaan sehat dan jernih. Selain itu daun kelor juga bermafaat untuk menyembuhkan penyakit mata, yang dpaat dikonsumsi secara langsung setelah daun kelor dicuci (dibersihkan). Daun kelor dapat mengurangi resiko mata minus, plus, silinder hingga katarak dan dapat menjernihkan pandangan mata.


8. Mengobati Reumatik

Daun kelor dapat dimanfaatkan untuk mengibati penyakit reumatik. Daun kelor akan mengurangi rasa sakit pada sendi dan dapat mengurangi penumpukan asam uran pada sendi yang sangat penting dalam mengatasi masalah reumatik maupun asam urat. 


9. Menjaga Berat Badan

Berat badan merupakan hal yang penting untuk dijaga supaya tubuh tetap seimbang. Beberapa studi mengatakan bahwa daun kelor snagat bermanfaat dan membantu menangani permasalahan-permasalahan pada pencernaan. Daun kelor dapat merangsang metabolisme tubuh agar tetap optimal dalam membakar kalori dalam tubuh. Selain itu, teh yang terbuat dari daun kelor mengandung Polyphenol yang tinggi yang berperan sebagai antioksidan, yang bekerja untuk membersihkan atau mendetoksifikasi racun-racun didalam tubuh sekaligus memperkuat kekebalan tubuh. 


10. Menjaga Kesehatan Otak

Daun kelor mengandung antioksidan yang tinggi bermmanfaat untuk meningkatkan kesehatan otak dan mendukung fungsi kognitif. Daun kelor ini juga menyokong fungsi dan aktifitas dari sel-sel pada otak manusia. 


Nah, itulah 10 manfaat daun kelor yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Ternyata sangat banyak manfaat daun kelor yang jarang diketahui, padahal tanaman ini sangat mudah dijumpai dimana-mana dan sangat mudah untuk mengolah daun kelor untuk dikonsumsi sehari-hari untuk menjaga tubuh tetap sehat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel